Home Event Google Siap Hadirkan Kelas Womenwill Pontianak di Bulan Februari 2019

Google Siap Hadirkan Kelas Womenwill Pontianak di Bulan Februari 2019

Womenwill Pontianak
Image: Womenwill.Com

Setelah sebelumnya sukses melaksanakan program Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat (Gapura) Digital di beberapa kota di Indonesia termasuk Pontianak, Google akan kembali meluncurkan program yang serupa tapi tak sama yaitu Womenwill. Jika tidak ada kendala, Insya Allah kegiatan pertama Womenwill Pontianak akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Februari 2019 bertempat di Hotel Neo Pontianak dari jam 09.00-13.00 WIB.

Merasa baru dengan istilah ini, Blogger Borneo mencoba untuk mencari informasi hingga pada akhirnya ketemulah sebuah website resmi miliknya Womenwill Google yang beralamat di www.womenwill.com. Alhamdulillah dari situs ini, banyak pengetahuan dan wawasan bisa diperoleh.

WOMENWILL PONTIANAK

Womenwill merupakan salah satu program terbaru yang diinisiasi oleh Google untuk menciptakan peluang ekonomi bagi para kaum Wanita di seluruh dunia. Dengan adanya program ini, diharapkan mereka dapat berkembang dan berhasil dalam menjalankan usahanya.

Nantinya melalui aktivitas-aktivitas yang telah dibuat, para kamu Wanita dapat memaksimalkan teknologi untuk mengasah keterampilan, mendapatkan inspirasi, dan terhubung satu sama lain melalui pelatihan, acara, dan advokasi. Google bertujuan menggalakkan wacana yang mempromosikan persamaan gender agar kedepannya bisa memberikan keuntungan bagi semua pihak.

Baca Juga: Gapura Digital Pontianak

Objektif dari Womenwill Indonesia adalah menghapus kesenjangan peluang ekonomi. Banyak wanita Indonesia ingin berbisnis namun tidak tahu harus memulai dari mana atau dengan cara apa. Pernyataan ini dikutip langsung dari Fibriyani Elastria, pimpinan program Womenwill untuk Google Indonesia, pada saat Beliau menjadi narasumber di acara yang bertajuk “Membantu wanita Indonesia meraih lebih banyak peluang ekonomi adalah kunci untuk mencapai emansipasi dan kesejahteraan mereka” yang diselenggarakan di Surabaya dua tahun lalu.

Womenwill Google
Image: Womenwill.Com

UKM INDONESIA DIKUASAI WANITA

Sedangkan pada saat peluncuran Kelas Womenwill di Yogyakarta, Jum’at (28/09/2017), Putri Alam, Head of Public Policy & Government Relations Google Indonesia mengungkapkan bahwa  sebanyak 51% UKM di Indonesia dimiliki oleh wanita. Hanya saja yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah mengapa kontribusi yang diberikan hanya 9,1% saja dari PDB Indonesia? Padahal, sektor UKM menyumbang pendapatan yang cukup besar terhadap perekonomian Indonesia.

Dalam sebuah studi yang dilakukan, Google Indonesia memperoleh kesimpulan bahwa rata-rata wanita pengusaha mengalami tantangan dalam menyeimbangkan antara aktivitas bisnis dan peran domestik mereka dalam keluarga.

Dari keseluruhan sampel yang diambil, 61% wanita pengguna internet sebenarnya memang ingin bekerja, sedangkan sisanya 39% lebih tertarik untuk berwirausaha. Satu hal lagi, melalui studi ini Google juga menemukan bahwa ternyata 47% wanita pengusaha UKM belum memanfaatkan internet untuk mendukung bisnis mereka.

Konferensi Womenwill Yogyakarta Tahun 2018
Image: Femina.Co.Id

KONTRIBUSI GAPURA DIGITAL DAN WOMENWILL

Menurut informasi dilansir dari laman Femina.Co.Id, Kamis (20/12/2018), sejak tahun 2015 Google Indonesia telah melatih lebih dari 1 juta UKM melalui kombinasi antara pelatihan langsung dan program pelatihan digital, seperti Gapura Digital dan Womenwill. Ini menjadi kontribusi Google dalam membantu pemerintah untuk meraih target Indonesia 4.0, sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2030 nanti.

Khusus untuk Womenwill sendiri, program ini telah dimulai sejak 17 Mei 2017 yang diawali dengan terlaksananya konferensi Womenwill di enam kota, yaitu: Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, bali, dan Makassar. Selain itu, kelas reguler Womenwill telah diadakan secara rutin sejak April 2018 di Jakarta, Padang, Surabaya, dan Palembang. Yogyakarta adalah kota ke-5 diselenggarakannya kelas reguler Womenwill.

AKTIVITAS WOMENWILL PONTIANAK

Dalam aktivitasnya, kelas Womenwill Pontianak nanti akan diisi dengan materi-materi padat nan berisi yang didukung dengan tersedianya modul-modul pembelajaran. Beberapa materi terkait ilmu dasar untuk berbisnis yang akan diberikan, antara lain:

  • Kisah Sukses dan Tips Mengelola Usaha untuk Pengusaha Wanita.
  • Melatih Kemampuan Berkomunikasi.
  • Manfaat e-Mail dan Kalender untuk Usahamu.
  • Pentingnya Pemasaran Melalui Digital.
  • Media Sosial Untuk Usaha Anda.
  • Kembangkan Bisnis Anda dengan Google Bisnisku.

Google sangat optimis dengan dijalankannya program ini karena Wanita itu khas, kalau mereka berkumpul dan saling berbagi mereka seperti mendapatkan kekuatan dan menjadi kuat. Selain itu, bagi wanita, sukses tidak hanya untuk diri sendiri. Karena itu, setelah mereka ‘lulus’ dari pelatihan dan sukses mengaplikasikan dan memanfaatkan teknologi maka mereka memiliki keinginan untuk berbagi dan menjadi mentor bagi yang lain.

PROGRAM WOMENWILL 2019

Di tahun 2018, kelas Womenwill hanya ada di 5 kota, yaitu: Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Padang, dan Yogyakarta. Nah, di tahun 2019 ini Google berencana untuk menghadirkan kelas Womenwill di 12 kota di Indonesia, yaitu: Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Padang, Jakarta, Makasar, Malang, Padang, Palembang, Pontianak, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Kelas Womenwill diselenggarakan secara gratis setiap hari Sabtu dan Minggu. Bagi siapa saja yang berminat untuk menjadi peserta Womenwill Pontianak caranya sangat mudah, langsung saja mendaftar melalui websitehttps://www.womenwill.com/indonesia/events/

Diharapkan ketika kelas Womenwill Pontianak dimulai, semua peserta dapat mengikuti semua sesi selama dua hari secara penuh karena modul-modul materi akan diberikan per sesi. Jadi jangan lewatkan sekalipun kesempatan untuk mendapatkan ilmu yang lengkap mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis. Sampai berjumpa lagi di kelas Womenwill Pontianak. (DW)

Referensi:

  • https://www.womenwill.com/intl/id/
  • http://www.femina.co.id/biznews/womenwill-melatih-wanita-wirausaha-indonesia-untuk-mengembangkan-bisnis-dengan-digital
  • http://www.femina.co.id/biznews/menuju-indonesia-4-0-kelas-womenwill-hadir-di-yogyakarta
  • https://kumparan.com/kabarbisnis/bersama-womanwill-indonesia-google-dorong-pengusaha-wanita-go-online