5 Jenis Penghasilan yang Bisa Diperoleh dari Ngeblog

Menyambung tulisan mengenai 5 tahapan yang harus dilakukan untuk menjadi seorang blogger profesional, pada kesempatan ini Blogger Borneo ingin sharing mengenai 5 jenis penghasilan yang bisa diperoleh dari aktivitas ngeblog.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki blog yang dapat menghasilkan merupakan harapan dan keinginan dari seorang blogger termasuk Blogger Borneo sendiri. Mengenai besaran nilai penghasilan yang diperoleh itu sifatnya tidak pasti karena tiap-tiap blogger memiliki target dan tujuan awalnya masing-masing. Ada yang menjadikan blog tersebut benar-benar sebagai sumber mata pencaharian dan ada yang menjadikan blog tersebut sebagai media berbagi dan personal branding. Kira-kira untuk Blogger Borneo masuk dalam kategori yang mana ya

Satu prinsip yang selalu ditanamkan sejak dulu adalan jangan pernah kuatir blog kita tidak akan menghasilkan jika selama ini kita selalu mengelolanya dengan cukup baik sehingga akhirnya tampak cukup menarik di mata para pengunjung. Tentu saja jangan lupakan 5 tahapan menjadi blogger profesional karena para advertiser biasanya mencari blog-blog yang memiliki ke-5 hal tersebut.

PENGHASILAN DARI NGEBLOG

Bicara mengenai bentuk penghasilan, tidak selalu bentuknya adalah uang. Blogger Borneo sendiri sudah pernah beberapa kali mendapatkan produk-produk dalam bentuk smartphone, tas, aksesoris hape, dan lain sebagainya. Oh iya hampir lupa, selama ngeblog Blogger Borneo juga sudah beberapa kali mendapat fasilitas jalan-jalan gratis ke beberapa kota besar di Indonesia. Ternyata cukup asyik juga ya aktivitas ngeblog ini jika dikerjakan dan ditekuni.

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya, syarat utama yang harus dipenuhi pertama kali adalah harus memiliki blog dengan menggunakan Top Level Domain (TLD) seperti: com, net, id, web.id, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Blogger Borneo merekomendasikan untuk menggunakan nama domain dengan akhiran com karena merupakan TLD tertinggi di dunia.

Web Hosting Murah Indonesia

Setelah memilih nama domain yang diinginkan, langkah berikutnya adalah memilih perusahaan penyedia web hosting murah Indonesia. Khusus untuk ini, kita bisa menggunakan jasa perusahaan miliknya https://www.hostinger.co.id/web-hosting.

Web Hosting Murah Indonesia
Image: NiagaHoster.Co.Id

Jika dilihat pada halaman website resminya, Hostinger menyediakan 3 (tiga) pilihan paket hostingnya, yaitu: Web Hosting Single (Rp. 19.850,- Per Bulan), Web Hosting Premium (Rp. 39.950,- Per Bulan), dan Web Hosting Bisnis (Rp. 79.950,- Per Bulan). Dan khusus untuk paket Web Hosting Premium dan Web Hosting Bisnis, para pelanggan akan mendapatkan  1 ( satu) free domain untuk masa pembayaran minimal 12 bulan atau lebih.

Nah, sekarang Blogger Borneo ingin berbagi cerita mengenai jenis-jenis penghasilan apa saja sih yang bisa diperoleh dari aktivitas ngeblog kita selama ini. Oke, to the point aja, berdasarkan pengalaman selama ini, Blogger Borneo membagi semua penghasilan yang diperoleh selama ini menjadi 5 jenis, antara lain:

1. Google Adsense

Diantara semua jenis penghasilan, Adsense masuk dalam urutan pertama jenis penghasilan yang ingin didapat oleh para blogger di Indonesia. Seiring perkembangan waktu, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense menjadi sangat kecil karena Google semakin ketat dalam membuat aturan kebijakan bagi para publisher.

