Gubernur Instruksikan Sekolah Libur, Guru SD Ini Gunakan Aplikasi Belajar Online Sebagai Solusi

Pengumuman Gubernur Kalimantan Barat untuk menonaktifkan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka langsung dikarenakan status Kejadian Luar Biasa sebagai dampak dari penyebaran virus corona membuat metode pembelajaran diubah dari offline menjadi online.

Aplikasi Belajar Online – Mendapat instruksi seperti itu, banyak diantara para guru terutama yang berada di kota Pontianak mulai berinisiatif untuk mencari solusi karena bagaimanapun juga aktivitas kegiatan belajar mengajar tidak boleh terhenti.

Adapun Herwulan Irine Purnama, M.Pd, salah seorang guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 37 Pontianak Tenggara disini ingin berbagi cerita mengenai bagaimana dirinya harus melaksanakan instruksi dari Gubernur Kalimantan Barat dan Wali Kota Pontianak tersebut.

Aplikasi Belajar Online

Hari Minggu (15/03/2020) pukul 17.07 WIB, grup WA mulai banyak berbunyi. Setelah saya baca ternyata isinya ialah pemberitahuan serta instruksi dari Gubernur dan Walikota Pontianak untuk sekolah diliburkan (belajar di rumah dengan memanfaatkan IT sebisanya agar siswa tetap terlayani).

Mendapat instruksi seperti itu, otak saya pun mulai berpikir keras. Bukan karena belajar onlinenya, karena bagi saya dan murid-murid belajar tata muka online atau teleconference itu sudah menjadi hal yang biasa. Pada saat itu Pontianak sedang dilanda kabut asap dan sekolah diliburkan kami sudah menggunakannya melalui aplikasi belajar online WEBEX.

Persiapan Penilaian Akhir Semester

Pada tanggal 16-20 Maret 2020 hampir di seluruh sekolah termasuk SDN 37 Pontianak Tenggara sendiri sedang dalam proses persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS). Karena saya mengajar di kelas 6 (enam) dimana sebenarnya jadwal pembelajarannya sudah penuh dan terjadwal rapi, saya langsung menghubungi Kepala Sekolah untuk berdiskusi.

Di saat itu, saya memberi masukan agar soal PAS kelas 6 diubah dari versi offline menjadi soal online dalam bentuk LINK sehingga anak-anak tetap bisa mengerjakannya di rumah masing-masing. Sebenarnya masukan tersebut direspon baik oleh Kepala Sekolah, akan tetapi setelah disampaikan ke pihak pengawas, ternyata hal tersebut tidak disarankan.

Menurut pihak pengawas akan ada kemungkinan terjadinya kebocoran soal se-kecamatan di tempat kami bertugas dikarenakan hanya SDN 37 Pontianak Tenggara saja yang akan melaksanakan PAS secara online jika masukan tersebut disetujui.

Belajar Online Menggunakan Zoom

Mendapat respon dari pihak pengawas seperti itu, saya pun menginformasikan ke seluruh wali murid kelas 6A SDN 37 Pontianak Tenggara melalui grup WhatsApp bahwa untuk sementara sekolah diliburkan dan pembelajaran tetap berjalan setiap harinya melalui online dengan bantuan aplikasi ZOOM.

Saya menginstruksi murid-murid untuk mengunduh aplikasi ZOOM pada android mereka masing, adapun siswa yang tidak memiliki HP saya komunikasikan kepada orangtuanya melalui Grup Paguyuban kelas 6A untuk dapat meminjamkan smartphonenya agar anaknya dapat mengikuti pembelajaran online ini.

Alhamdulillah para wali murid mendukung dan memfasilitasi hal tersebut, meskipun masih ada sebagian kecil diantaranya tidak merespon dan tidak memberikan pinjaman HP untuk anaknya belajar online.

