Beranda Gaptek Tips & Trik Ingin Menjadi Blogger Profesional, Lakukan 5 Tahapan Ini

Ingin Menjadi Blogger Profesional, Lakukan 5 Tahapan Ini

BERBAGI
Tahapan Menjadi Blogger Profesional
Image: PixaBay.Com

Ini bukan berarti berhenti dan tidak mau sama sekali mengajarkan ataupun memberikan motivasi melalui sharing pengalaman sebagai seorang blogger selama ini, melainkan karena ingin lebih fokus belajar untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Namun demikian, Blogger Borneo tetap tidak akan menutup diri jika ada yang ingin belajar atau bertanya lebih dalam mengenai aktivitas blogging itu sendiri. Kawan-kawan bisa langsung japri aja melalui akun media sosial ataupun jalur WhatsApp, Insya Allah akan tetap langsung direspon.

Di kesempatan kali ini, Blogger Borneo ingin sharing pengalaman mengenai tahapan-tahapan apa yang harus dilalui oleh seorang blogger untuk menjadi profesional. Tapi sebelumnya mohon maaf, tulisan ini dibuat bukan untuk tujuan menggurui tapi lebih ke berbagi pengalaman dan tentu saja kawan-kawan boleh turut bercerita juga mengenai pengalamannya menjadi seorang blogger selama ini melalui kolom komentar dibawah ini.

Sebelum bicara lebih jauh mengenai apakah seorang blogger tersebut masuk dalam kategori profesional atau tidak, sebelumnya harus dipahami dulu definisi profesional secara umum.

DEFINISI BLOGGER PROFESIONAL

Menurut Wikipedia Indonesia,  yang dimaksud dengan profesional adalah istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah.

Definisi Blogger Profesional
Image: Google.Com

Akan tetapi, definisi ini juga tidak berlaku secara umum karena seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut “profesional” dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah. Sebagai contoh, dalam dunia blogging terdapat blogger profesional yang merupakan kebalikan dari blogger pemula.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah apa acuan standar seorang blogger telah dianggap profesional? Dari sejak Blogger Borneo merintis hingga saat ini belum ada standar profesional tersebut, semua kembali kepada sudut pandang orang lain. Ada yang melihat dari sudut pandang update artikelnya, ada yang melihat dari sudut pandang penghasilan yang diperolehnya itu berapa, ada juga yang melihat dari sudut pandang aktivitasnya sehari-hari.

TAHAPAN MENJADI BLOGGER PROFESIONAL

Untuk menjadi seorang blogger profesional, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, dilalui, dan butuh proses yang terkadang tidak sebentar. Membuat blog itu tidak semudah mempertahankannya tetap eksis dan dari sekian banyak yang mencoba untuk menjadi seorang blogger tidak semuanya bisa melalui fase keberhasilan. Kembali lagi faktor motivasi diri sangat berperan penting disini dan guru motivator terbaik adalah diri kita sendiri, bukan orang lain.

Baca Juga: Merdeka Menjadi Blogger

Sekarang Blogger Borneo jelaskan mengenai tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menjadi seorang blogger profesional berdasarkan pengalaman yang dilalui selama ini. Mohon maaf jika disini sharing nya masih bersifat dasar dan umum saja karena masing-masing blogger nantinya akan memiliki maksud dan tujuan pengembangannya mau kearah mana. Oke, tanpa basa basi lagi, beberapa tahapan yang harus dilalui, antara lain:

TAHAP I : PERSIAPAN AWAL

Membuat Alamat Email
Cara Membuat Email di Gmail
Image: Gmail.Com

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat alamat email dengan menggunakan fitur layanan dari Gmail, Yahoo, Hotmail, dan lain sebagainya. Alamat email ini sangat penting untuk dimiliki karena nantinya akan menjadi pusat keluar masuk informasi secara online. Usahakan gunakan alamat email yang tidak terlalu panjang sehingga mudah disebutkan dan diingat.

Biasanya alamat email yang digunakan sama persis dengan nama domain dan personal brand yang akan dipakai nantinya, contohnya Blogger Borneo sendiri. Sejak pertama kali memutuskan untuk menggunakan brand Blogger Borneo, maka alamat email yang akan digunakan adalah bloggerborneo[a]gmail.com. Alhamdulillah pada saat itu nama email ini masih available untuk digunakan, jadi rasanya sesuatu banget ketika bisa mendapatkannya.

Menentukan Topik dan Nama Domain

Langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain apa yang akan digunakan.  Meskipun masih menggunakan fasilitas blog gratisan dari Google, alangkah baiknya untuk nama domain sudah menggunakan Top Level Domain (TLD) dengan ektensi, seperti: com, net, org, id, web.id, dan lain sebagainya. Jika ingin menggunakan hosting sendiri juga bisa dengan menggunakan basis Content Managemen System (CMS) miliknya WordPress.

Cara Memilih Nama Domain untuk Blog
Image: Oasdom.Com

Dalam proses pemilihan nama domain, disarankan menggunakan nama yang unik dan pendek sehingga mudah diingat. Biasanya nama domain ini merupakan nama pemiliknya sendiri jika tujuannya nanti untuk personal branding atau menggunakan nama produknya jika tujuannya nanti untuk promosi dan branding merek produknya. Kategorikan diri kita apakah nantinya akan menjadi seorang Food Blogger, Blogger Traveller, Fashion Blogger, Beauty Blogger, atau cukup menjadi seorang Gado-Gado Blogger seperti Blogger Borneo.

Selalu Update Konten

Setelah domain jadi dan blog sudah bisa digunakan, langkah selanjutnya adalah mulai mengisi konten yang unik dan menarik sehingga dikunjungi pembaca nantinya. Tulislah konten mengenai panduan, tips, trik, info kesehatan, perkembangan teknologi, review produk hape terbaru, pendidikan, lowongan kerja, dan sejenisnya yang sifatnya informasi dan mengedukasi. Konten ini dapat berupa teks, foto, maupun video.

