Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop

Cara meningkatkan penjualan online dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan social media. Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat, khususnya dibidang internet dan social media menyebabkan terjadinya pergeseran sistem kerja dan cara seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa disadari, kemudahan menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter banyak memunculkan pengusaha-pengusaha online baru yang umumnya didominasi oleh kaum muda. Jika dulu untuk memulai sebuah bisnis kita harus memiliki modal yang lumayan besar, sekarang dengan adanya social media kita dapat memangkas semua biaya operasional awal yang dibutuhkan, seperti: biaya sewa toko, gaji pegawai, beli peralatan dan perlengkapan toko, dan lain-lain.

Sukses Memulai Bisnis

Seiring dengan pertumbuhan pengusaha online yang semakin banyak, tentunya tidak semua akan bisa muncul ke permukaan. Dengan kata lain, tingkat persaingan di dunia maya untuk pengusaha-pengusaha online yang menjalankan bisnis produk sejenis akan semakin mengalami peningkatan juga. Pada kasus ini, saya berbicara khusus tentang usaha-usaha yang memiliki produk riil baik itu dalam bentuk jasa maupun dagang dimana dalam melakukan promo pemasarannya mereka menggunakan media online. Oleh karena itu, berikut saya akan berikan beberapa cara meningkatkan penjualan online bisnis Anda.

Cara 1 : Ciptakan Personal Branding

Dalam bisnis online, faktor kepercayaan sangat memegang peranan penting. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis dimana pada awalnya ketika calon pembeli ingin memesan produk yang saya jual, prosesnya cukup panjang. Ya bisa jadi ini dikarenakan tingkat kepercayaan mereka masih belum 100% sehingga sebelum membeli produk secara online, mereka ingin menyakinkan dulu bahwa usaha saya adalah benar. Untuk saat sekarang kondisinya telah berbeda, tanpa panjang lebar lagi calon pembeli langsung menghubungi saya via sms atau telepon untuk memastikan stok produk dan update harganya. Setelah oke, mereka transfer uangnya dan sesegera mungkin produk dikirim. Sangat cepat bukan? Personal branding dapat dibentuk melalui interaksi antar sesama pengguna social media atau melalui tulisan-tulisan yang dibuat diblog.

Fasilitas Toko Online Murah LakuBGT

Cara 2 : Maksimalkan Social Media

Jika selama ini kita menggunakan social media seperti facebook dan twitter hanya sebagai alat untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan pengguna lain, mulai sekarang gunakan media-media online tersebut untuk berpromosi dan berjualan. Khusus bagi facebook sendiri, kita dapat menggunakan fasilitas Fans Page. Gunakan nama sesuai merek dagang kita atau minimal masih memiliki keterkaitan dengan bidang usaha yang dijalankan. Selain melakukan promo produk, berikan juga tips-tips bermanfaat dan menarik sehingga para pengguna tertarik untuk bergabung dan mengikuti secara rutin perkembangan status di fanspage kita. Jadi tidak terkesan kita hanya ingin memperoleh keuntungan dari berjualan produk tanpa memperhatikan aspek sosial kepada para pelanggan.

Cara 3 : Gunakan Fasilitas Toko Online Murah

Sistem Afiliasi Toko Online LakuBGTBelakangan ini banyak bermunculan vendor-vendor yang menyediakan jasa pembuatan toko online murah, salah satu diantaranya adalah LakuBGT. Dalam prakteknya, LakuBGT menyatukan konsep antara toko online dengan facebook sehingga bisa saling terintegrasi. Selain itu ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki, seperti: tersedia versi trial 30 hari, bebas konfigurasi, bisa melakukan monitoring setiap saat, SEO friendlye, real-time email notification, terkoneksi dengan 137 bank di Indonesia, memiliki fasilitas rekening bersama, terintegrasi dengan ekspedisi pengiriman, multi user, dan lain sebagainya.

Selain itu, bagi para pengusaha online pengguna toko online murah LakuBGT bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sistem afiliasi toko online yang diterapkan. Disini para pengguna harus mendaftar dulu sebagai user afiliasi untuk memperoleh link promo afiliasi, sebarkan link ini di website, banner, facebook, twitter dan lain-lain. Bagi setiap calon member LakuBGT yang mendaftar melalui link afiliasi tersebut, komisi akan masuk begitu member ini melakukan proses upgrade akun LakuBGT nya. Untuk besar komisinya tergantung dari kategori upgrade yang dilakukan, antara lain: Facebook Travel, Facebook Commerce, dan Facebook Deal. Lumayan bukan?

