5 Tips Menulis Artikel SEO Friendly

BLOGGERBORNEO.COM – Bagi sebagian besar blogger, aktivitas ngeblog yang dilakukan hanyalah demi memuaskan dirinya dalam menyalurkan hobi menulis secara online. Biasanya tipe blogger seperti ini tidak terlalu memusingkan mengenai hal-hal teknis, seperti: bagaimana mendatangkan pengunjung blog yang banyak, berapa penghasilan bisa diperoleh dari blog miliknya, cara apa bisa dilakukan agar tulisan blognya mampu nangkring di halaman pertama mesin pencari, dan lain sebagainya.

Sekarang bagaimana dengan sebagian bloggernya lagi, apakah mereka masuk dalam kategori blogger matre sehingga tujuan utamanya ngeblog semata-mata hanya demi memperoleh penghasilan? Ne…ne…ne… 🙂

Berdasarkan pengalaman pribadi Blogger Borneo dalam menjalankan aktivitas ngeblog selama ini, memang pada awalnya tidak pernah pusing memikirkan hal-hal teknis tersebut. Pada saat itu yang Blogger Borneo lakukan cuma menulis, menulis, dan menulis. Tidak peduli apakah tulisan tersebut menarik atau tidak untuk dibaca, masuk di halaman pertama mesin pencari atau tidak, yang penting Blogger Borneo menulis sesuai keinginan hati.

Link Artikel SEO Friendly
Link Artikel SEO Friendly (Sumber: DigitalMoz.Com)

DEFINISI ARTIKEL SEO FRIENDLY

Setelah sekian tahun berjalan, Blogger Borneo merasa ingin meningkatkan aktivitas ngeblognya dari yang dulunya bersifat “cuma-cuma” menjadi bisa berpenghasilan. Nah, disini Blogger Borneo mulai mencari tahu sekaligus belajar mengenai teknik menulis artikel SEO Friendly.

SEO Friendly merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan bahwa artikel yang dibuat sesuai dengan kaidah SEO sehingga disukai Google. Dengan membuat artikel SEO Friendly maka kemungkinan besar Google akan menempatkan artikel tersebut di halaman utama pencarian untuk beberapa kata kunci terdapat didalamnya. Jika dulu trik yang digunakan adalah menebar kata-kata kunci yang ditargetkan muncul di halaman pertama mesin pencarian, sekarang sesuai perkembangan terbaru algoritma Google maka trik tersebut tidak dapat digunakan lagi.

BAGAIMANA MEMBUAT ARTIKEL SEO FRIENDLY?

Nah, sekarang Blogger Borneo akan memberikan 5 tips bagaimana menulis artikel SEO Friendly. Mari perhatikan tiap-tiap penjelasannya dibawah ini:

1. Melakukan Analisa Kata Kunci

Cara Sederhana Analisa Kata Kunci
Cara Sederhana Analisa Kata Kunci

Sebelum menulis sebuah artikel, lakukan analisa terhadap kata kunci yang akan ditargetkan. Dengan melakukan analisa terlebih dahulu akan diketahui bagaimana tingkat persaingan kata kunci tersebut di mesin pencarian. Untuk saat ini, Google memprioritaskan penggunaan kata kunci sampai 3-4 suku kata (long tail keyword) karena lebih fokus mengenai apa yang ingin dicari oleh para pengguna internet.

Melakukan analisa kata kunci bisa menggunakan teknik paling sederhana dengan menuliskan 1-2 suku kata saja di Google maka secara otomatis akan muncul beberapa pilihan kata kunci dibawahnya. Kata kunci bisa digunakan sebagai judul dan juga harus dimasukkan dalam artikel dengan beberapa batasan maksimal penulisan.

2. Gunakan Kata Kunci LSI dan Hindari Pengulangan

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa metode algoritma baru Google sekarang sangat melarang keras penggunaan kata kunci yang selalu diulang-ulang dalam sebuah artikel. Oleh karena itu, Blogger Borneo selalu menggunakan LSI Keyword. LSI merupakan singkatan dari Latent Semantic Index alias kata kunci lain yang memiliki kesamaan makna dengan kata kunci utama. Ya bisa dibilang LSI Keyword adalah kata kunci turunan atau persamaan dari kata kunci induk.