Usahakan untuk tetap update memasukkan konten-konten kedalam blog minimal 1 (satu) postingan per hari, kalau bisa 2-3 postingan per hari untuk mempercepat proses pengindeksan dari Google. Jangan lupa pasang kode skrip dari Google Webmasters Tool sehingga bisa langsung terbaca hasil kunjungan harian dan Google Analytic nya.

TAHAP II : MAKSIMALKAN MEDIA SOSIAL

Promosi Blog Melalui Media Sosial
Image: BusinessCloud.Co.Uk
Daftar dan Buat Akun di Media Sosial

Untuk dapat menjaring para pengunjung, langkah paling mudah yang bisa diterapkan adalah menyebarkan postingan yang dibuat melalui jalur media sosial yang dimiliki. Oleh karena itu buatlah akun di beberapa media sosial sekaligus, seperti: Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dan lain sebagainya. Khusus untuk Facebook sendiri, jika memiliki budget minimal 10 ribu per hari sudah bisa langsung menggunakan fitur FB Ads untuk menjangkau lebih banyak pengunjung.

Gunakan Sosbok Sebagai Sumber Backlink

Selain medsos, daftar dan buat akun juga di beberapa situs social bookmarking atau lebih dikenal dengan istilah sosbok sebagai sumber backlink bagi blog kita. Ada cukup banyak situs sosbok yang bisa dimanfaatkan, cukup googling dengan kata pencarian “sosbok terbaru” sudah bisa dilihat daftar linknya pada halaman pertama pencarian.

TAHAP III : GUNAKAN SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari ke blog kita. Tujuan utama dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Definisi Search Engine Optimization
Image: AdiProject.Com

Logikanya, blog yang link postingannya menempati posisi teratas pada hasil pencarian Google.Co.Id akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas jasa SEO juga semakin meningkat. Tentu saja dengan berada di posisi teratas untuk hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

SEO ini bisa dilakukan secara mandiri dengan catatan banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pemilik blog tersebut. Ya tentu saja sebelumnya harus mempelajari terlebih dahulu mengenai apa itu prinsip dasar SEO dan paham bagaimana cara menulis sesuai SEO yang disempurnakan. Jika tidak mau ribet, langsung saja hubungi MB Communication.

MB Communication merupakan salah satu agency digital marketing profesional di Indonesia yang melayani jasa SEO berkualitas dan terpercaya, content marketing,  creative branding, dan cyber public relation. Tinggal diskusikan kata-kata kunci apa yang ingin masuk dalam halaman pertama pencarian dan negosiasikan biaya yang harus dikeluarkan. Cukup simpel bukan?

TAHAP IV : MANFAATKAN JEJARING

Blogger Network
Image: ShutterStock.Com

Dalam mekanisme pertemanan di dunia maya, gabung di beberapa komunitas blogger yang ada di Indonesia dapat menjadi salah satu upaya untuk menarik pengunjung. Saling berkunjung dan mengunjungi (biasa diistilahkan dengan blogwalking) masih dianggap cara efektif untuk mendongkrak kredibilitas blog kita di mata Google. Tentu saja cari blog yang memiliki topik atau minimal kata kunci turunan sama untuk menghasilkan efek maksimal. Jangan lupa pastikan blog tersebut statusnya adalah Do Follow dan selalu update.

Selalu gabung dalam jejaring antar sesama blogger, bisa juga memanfaatkan fasilitas layanan Private Blog Network (PBN) yang dimiliki oleh beberapa mastah Internet Marketing di Indonesia. Ada banyak istilah lain yang digunakan selain Private Blog Network (PBN), yaitu: blog Dummy, blog Zombie, dan lainnya. Meskipun memiliki defisini berbeda, namun semua itu memiliku tujuan sama, yaitu membantu meningkatkan peringkat website kita di halaman Google.

TAHAP V : TERUS BELAJAR 

Pergeseran Era Blog Menjadi Vlog
Image: JoyPixel.ID

Tahapan terakhir yang harus diperhatikan adalah selalu mau belajar dan mengikuti perkembangan tren yang terus terjadi setiap saat. Fenomena yang sekarang sedang terjadi adalah mulai bermunculan para vlogger muda dan baru dimana mereka menjadikan video mereka sebagai sarana promosi diri maupun produk. Sebagian besar blogger Indonesia yang sudah cukup terkenal juga mulai menambahkan fitur video  dan memasukkan link channel YouTube di blog-blog mereka agar lebih tampak menarik.

Sepertinya sudah selesai semua tahapan dasar yang harus dilakukan untuk menjadi seorang blogger profesional. Mengenai jangka waktu keberhasilan, itu semua kembali lagi kepada ikhtiar dari masing-masing pemilik blog. Yang pasti kerja keras akan tetap menghasilkan, apapun itu bentuknya. Banyak peluang yang bisa diperoleh dengan memiliki blog yang dikelola dengan baik. Tetap semangat dan selalu istiqomah, Insya Allah hasil tidak akan mengingkari kerja keras. (DW)

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Profesional
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

10 KOMENTAR

    • Nah itu memang faktor utamanya Kak, mood nulis. Kalau saya memang terkadang ada masanya malas nulis, cuma ya gitu deh diusahakan ga sampai lebih dari seminggu. Bukan apa, kalau sudah kelamaan benar-benar malas jadinya.

  1. Hmm, klo liat definisi di atas berarti saya masih belum jadi blogger profesional yah, hmmm…masih banyak yang harus ditingkatkan lagi. Btw terima kasih infonya mas, sangat mencerahkan

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

CommentLuv badge