Google Adsense with WordPress
Image: GencMagazine.Com

Sedikit pengetahuan mengenai Google Adsense, sama seperti dikutip dari laman Wikipedia Indonesia, yang dimaksud dengan AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Baca Juga: 5 Tahapan Menjadi Blogger Profesional

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (PPC) atau bayar per klik. Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral).

2. Review Produk

Sesuai namanya, para blogger akan dikirimin produk tertentu untuk diujicoba pakai dalam kurun waktu tertentu. Tentunya harapan para pemilik produk adalah kita bisa memberikan ulasan dalam bentuk review positif dalam bentuk artikel yang dipublikasikan di blognya masing-masing. Ya secara tidak langsung para blogger yang dipilih menjadi agen-agen promosi tak kasat mata. Mengenai sistem pembayaran, ada yang hanya dalam bentuk produk saja dan ada juga yang memperoleh uang juga.

Product Review from Blogger
Image: RiceMedia.Co.Uk

3. Placement Content

Jika untuk review produk para pemilik produk berharap kita membuat tulisan review sendiri, beda halnya dengan placement content. Umumnya para blogger yang terpilih untuk menerima job hanya diminta untuk mempublikasikan artikel tulisan yang sudah dipersiapkan oleh pihak advertiser.

Biasanya untuk kategori job seperti ini, tujuan mereka ingin mendapatkan backlink dari masing-masing blog tersebut. Oleh karena itu, beberapa faktor seperti skor Domain Authority (DA) maupun Page Authority (PA) menjadi salah satu pertimbangan. Selain itu umur blog itu sendiri juga biasanya turut berpengaruh.

4. Pemasangan Banner Mandiri

Sudah paham dengan kalimatnya ya? Disini kita menyediakan space khusus kepada para pemilik produk untuk mereka memasang banner promosi di blog yang kita kelola. Mengenai berapa besaran nilai kontrak pemasangan banner per bulan, itu sangat dipengaruhi dengan jumlah kunjungan unik harian dan kata kunci apa saja yang paling banyak dicari oleh para pengunjung. Semua data ini bisa diperoleh dari laporan Google Analytics.

5. Promo Usaha Sendiri

Paket Wisata Pulau Lemukutan Borneo Travelling
Image: BorneoTravelling.Com

Nah, untuk jenis penghasilan ke-5 ini Alhamdulillah Blogger Borneo masih terus mendapatkannya. Beberapa artikel yang ditulis dalam blog ini berisikan informasi mengenai beberapa jenis produk dalam bentuk barang ataupun jasa yang dijual selama ini. Dengan memberikan sedikit polesan pada tulisannya sehingga SEO Friendly dan memberikan backup dalam bentuk backlink membuat artikel-artikel tersebut mampu muncul di halaman Pejwan pencarian Google.

Baca Juga: Bersama UNTAN Membangun Negeri

Sebenarnya masih banyak lagi jenis penghasilan lain yang bisa didapatkan dari aktivitas ngeblog, ya kembali lagi seperti apa yang telah Blogger Borneo jelaskan sebelumnya bahwa jangan pernah kuatir blog kita tidak menghasilkan selama kita mengelolanya dengan sepenuh hati dan selalu meng-update tulisan-tulisan menarik kedalamnya.

Sebagai penutup, jangan lupakan 5 tahapan menjadi seorang blogger profesional karena jika itu diterapkan secara konsisten maka Insya Allah pondasi dasar blog yang kita bangun akan menjadi semakin kuat. Semoga tulisan ini bermanfaat, nantikan tulisan selanjutnya. (DW)

You might also like
1 Comment
  1. Salman says

    Bermanfaat sekali gan infonya…saya sendiri dah pasang Adsense, tapi penghasilannya masi sebatas nutupin biaya hosting, untung2nya paling dari content placement sama ikutan lomba blogging. Mudah2an naik terus adsensenya

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More