Contoh: Kata kunci utama adalah “Rental Mobil Pontianak“, maka LSI Keyword-nya adalah “Sewa Mobil Harian di Pontianak” atau “Carter Mobil dan Supir di Pontianak”.

3. Lebih Panjang Lebih Baik

Tampilan Penghitung Kata pada Dashboard WordPress
Tampilan Penghitung Kata pada Dashboard WordPress

Upsss… Jangan persepsi negatif dulu disini, yang dimaksud lebih panjang lebih baik adalah untuk jumlah kata dalam sebuah artikel. Jika diasumsikan ada 2 artikel dengan kata kunci sama maka Google akan lebih memprioritaskan artikel yang memiliki jumlah kata lebih panjang. Google paling senang dengan artikel bermanfaat yang bisa memberikan informasi detail bagi para pengguna internet. Oleh karena itu, ada beberapa blogger membuat target setiap artikel yang dibuat harus minimal terdiri dari 500 kata. Bukan termasuk Blogger Borneo loh ya, maklum sekarang juga masih belajar untuk bisa selalu membuat artikel minimal 500 kata. :3

4. Headline Menarik, Pembaca Langsung Klik

Headline merupakan frase kalimat yang digunakan untuk menggambarkan secara garis besar mengenai isi dari sebuah artikel secara keseluruhan. Selain judul artikel, headline juga bisa berpengaruh untuk memancing seseorang meng-klik link artikel kita dan kemudian membacanya. Coba diperhatikan headline-headline yang dibikin oleh portal-portal berita online di Indonesia, bagaimana mereka bisa menyusun kalimat demi kalimat pemancing agar siapa saja yang melihatnya langsung tertarik membacanya. Meskipun untuk beberapa kasus, ada oknum-oknum tertentu kurang beretika dalam membuat headline dengan menggunakan kata-kata kurang pantas dan bersifat propaganda.

5. Akhiri dengan Melakukan Optimasi On Page

search-engineYang dimaksud dengan optimasi On Page adalah optimasi pada beberapa kata kunci yang terkandung didalam sebuah artikel. Pastikan untuk menambahkan kata kunci utama dalam judul, deskripsi meta, tag alt gambar, dan link terkait untuk membuatnya menjadi SEO Friendly. Tapi jangan over yach… 🙂

Lakukan proses optimasi On Page ketika artikel telah selesai ditulis. Menurut Blogger Borneo, optimasi On Page akan lebih mudah dilakukan dengan membaca artikel secara keseluruhan. Ada kemungkinan untuk melakukan revisi kalimat kembali demi menyesuaikan paragraf demi paragraf sehingga artikel lebih enak dibaca dan dicerna.

Kesimpulan

Kita semua tahu, konten adalah raja. Tapi apa gunanya menulis sebuah artikel tapi tidak diperhatikan oleh Google? Bagaimana artikel tersebut akan dibaca banyak orang jika link tulisannya saja tidak masuk dalam halaman pertama, kedua, dan maksimal ketiga di Google?

Teknik SEO Friendly merupakan teknik alami yang bisa diterapkan oleh siapa saja tanpa terkecuali, tentu saja untuk kategori para penulis online dan blogger ya. Memang tidak mudah untuk belajar, tapi Blogger Borneo yakin jika diusahakan secara terus menerus maka nantinya akan terbiasa. Contoh nyatanya adalah Blogger Borneo sendiri, jadi jangan mudah patah semangat ya Friends… :-)

Demikian sedikit sharing ilmu dan pengalaman dari Blogger Borneo. Insya Allah ada waktu dan kesempatan Blogger Borneo akan menulis artikel-artikel bermanfaat lainnya. Jangan lupa diterapkan yach… (DW)

You might also like More from author

6 Comments

  1. koentji says

    jika mengabaikan syarat-syarat diatas, misal terlalu over dalam optimasi keyword resikonya gimana ya gan?

    1. Dwi Wahyudi says

      Kemungkinan besar akan terdepak di halaman 10 keatas 😀

  2. Sandi Iswahyudi says

    Kalau tak klik di link kata di atas ada 3 link yang semua mengarah ke artikel ini. apa ini termasuk seo mas? kalau kata temen, sebaiknya ada link ke luar dengan ranking bagus

    1. Dwi Wahyudi says

      Dimana-mana yang namanya berlebihan itu tidak bagus Mas Bro

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge