Home Review Film Umar bin Khattab Subtitle Bahasa Indonesia

Film Umar bin Khattab Subtitle Bahasa Indonesia

Film Umar bin Khattab
Image: MBC Group
Aplikasi Akuntansi Online

Film Umar bin Khattab – Diantara para sahabat Nabi, Umar bin Khattab Radhiyallahu Anhu dianggap sebagai seorang pemimpin yang hebat dan memiliki suri tauladan setelah Rasulullah wafat. Hal ini dapat diketahui dari beberapa hadits yang menyebutkan bahwa sahabat Nabi Muhammad Shalallohu ‘Alaihi Wasalam kedudukannya utama setelah Abu Bakar.

Umar bin Khattab mendapat julukan yang diberikan oleh Rasulullah yaitu “Al-Faruq” yang artinya seseorang yang dapat memisahkan antara kebenaran dan kebatilan. Di masa kepemimpinannya, kekhalifahan menjadi salah satu kekuatan besar baru di wilayah Timur Tengah.

Selain menaklukan Kekaisaran Sasaniyah yang sudah melemah hanya dalam kurun waktu dua tahun (642-644 SM), Umar bin Khattab Radhiyallahu Anhu berhasil mengambil alih kepemimpinan dua per tiga wilayah Kekaisaran Romawi Timur. Perluasan wilayah ini juga diikuti dengan berbagai pembaharuan di beberapa bidang.

Film Umar bin Khattab

Di Bidang Pemerintahan dan Politik, Umar bin Khattab membentuk divisi khusus yang fungsinya sebagai tempat masyarakat mengadukan berbagai hal terkait dengan tindak tanduk para pejabat maupun kebijakan pemerintahannya sendiri.

Sedangkan di Bidang Ekonomi, Umar bin Khattab mendirikan divisi yang diberi nama Baitul Mal. Baitul Mal berarti rumah untuk mengumpulkan atau menyimpan harta. Baitul Mal adalah suatu lembaga atau pihak (Al Jihat) yang mempunyai tugas khusus menangani segala harta umat, baik berupa pendapatan maupun pengeluaran negara.

Beberapa pembaharuan yang dilakukan oleh Umar bin Khattab ketika masa pemerintahannya membuat Beliau dikenal sebagai salah satu khalifah paling berpengaruh sepanjang sejarah. Dan untuk menggambarkan bagaimana Islam mencapai masa kejayaannya di masa Umar bin Khattab Radhiyallahu Anhu, MBC Group berkolaborasi bersama Qatar Television memproduksi Film Umar bin Khattab.

Karena bersifat sejarah dan tak ingin melakukan kesalahan dalam proses pembuatan film ini, MBC Group dan Qatar Television meminta beberapa ulama terkemuka, seperti: Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi, Salman Al-‘Audah, Ali Al-Shalabi, dan beberapa ulama lainnya untuk mengawasi proses pembuatan film ini dari awal hingga akhir.

RajaBackLink.com

Sinema Islami Fenomenal

Dalam proses pembuatannya, Film Umar bin Khattab dapat dianggap sebagai salah satu karya sinema islami yang cukup fenomenal karena menghabiskan biaya produksi sekitar 200 Juta Riyal atau setara dengan 6,7 Miliar Rupiah.

Selain itu, film yang dibuat dalam format serial sebanyak 30 episode ini mampu mendulang sukses besar khususnya di berbagai negara Islam, Indonesia salah satu diantaranya.

Di beberapa kesempatan khususnya di bulan Ramadhan, film Umar bin Khattab sempat tayang dimana sudah dapat ditonton dengan subtitle Bahasa Indonesia.

Ratusan Aktor Film

Sebagai film kolosal, ratusan aktor turut andil dalam film ini. Untuk pemeran utama Umar bin Khattab Radhiyallahu Anhu diperankan oleh Samir Ismail. Sedangkan sosok Abu Bakar Radhiyallahu Anhu diperankan oleh Ghassan Massoud.

Umar bin Khattab dan Abu Bakar
Image: MinaNews.Net

Beberapa aktor lain yang turut bermain dalam film Umar bin Khattab ini, antara lain: Ghanim Zarly (sebagai Ali bin Abi Thalib). Tabir Al-Irbid (Utsman bin Affan), Qasim Melho (Amru bin Ash), Jawad Shakerji (Abu Jahal), Muhammad Miftah (Hamzah), Arej Khedour (Fatimah saudari Umar) dan lain sebagainya.

Lokasi syuting film ini bertempat di berbagai kota di beberapa negara, antara lain: Maroko, Marakesh, Thanjah, Casablanca, dan lain-lain.

Syuting film Umar bin Khattab dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih 300 hari dari tahun 2010 hingga 2012 dengan keikutsertaan 30 ribu orang awak kru dan aktor. Film kolosal islami ini didukung penuh oleh Pemerintah Qatar.

Daftar Isi Film

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa film Umar bin Khattab dibuat dalam 30 episode dimana setiap episodenya memiliki jalan cerita teratur dari sejarah awal Umar bin Khattab masuk Islam hingga Beliau wafat.

Film ini tidak hanya bercerita mengenai kisah hidup sahabat Nabi Shalallohu ‘Alaihi Wasalam Umar bin Khattab, melainkan juga mengisahkan mengenai semua para sahabat yang hidup semasa Rasulullah dimulai pada masa jahiliyah sampai dengan kejayaan islam.

