Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Berkunjung ke Pasar PSP, Pusat Oleh-Oleh Khas Pontianak

Jalan ke negeri khatulistiwa, tidah sah rasanya jika tidak singgah ke pusat oleh-oleh khas Pontianak ini. Komplek Pasar PSP, demikian nama tempat ini lebih dikenal. Disini dijual beraneka ragam jenis produk khas kota Pontianak.

Pusat Oleh-Oleh Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Berkunjung ke negeri khatulistiwa tidak sah rasanya jika tidak singgah ke pusat oleh-oleh khas Pontianak. Pasar PSP, demikian lokasi ini lebih dikenal. Nama PSP sengaja dipilih karena masih berada di kawasan lapangan sepakbola Pontianak yang terletak di Jalan Patimura (bersebelahan dengan Gereja Katedral Kalimantan Barat). Di kawasan ini terdapat lebih dari 30 kios yang menjual berbagai jenis aneka makanan khas, aksesoris, dan cinderamata. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15-30 untuk mencapai lokasi ini dari pusat kota.

Menurut definisi berdasarkan etimologi yang diambil dari Wikipedia Indonesia, nama Pontianak yang berasal dari bahasa Melayu yang dipercaya ada kaitannya dengan kisah Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu Kuntilanak ketika dia menyusuri Sungai Kapuas. Menurut ceritanya, Syarif Abdurrahman terpaksa melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu itu sekaligus menandakan di mana meriam itu jatuh, maka di sanalah wilayah kesultanannya didirikan. Peluru meriam itu jatuh di dekat persimpang Sungai dan Sungai Landak, yang kini dikenal dengan nama Kampung Beting.

SEJARAH PSP

Nama Pasar PSP Pusat Oleh-Oleh Pontianak diambil karena masih terletak dalam kawasan Lapangan Sepakbola Kebon Sajoek, tepatnya berada dibelakang pasar ini. Kawasan PSP sendiri memiliki kisah sejarah tersendiri dimana ada 4 (empat) poin yang melatarbelakanginya. Keempat poin tersebut, antara lain:

Poin Pertama

Stadion Keboen Sajoek umum dikenal juga dengan sebutan PSP oleh warga Pontianak.

Poin Kedua

Stadion ini merupakan salah satu tempat bersejarah karena di sinilah pertama kali Bendera Merah Putih dikibarkan di bumi Pontianak setelah Proklamasi 17-8-1945.

Poin Ketiga

Di salah satu sisi stadion, terdapat Monumen Relief Sejarah Perjuangan Kalimantan Barat, monumen yang memperingati poin kedua tadi sekaligus mengisahkan sejarah Kalbar melawan penjajah.

Poin Keempat

Upacara 17 Agustus tingkat Kota Pontianak setiap tahun diselenggarakan di stadion ini untuk mengingat sejarah poin kedua tadi.

DOKUMENTASI PUSAT OLEH-OLEH KHAS PONTIANAK

Pusat Oleh-Oleh Pontianak
Pasar PSP Pontianak – Sisi Kiri
Pusat Oleh-Oleh Pontianak
Akar Ginseng, Rumput Laut, dan Ikan Asin

Dari sekian banyak kios yang terdapat di pusat oleh-oleh khas Pontianak ini, ada dua kios besar yang cukup besar dan dikenal oleh pengunjung. Kedua kios ini bernama MADRID (khusus menjual hasil kerajinan tangan, aksesoris, dan cinderamata) dan ASIA (khusus menjual aneka macam makanan khas Pontianak).

HASIL LIPUTAN LANGSUNG KE PUSAT OLEH-OLEH KHAS PONTIANAK

Pusat oleh-oleh khas Pontianak ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam. Tidak perlu kuatir apabila ingin berbelanja dalam jumlah banyak karena para pemilik kios menyediakan jasa pengemasan paket secara gratis. Jadi para pengunjung tidak perlu repot lagi nantinya, tinggal dibawa karena semuanya sudah terkemas rapi.

BACA JUGA: PONTIANAK BUKAN HANYA SEKEDAR KOTA HANTU

Demikian satu tulisan Blogger Borneo mengenai pusat oleh-oleh khas Pontianak. Semoga saja tulisan ini bisa menjadi salah satu referensi informasi bagi para pengunjung yang datang ke negeri khatulistiwa. #VisitKalbar #Pontianak #KalimantanBarat (DW)

Keterangan:

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
8 Comments
  1. Ivan Purnawan says

    Keliatan nyaman sepertinya Pasar PSP ini, lengang, cukup bersih, penjual juga pembelinya terlihat cukup ramah. Tapi maap nih, saya sedikit curiga “Itu Akar Ginseng atau Koteka ya, kok jadi satu space ma ikan asin ?”
    Manteb bero, asik liputannya apalagi ada suguhan pideo singkat tuk perkuat hasil liputan.

    1. Blogger Borneo says

      Weeehhh… Koteka? Kecilnye gak, hahahaha… 😀

  2. adetruna says

    pengen ke sana lagi. bbr thn yg lalu sempat belanja di PSP waktu sepulang dari pelatihan saat itu bang 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Yukz kesini lagi Kang…

  3. Hastira says

    kalau ke pusat oleh2 suka kalap beli barang apalagi kalau unik dan jarang ada di daerah lainnya, trus aku suka cari batik khas suatu daerah

    1. Dwi Wahyudi says

      Hahahaha… Ga papa kalap untuk jadi kenangan kalau udah pernah ke suatu daerah 😉

  4. nur rochma says

    Pasarnya rapi dan bersih. Aduh, bisa kalap nih kalau ke pusat oleh-oleh.

    1. Dwi Wahyudi says

      Ditunggu kunjungannya Kak 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.