Room Class Online

Bagi saya itu bukan masalah yang besar karena pada hakikatnya semua kembali lagi kepada kesepakatan orang tua dan pola kebijakan orang tua di rumah. Alhamdulillah 27 jumlah murid saya dalam satu kelas dan pada hari pertama pembelajaran online, 16 Maret 2020 itu ada 24 siswa kelas 6A dan 4 siswa kelas 6B yang join dalam Room Class Online saya.

Tak membutuhkan waktu lama dalam saya mengarahkan anak-anak untuk masuk dalam room online. Alhamdulillah mereka sudah cukup terbiasa dengan aplikasi sejenis WEBEX yang terdahulu pernah kami terapkan.

Anak-anak hari ini kita TIDAK TATAP MUKA di ROOM CLASS ONLINE.

Hari ini jadwalnya kalian mengerjakan

*SIMULASI SOAL DIGITAL US BAHASA INDONESIA, SDN 37 PONTIANAK TENGGARA *

Yang terdiri dari 40 soal PILIHAN GANDA, untuk memulai mengerjakan silahkan KLIK LINK DI BAWAH INI:

http://gg.gg/SIMULASI-SOAL-US-BAHASA-INDONESIA-SDN-37-TENGGARA

Ikuti petunjuk yang ada pada LINK SOAL ONLINE tersebut.

Selamat Mengerjakan, Kerjakan dengan Jujur dan Yakinlah pada kemampuan diri kalian masing-masing??

Nilai ini akan digunakan untuk tambahan nilai. Terimakasih…

Tata Cara dan Aturan

Dalam hal belajar online ini saya sedikit menegaskan dan menjelaskan peraturan dalam Room Class Online kepada siswa guna pembelajaran ini berjalan sangat efektif. Adapun peraturan yang saya buat dan saya share kepada siswa sebagai berikut:

  1. Bagi siswi yang muslim dan berjilbab dilarang share wajah tanpa jilbab. Jika ingin mengaktifkan video diri, pastikan sudah mandi dan menggunakan jilbab karena ketika sudah mandi Insya Allah materi pelajaran akan lebih mudah diserap.
  2. Ketika proses ONLINE berlangsung, mic pada siswa/siswi akan di OFF kan untuk sementara waktu, dan akan di ON kan jika ada yang ingin bertanya. Jika memang urgent silahkan Klik CHAT di kolom partisipan yang dapat dibaca oleh semua yang tergabung kedalam ROOM aplikasi ZOOM.
  3. Bagi siswa laki-laki DILARANG menggunakan SINGLET atau TAK BERBAJU jika ingin masuk ke room dan ingin VIDEO WAJAH nya di share. Gunakanlah pakaian yang sopan yang menutup lengan dengan baik.
  4. Akan lebih baik jika menyimak Pembelajaran ONLINE by ZOOM ini menggunakan headset.

Kegiatan Belajar Online

Senin, 16 Maret 2020

Proses pembelajaran secara online berjalan lancar. Alhamdulillah penggabungan kelas 6A dan 6B yang berjumlah 29 siswa dari 55 jumlah keseluruhan siswa kelas 6 SDN 37 Pontianak Tenggara berhasil.

Siswa-siswi merasa senang karena bisa mengikuti pelajaran layaknya di kelas meskipun menggunakan aplikasi belajar online. Antar siswa dapat melihat wajah rekan-rekannya meskipun tidak berada dalam ruangan kelas yang nyata.

Materi yang dibahas pada hari pertama adalah tentang mengingatkan kembali tentang FPB dan KPK serta  contoh-contoh soal dalam bentuk cerita, proses membuat magnet dengan elektromagnet, induksi, dan gosokan, serta ASEAN.

Aplikasi Belajar Online
Image: Dok. Pribadi
Selasa, 17 Maret 2020

Proses pembelajaran secara online kami buka dengan menyanyikan bersama-sama lagu Indonesia Raya 3 Stanza, sama seperti ketika memulai pembelajaran di kelas nyata itulah kebiasaan yang tetap dilakukan di kelas online ini.