Berikut merupakan daftar episode film Umar bin Khattab:

  • Episode 01: Umar ibn Al-Khattab;
  • Episode 02: Islam Dimulai;
  • Episode 03: Pesan Muhammad, Abu Lahab akan Dikutuk di Surah Lahab;
  • Episode 04: Urusan Keluarga, Abu Hudhayfa Mengadopsi Budaknya, Rencana untuk Menyiksa dan Memboikot Umat Islam;
  • Episode 05: Penganiayaan Terhadap Muslim oleh orang Mekah;
  • Episode 06: Bilal ibn Rabah Mendapatkan Kebebasan dan Memeluk Islam;
  • Episode 07: Migrasi ke Abyssinia;
  • Episode 08: Umar memeluk Islam, Khutbah Pertama Muhammad Shalallohu Alaihi Wasalam;
  • Episode 09: Boikot Terhadap Muslim, Kekacauan di Masjid al-Haram;
  • Episode 10: Hijrah ke Yathrib, Madinah, dan Membangun Masjid Nabawi;
  • Episode 11: Pertempuran Badar, kematian Abu Jahl, Umayyah bin Khalaf dan Utbah ibn Rabi’ah;
  • Episode 12: Tahanan Perang Badr, Sabat, Rencana Quraisy untuk Pertempuran Kedua Melawan Muslim;
  • Episode 13: Pertempuran Uhud, Wafatnya Hamza bin Abdul-Muttalib, dan Menggali Parit;
  • Episode 14: Pertempuran Khandaq, Wafatnya Amr ibn Abd Al-Wud, Invasi Bani Qurayza, dan Perjanjian Hudaibiyah;
  • Episode 15: Perjuangan Abu Baseer, Tahun Delegasi, dan Haji Pertama;
  • Episode 16: Khalid ibn Al-Walid dan ‘Amr ibn Al-‘As Memeluk Islam Serta Penaklukan Mekah;
  • Episode 17: Abu Sufyan dan Beberapa Orang Lainnya Memeluk Islam, Wafatnya Utusan Tuhan;
  • Episode 18: Abu Bakar Menjadi Khalifah Pertama dan Pertempuran Melawan Orang-Orang yang Tidak Membayar Zakat;
  • Episode 19: Bangkitnya Sajah dan Perang Ridda;
  • Episode 20: Pertempuran Yamama Melawan Musaylimah, Wafatnya Abu Hudhayfa bin Utbah, Zayd ibn Al-Khattab dan Salim Mawla bin Abu Hudhayfa;
  • Episode 21: Penaklukan Muslim atas Persia;
  • Episode 22: Wafatnya Abu Bakar, Umar menjadi khalifah kedua, Pertempuran Yarmouk;
  • Episode 23: Pertempuran Yarmouk Melawan Theodore Trithyrius;
  • Episode 24: Penaklukan Muslim atas Levant;
  • Episode 25: Umar dan Rakyatnya;
  • Episode 26: Pengepungan Damaskus;
  • Episode 27: Pertempuran Al-Qadisiyyah Melawan Sassaniyah;
  • Episode 28: Pengepungan Yerusalem;
  • Episode 29: Tahun Kelaparan;
  • Episode 30: Wabah dan Penaklukan Mesir;
  • Episode 31: Kematian Umar ibn Al-Khattab dan Pemilihan Utsman.

Keterangan: Episode 30 dan 31 Merupakan Satu Seri

Hadits Menghindari Wabah Penyakit

Hadits Nabi Mengenai Menghindari Negeri yang Sedang Dilanda Wabah Penyakit
Image: MBC Group

Dalam satu kisah ketika #UmarbinKhattab hendak berkunjung ke Negeri Syria, di batas negeri Beliau langsung ditunggu Abu Ubaida bersama beberapa orang pasukannya.

Melihat sambutan tersebut, Umar bin Khattab sempat kaget dan bertanya ada apa gerangan. Abu Ubaida pun menjelaskan bahwa negerinya sedang dilanda wabah penyakit Tho’un dan banyak rakyatnya menjadi korban.

Setelah sempat berdiskusi, akhirnya Umar bin Khattab mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan perjalanan ke kota Damaskus dan langsung kembali ke Madinah.

Kisah ini terdapat dalam Episode 30 Film Umar bin Khattab Subtitle Bahasa Indonesia. Episode ini merupakan episode terakhir dimana Umar bin Khattab meninggal karena dibunuh oleh Abu Lu’luah ketika sedang menjadi imam sholat subuh.

Download Film Umar bin Khattab

Untuk dapat melakukan proses download film Umar bin Khattab Subtitle Bahasa Indonesia tidak mudah karena harus memiliki akses internet yang stabil dan cepat karena rata-rata per episode memiliki ukuran file sekitar 300-an megabyte.

Bagi siapa saja yang ingin memiliki koleksi film Umar bin Khattab Subtitle Bahasa Indonesia dapat langsung menghubungi nomor WhatsApp via wa.me/62811561982. Nantinya semua episode akan disimpan dalam flashdisk berkapasitas 16GB.

Mengenai biaya, akan dikenakan penggantian sebesar Rp. 150.000,- per flashdisk diluar ongkos kirim. Karena kapasitas total filmnya adalah sekitar 11 giga an, maka untuk space lebihnya akan diisi dengan koleksi film Hasan Al Banna. Insya Allah akan semakin menambah wawasan kita sebagai umat Muslim. Amin… (DW)