Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Cara Membuat Blog Gratis dengan WordPress

Pada tulisan kali ini Blogger Borneo ingin mengajak kepada teman-teman untuk belajar bagaimana cara membuat blog gratis menggunakan aplikasi Content Management System (CMS) dari wordpress. Syarat utama untuk bisa membuat blog adalah kita diharuskan memiliki sebuah alamat email aktif, bisa menggunakan layanan Yahoo!, Google, Hotmail, dan lain-lain. Dari beberapa pihak penyedia CMS yang ada, WordPress cenderung lebih banyak digunakan oleh para blogger di dunia. Hal ini dikarenakan WordPress lebih lengkap dan familiar sehingga mudah dalam pengaplikasiannya.

Oke, tanpa panjang lebar lagi mari kita langsung menuju halaman utama WordPress.Com.

Tampilan gambar diatas merupakan halaman utama wordpress. Secara default bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris, akan tetapi kita dapat mengubahnya menjadi bahasa Indonesia melalui menu pilihan yang ada dibagian atas tampilan. Tekan menu tombol Get started here untuk memulai proses pendaftaran.

Isikan data-data yang diminta seperti: Blog Address (nama blog), Username, Password, dan Confirm. Untuk nama blog, wordpress akan melakukan pemeriksaan otomatis untuk memastikan nama yang akan digunakan masih tersedia. Pada field isian username biasanya akan langsung terisi dengan nama alamat blog sebelumnya, berikutnya lanjutkan dengan mengisi password dan tuliskan kembali password yang telah diisi sebelumnya pada field confirm.

Sekarang isikan data alamat email valid yang akan digunakan, untuk bahasa dashboard silahkan pilih ingin menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia. Jika semua field sudah terisi silahkan menekan menu tombol Create Blog dibagian bawah form.

Isi data First Name (Nama Depan), Last Name (Nama Belakang), dan About Yourself (Deskripsi Blog). Klik menu tombol Save Profile, pastikan alamat emailnya benar kemudian dilanjutkan dengan mengklik menu tombol Update e-mail dibawahnya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tampilan gambar dibawah ini:

Jika sudah, sekarang saatnya kita melakukan proses aktivasi akun melalui email konfirmasi yang telah dikirimkan. Buka email konfirmasi dari wordpress dan klik menu tombol Active Blog.

Sekarang akun wordpress yang dibuat sudah aktif, kita akan langsung dibawa menuju tampilan dashboard blog wordpress yang kita buat sebelumnya. Disini merupakan area kerja blog wordpress dimana semua proses membuat postingan, menambah plugin, mengganti theme, memasukkan video dan gambar, serta aktivitas admin lainnya. Jika dilihat sekilas, ada beberapa tambahan fasilitas yang diberikan wordpress pada versi terbarunya kali ini. Coba kita buka jendela browser baru dan ketik nama blog kita, maka akan muncul tampilan depan blog wordpress kita masih dengan menggunakan theme standar.

Oke, karena blog http://najwaneducation.wordpress.com sudah berhasil dibuat maka sampai disini dulu tulisan saya kali ini. Mengenai bagaimana penggunaan dashboard wordpress akan saya buat lagi di tulisan berikutnya. Sekian dulu pengenalan mengenai cara membuat blog gratis menggunakan wordpress. Untuk mengenal lebih dalam mengenai fasilitas yang dimiliki oleh wordpress dapat membacanya di Panduan WordPress Lanjutan. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
4 Comments
  1. trus cara postingnya gmn gan,, coz gak pernah pke wordpress sama sekali
    he..he..he… newbie

  2. Thoriq says

    Thank you very much!

  3. Alfa Trophy says

    Mas bagaimana caranya membuat Blog agar bisa dilihat banyak orang ya,,,?? Blog saya sepi banget Nich ,Makasih pencerahan nya

    1. Blogger Borneo says

      Buat konten yang menarik dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya, terus banyak2 berkunjung dan sharing di social media yang dimiliki. Lama kelamaan bakalan ramai juga kok, yang penting tetap konsisten untuk selalu menulis ya. 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.