Hari kedua belajar online ini jumlah siswa yang mengikuti belajar online menurun yaitu hanya 26 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas 6A dan 6 siswa kelas 6B terjadi sedikit peningkatan siswa di kelas 6B. Sedikit informasi mengenai kenapa saya merangkap dua kelas online ini dikarenakan wali kelas 6B memang menyerahkan muridnya untuk saya bimbing secara online by ZOOM.

Pada hari ini materi yang saya sampaikan adalah siswa diminta untuk mengamati video tentang Rotasi dan Revolusi Bumi yang kemudian dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan kepada beberapa siswa yang namanya saya sebut satu per satu.

Baca Juga: Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Mic siswa tersebut saya ON kan agar suara siswa tersebut dapat terdengar oleh saya serta teman-temannya. Dan begitu seterusnya hingga pada sesi rebutan menjawab soal. Ketika siswa berlomba-lomba menjawab soal dan mengaktifkan mic mereka masing-masing, entah kenapa disitu hati saya sangat bahagia.

Saya merasa ini pembelajaran seperti benar-benar di dalam kelas, dengan karakteristik anak-anak yang memang selalu ingin menjawab pertanyaan serta tantangan dari gurunya. Alhamdulillah, saking serunya pembelajaran online pada hari ini saya sampai lupa merekam pembelajaran online dari awal pembelajaran, sehingga saya merekam pembelajaran online kedua ini dari pertengahan kegiatan pembelajaran hingga akhir.

Rabu, 18 Maret 2020

Proses pembelajaran secara online dibuka dengan siswa mengamati video tentang jenis-jenis paragraf beserta contohnya. Hari ini kami mulai membahas, mengulang materi, dan mencoba menganalisa contoh-contoh soal yang terkait dengan jenis-jenis paragraf.

Setelah siswa mengamati video, saya kembali menampilkan PPT yang berisikan contoh-contoh soal paragraf yang kemudian saya meminta satu siswa untuk mengidentifikasi paragraf tersebut masuk dalam jenis paragraf apa?

Ketika satu-persatu siswa sudah menjawab, saya meminta siswa untuk menjelaskan alasannya kenapa memilih jawaban tersebut guna memudahkan saya selaku guru untuk meluruskan jika masih terdapat siswa yang salah konsep terhadap materi ini.

Kegiatan pembelajaran hari ini pun berakhir dengan tugas, siswa saya minta untuk membuat sebuah paragraf Persuasi yang minimal ditulis 2 paragraf dengan tema “CORONA” yang hasil tugasnya boleh dibuat dalam bentuk word, tulis tangan pada kertas yang di foto, atau bentuk catatan handphone yang di capture. Tugas dikirim ke WA grup kelas atau kirim ke WA pribadi saya.

Respon Positif Siswa

Alhamdulillah saya melihat kebahagiaan pada diri anak murid saya ketika mereka bisa tetap belajar di rumah. Orang tua murid pun banyak yang mengucapkan terima kasih kepada saya atas waktu dan fasilitas dari aplikasi belajar online yang saya sediakan ini.

Kepala Sekolah pun sangat bahagia mendengar bahwa kelas 6 yang akan menghadapi ujian ini pun tetap belajar tatap muka secara online. Oh iya saya juga tak ingin menjadi seorang pendidik yang hanya bisa melakukan ini sendiri.

Saya share sedikit ilmu yang saya pahami ini kepada rekan-rekan guru di sekolah maupun di beda sekolah tentang aplikasi belajar online yang sangat memudahkan guru mengajarkan materi serta sangat membantu anak untuk mengulang pelajaran.

Tak selamanya teknologi itu membawa dampak negatif untuk siswa, buktinya ketika situasi seperti saat ini ternyata pembelajaran aplikasi belajar online berbasis android ini lah yang menjadi penolong guru serta siswanya.

Dapat sedikit ditarik kesimpulan bahwa teknologi akan berdampak negatif jika sang pemilik menggunakannya untuk hal negatif. Akan berdampak sangat positif jika digunakan dengan bijak dan cerdas.  Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi semua.

Wassalamualaikum Wr. Wbr. Terimakasih.

 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More