Sarang Semut, Terapi Pengobatan Alternatif bagi 5 Penyakit Kronis Ini

Sarang Semut atau yang dalam bahasa latinnya dikenal sebagai Myrmecodia Platyrea mulai terkenal dalam beberapa tahun belakangan karena dianggap memiliki khasiat dalam mengurangi efek dari 5 penyakit kronis ini. Di tulisan ini sengaja Blogger Borneo menggunakan kalimat mengurangi efek penyakit, bukan menyembuhkan penyakit karena sembuh tidaknya seseorang dari sebuah penyakit itu mutlak kehendaknya Allah SWT. Kita sebagai manusia hanya bisa berencana dan berusaha dengan menjadikan tumbuhan sarang semut ini sebagai salah terapi alternatif pengobatan, menggantikan keberadaan obat-obatan kimiawi yang tentu saja tetap akan memberikan efek negatif jika dikonsumsi secara terus menerus dalam periode tertentu.

Manfaat Sarang Semut

Diantara nama-nama yang ada, kelima jenis penyakit ini sering diidap oleh manusia, antara lain: Ginjal, Diabetes, Kanker, Hipertensi, dan Asam Urat. Masing-masing penyakit memiliki tingkatan dari skala ringan hingga kronis. Mungkin sedikit berbeda dengan jenis penyakit lainnya, kelima penyakit ini bisa menjadi cukup berbahaya dan mengakibatkan kematian jika sudah berada dalam tingkatan kronis. Sekarang pertanyaannya adalah apakah manfaat sarang semut? Mari kita bahas di pembahasan selanjutnya.

Tumbuhan Sarang Semut atau Myrmecodia Platyrea
Tumbuhan Sarang Semut atau Myrmecodia Platyrea (Sumber: WikiPedia.Com)

Sebenarnya untuk mencapai tingkatan penyakit kronis, tetap dibutuhkan proses yang tidak sebentar. Ada dua faktor penyebab umum yang sering dialami seorang penderita sehingga penyakitnya menjadi kronis, yaitu: tidak pernah melakukan pengobatan atau tidak cocok menggunakan obat-obatan kimiawi sehingga efeknya bukan malah menyembuhkan malah membuat kondisinya semakin parah. Nah, disinilah manfaat sarang semut sebagai terapi pengobatan alternatif karena dalam setiap 100 gramnya mengandung senyawa-senyawa aktif yang mampu mengurangi efek dari kelima penyakit kronis tersebut.

Kandungan Sarang Semut

Menurut penelitian dari salah seorang peneliti terkemuka di Indonesia yang secara khusus melakukan penelitian terhadap tumbuhan sarang semut, Dr. Ir. Muhammad Ahkam Subroto, M.App.SC, APV dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Cibinong, menyebutkan bahwa zat senyawa aktif yang terdapat di tumbuhan sarang semut yang berkhasiat sebagai obat adalah senyawa golongan flavanoid dan tanin.

Selain dua senyawa aktif tersebut, tumbuhan sarang semut juga mengandung zat antioksidan seperti tokoferol dan alfa tokoferol. Dan setelah diteliti lebih lanjut, ternyata tumbuhan ini juga mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan kaya akan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Jenis Kandungan Tumbuhan Sarang Semut
Jenis Kandungan Tumbuhan Sarang Semut

Dalam setiap 100 gram kandungan sarang semut terdiri atas beberapa senyawa aktif alami seperti tampak disamping kanan. Selain itu, juga terkandung beberapa jenis senyawa aktif lainnya, yaitu:

1. Flavanoid

Flavanoid termasuk kelompok senyawa fenol yang terbesar ditemukan di alam, memiliki manfaat seperti antioksidan berkekuatan sangat tinggi yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, melindungi struktur sel dalam tubuh, membantu meningkatkan penyerapan vitamin C dalam tubuh, anti inflamasi (anti radang), antibakteri yang dapat memberantas virus dan kuman seperti Herpes, Rabies, Tetanus, SARS, MERS, Flu Babi, Sifilis atau raja singa, HIV/AIDS.

2. Tanin

Tanin adalah suatu senyawa polifenol yang banyak sekali terdapat dalam tumbuhan. Dalam pengobatan, tanin dimanfaatkan sebagai zat yang mampu mengobati keputihan, diare, ambeien menghentikan perdarahan (homestatic), anti bakteri, penawar racun, antioksidan, mengatasi peradangan, dan juga untuk melangsingkan tubuh yang gemuk (cocok sekali bagi Anda yang kelebihan berat badan).

3. Polifenol

Polifenol merupakan asam fenolik dan flavanoid. Polifenol memiliki fungsi sebagai anti mikroba, menghilangkan radikal bebas, dan juga untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Jual Sarang Semut Kalimantan

4. Tokoferol

Tokoferol lebih dikenal sebagai vitamin E, walapun sebenarnya berbeda akan tetapi keduanya memiliki senyawa yang kuat. Memiliki fungsi sebagai melancarakan peredaran darah, mengurangi rasa lelah, sebagai antioksidan alami, dan menyembuhkan penyakit degenratif seperti kencing manis dan penyakit jantung.

5. Mineral

Mineral lainnya seperti Magnesium yang berperan sekali dalam fungsi tulang, otot, hati, transfer air intraseluler, aktivitas neuromuseluler. Besi berperan dalam pembentukan transporoksigen, aktivor enzim, dan hemoglobin. Fosfor berperan untuk penyerapan produksi kalsium dan energi. Kalsium berperan dalam pembekuan darah, menstabilkan fungsi kerja jantung, dan impuls saraf. Seng bermanfaat dalam penyimpanan insulin, sintesis protein fungsi seksual, penyembuhan radang dan luka, metabolisme karbohidrat.

Nah, jika diantara kawan-kawan ingin mencoba khasiat dari tumbuhan sarang semut ini bisa langsung berkunjung ke websitenya di www.jualsarangsemut.com. Ada dua jenis sarang semut yang dijual, antara lain: Sarang Semut Merah Berduri dan Sarang Semut Putih Berduri. Selain itu juga dijual beberapa jenis obat-obatan herbal lain yang dijual, seperti: Akar Kuning Kalimantan, Bawang Dayak Kalimantan, dan Madu Asli Kalimantan. Semoga bermanfaat. (ADV)

You might also like

Show Comments (4)