Home Artikel 3 Jenis Investasi yang Wajib Kamu Mulai Sejak Belia

3 Jenis Investasi yang Wajib Kamu Mulai Sejak Belia

SHARE
Investasi Emas
Image: SahabatPegadaian.Com

Berinvestasi adalah cara terbaik untuk menjamin hidup yang lebih baik di masa tua. Pasalnya, tanpa investasi akan sulit bagi kita untuk bisa hidup sejahtera dan damai tanpa diganggu oleh kesibukan/kegiatan mencari uang, yang menyebabkan kesempatan kita untuk “menikmati” hidup jadi berkurang.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa kita pilih. Mulai dari investasi emas, tanah, reksadana, dan masih banyak yang lainnya. Tapi jika kita harus berinvestasi sejak muda, rasanya tiga jenis investasi berikut ini adalah yang paling penting.

1. Investasi Leher Keatas

Apa yang dimaksud dengan investasi leher ke atas? Investasi leher ke atas artinya membekali diri dengan ilmu pengetahuan. Jangan merasa puas hanya dengan pelajaran atau ilmu yang kamu dapatkan di sekolah maupun di bangku kuliah. Karena, seringkali ilmu yang lebih berbobot bisa kita dapatkan setelah kuliah, melalui pengalaman hidup, praktik, dan dengan mengikuti seminar atau workshop dan sebagainya.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk berinvestasi demi bisa menambah ilmu. Terutama yang berkaitan dengan bisnis yang kamu geluti atau berhubungan dengan rencana-rencanamu ke depan. Dengan begitu, kamu bisa menyusun strategi, tidak akan mudah ditipu, dan bisa mengambil tindakan yang tepat ketika mengalami kegagalan.

Dengan berbekal ilmu pengetahuan dan juga pengalaman, kamu akan lebih mudah menghadapi persaingan dan akan lebih mudah sukses jika mau berusaha. Namun tentu saja, ilmu yang kita miliki wajib dipraktekkan. Karena apabila hanya diserap begitu saja tapi tidak ada action yang kamu lakukan itu artinya, “sama saja bohong.”

2. Investasi untuk Kesejahteraan Hidup

Dari sekian banyak pilihan investasi yang ada, saya cenderung merekomendasikan investasi emas sebagai pilihan utama. Pasalnya, bahkan sejak duduk di bangku sekolah sekalipun sebenarnya kita sudah mulai bisa berinvestasi. Karena investasi logam mulia tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Dengan biaya yang sangat terbatas sekalipun, kita sudah bisa memulai. Salah satu cara paling mudah untuk investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur BukaEmas di toko online Bukalapak.

Disana, kita bisa mulai beli emas hanya dengan modal kurang dari Rp 100. Dimana kita bisa membeli emas seberat 0,0001 gram. Tapi saya yakin, banyak di antara kamu yang pasti bisa menabung Rp100.000 per bulan sekalipun statusmu masih pelajar bukan? Karena rata-rata anak sekolah sekarang sering dapat bekal dari orang tuanya tidak kurang dari Rp10.000 per hari.

Jika bekal tersebut disimpan setengahnya saja, setidaknya dalam satu bulan seorang pelajar bisa mengumpulkan Rp150.000. Dengan uang sebanyak itu, di Bukalapak kita bisa membeli emas seberat 0,3 gram. Yang kemudian bisa dijadikan sebagai investasi. Jika dalam sebulan kita bisa membeli emas seberat 0,3 gram, bisa dibayangkan berapa jumlah investasi emas yang kita miliki apabila hal tersebut berlanjut selama 3 tahun.

Dan saya yakin, jumlahnya pasti terus akan bertambah dari waktu ke waktu. Karena semakin sering kamu melakukan transaksi, kamu akan jadi semakin pandai dalam memilih momen yang tepat kapan harus membeli ataupun menjual emas yang kamu miliki agar lebih menguntungkan. Berinvestasi sejak muda wajib kamu lakukan jika ingin menikmati hidup yang lebih sejahtera dan damai di masa tua nanti.

3. Investasi Kesehatan

Investasi ketiga yang wajib kamu mulai sejak usia dini adalah investasi kesehatan. Karena sebanyak apapun uang dan ilmu yang kamu miliki. Jika kamu sering sakit-sakitan, sudah pasti hidup tak lagi bisa kamu nikmati. Seringkali kita menganggap remeh olahraga dan berbagai tips menjaga kesehatan ketika masih muda. Karena pada saat itu, tubuh kita memang cenderung lebih kuat dan berada pada puncak kebugarannya.

Di sinilah pangkal masalahnya, ketika kita menganggap remeh sesuatu dan membuat kita terlena. Hingga enggan berolahraga, enggan berhenti merokok, terbiasa begadang, atau senang kebiasaan tidak sehat lainnya. Yang tentu saja, efeknya akan kita tuai di masa tua nanti.

Malas berolahraga atau sering melakukan hal-hal yang merugikan kesehatan di usia muda akan membuat kita menyesal di kemudian hari. Pasalnya, tidak jarang uang hasil kerja keras dan investasi selama bertahun-tahun, yang seharusnya bisa kita gunakan untuk menikmati hidup di masa tua, justru habis dipergunakan untuk biaya berobat dan rumah sakit.

Itulah 3 investasi yang wajib kamu miliki dan mulai sejak muda. Ketiga investasi tersebut menurut saya adalah yang paling penting dan tidak boleh diremehkan jika ingin punya hidup yang sejahtera dan bahagia tidak hanya ketika berusia lanjut. (ADV)