Cara 4 : Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik

Dalam ilmu marketing, ada istilah yang mengatakan bahwa “pembeli itu adalah raja”. Ini terkait dengan tingkat pelayanan yang diberikan baik itu sebelum terjadinya penjualan atau setelah terjadinya penjualan (purna jual). Untuk pelayanan sebelum penjualan, tersedianya informasi detail mengenai sebuah produk dan harga jual bersaing akan menjadi pertimbangan seorang calon pembeli jadi atau tidak memesan produk tersebut. Sediakan kemudahan dalam melakukan pembayaran sehingga calon pembeli tidak perlu repot lagi ke kantor ATM terdekat untuk transfer pembayaran. Kebetulan LakuBGT juga menyediakan fasilitas pembayaran online mudah, nyaman, dan cepat menggunakan iPaymu.

httpv://youtu.be/8uMTPpreItA

Sedangkan untuk pelayanan purna jual, hal ini terkait dengan proses pengiriman, kualitas barang, dan klaim garansi jika dibutuhkan. Ingat, loyal tidaknya seorang pembeli untuk berbelanja di toko online kita sangat berpengaruh disini karena begitu mereka merasa kecewa setelah menerima produk dipesan jangan harap mereka akan berbelanja lagi dengan kita.

Cara 5 : Update Produk Sesuai Tren

Untuk beberapa jenis kategori produk akan sangat dipengaruhi oleh model dan desain terbaru tergantung tren pasar. Oleh karena itu, update produk sangat penting dilakukan disini. Masyarakat Indonesia termasuk dalam kategori konsumen yang paling mengikuti tren pasar terbaru, jadi jika kita ingin terus dikunjungi selalu tunjukkan produk-produk terbaru di toko online kita. Jika perlu berikan info mengenai penawaran produk terbaru, bisa dilakukan melalui email ataupun sms.

Cara 6 : Target Menjadi UKM yang Berdaya Saing

Usaha Kecil Menengah merupakan satu bentuk usaha yang memiliki kekayaan paling bersih maksimal 200 juta belum termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Untuk pengusaha online sendiri bisa dimasukkan dalam kategori UKM, dengan catatan mereka memiliki bidang usaha dan produk yang jelas. Dalam hal ini, media online digunakan sebagai salah satu alat bantu dalam membantu meningkatkan penjualan produknya masing-masing. Dan sudah dibuktikan pada saat Indonesia mengalami krisis ekonomi di tahun 1996, para pelaku UKM masih mampu bertahan dimana pengusaha-pengusaha besar secara perlahan berguguran.

Cara 7 : Gabung Komunitas Pengusaha

Kondisi jenuh dan buntu pikiran terkadang menjadi kendala klasik seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Menjadikan komunitas pengusaha sebagai tempat curhat dan berbagi pengalaman adalah salah satu solusinya. Carilah info sebanyak-banyaknya mengenai sebuah komunitas pengusaha dan jika dianggap memenuhi syarat, masuklah kedalamnya. Insya Allah nantinya kita akan memperoleh banyak ilmu dan pengalaman baru terkait bidang usaha yang sedang dijalankan. Dan bisa aja dari kumpul-kumpul ini kita dapat semakin mengembangkan jaringan bisnis kita dengan mengajak anggota lain untuk bekerjasama. Bukan tidak mungkin kan?.

Oke, demikian 6 cara meningkatkan penjualan online yang menurut saya bisa diterapkan teman-teman pengusaha online sekalian. Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat yach. Selamat berbisnis Friends… (DW)

Sumber Gambar:

  • http://lakubgt.com/
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
16 Comments
  1. ndop says

    pembeli adalah raja itu khusus pembeli yg baik. Kalau yg resek ya beda lagi hahaha #curcol

    1. Dwi Wahyudi says

      Kalau Anda masuk dalam kategori mana Bro? Raja yang baik atau yang resek? Hahahhaa…

  2. Rental Mobil Pontianak says

    Tulisan menarik, sepertinya patut untuk dicoba. Kebetulan baru mau promokan produk secara online. Btw, ma kasih atas sharingnya yach… 🙂

  3. download says

    artikel yang bermanfaat gan..

    Download Software Terbaru 2014

    1. Dwi Wahyudi says

      Oke Bro, thanks… 🙂

  4. Jaya Raya Rent Car says

    Kalau berminat sewa mobil di Pontianak langsung contact saya aja ya Bang, sorry kalau komentarnya agak kurang nyambung. Ini kan salah satu teknik promonya juga, hehehehe… 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Nyisip komentar di salah satu tulisan untuk promo, mantep. Hehehehe…

  5. Petrus Andre says

    menarik nih bang, sistem penjualan secara online memang sudah menjadi pilihan banyak orang sekarang, selain menghemat tempat dan biaya, sistem penjualan online juga bisa meraih lebih banyak keuntungan 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Bro, lebih efisien sepertinya jika kita menggunakan media online sebagai alat peningkatan bisnis kita.

  6. Sirau News says

    Cara penjualan ini sangat bermafaat bagi anda-anda yang mempunyai toko online 😉

  7. Ambari says

    sangat komplit tipsnya,,mudah-mudahan makin banyak pengusaha muda yang bermunculan dari Bisnis Online ini.,, 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Bro, sharing basic aja sih buat pemula. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman pengusaha online di Indonesia.

  8. Asep Haryono says

    Wah keren keren ieiehiee. Dari dulu saya sudah pengen punya Toko online

  9. Rohani Syawaliah says

    Same macam kameklah, jualan rumahwhatsapps pake facebook dan twitter jak. Hasilnya lumayan banget Bro.

  10. pasnem says

    satu lagi… berdoa menurut keyakinan masing – masing 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Aminnnn… 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.