Kilas Balik Blogger Borneo Kuliah di FEB Akuntansi UNTAN

Sempat bingung menentukan pilihan untuk masuk kuliah di jurusan apa, pada akhirnya Blogger Borneo memilih Jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura. Tidak terasa 18 tahun berlalu, entah kenapa jari ini tergelitik untuk menuliskan kisahnya kembali.

Blogger Borneo merupakan salah seorang lulusan dari Sekolah Menengah Umum Negeri 3 Pontianak (SMUNTA) yang mencoba peruntungan nasib untuk dapat masuk dan berkuliah di Universitas Tanjungpura Pontianak. Bermodalkan NEM pas-pasan pada saat itu, Blogger Borneo memberanikan diri untuk memilih jurusan Akuntansi sebagai pilihan utama dari dua pilihan yang disediakan.

Sebenarnya untuk pilihan kedua, Blogger Borneo memilih jurusan Manajemen namun sepertinya itu hanya formalitas semata karena ketika sepulangnya dari tempat pendaftaran, Blogger Borneo langsung mengajak Bapak untuk berdiskusi mengenai pilihan alternatif yang dipilih. Intinya meskipun pilihan jurusan alternatif telah dipilih, namun Blogger Borneo tidak akan mengambilnya. Adapun STMIK Pontianak menjadi “Plan B” jika pada akhirnya tidak lulus di Akuntansi. Bapak pun menerima keputusan ini dengan lapang dada.

Hingga pada saatnya keputusan resmi mengenai hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pontianak (UMPTN) diumumkan melalui media cetak, Alhamdulillah nama Blogger Borneo masuk dalam daftar dan lulus untuk jurusan pilihan utama. Ternyata Allah telah memilihkan jalan yang terbaik dan Blogger Borneo langsung melakukan sujud syukur dan berkali-kali mengucap Alhamdulillah.

ALASAN MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI UNTAN

Pada saat itu, Blogger Borneo merupakan angkatan ke-IV dimana perubahan Akuntansi dari sebelumnya Program Studi (Prodi) menjadi Jurusan baru dilakukan pada tahun 1996. Jika dilihat berdasarkan jumlah peserta tes yang memilih Jurusan Akuntansi dengan jumlah mahasiswa yang akan diterima, perbandingannya masih sekitar 1:10. Masih cukup merasa optimis untuk dapat lolos menyisihkan 9 orang lainnya.

Jika ditanya kenapa pada akhirnya memilih Akuntansi sebagai pilihan utama, semuanya kembali lagi kepada kisah ketika Blogger Borneo mendapat nilai 9,8 untuk ulangan umum Kelas 2 mata pelajaran Akuntansi dimana pada saat itu soalnya dalam bentuk kasus. Jadi proses pengerjaan dilakukan dari awal adanya transaksi hingga proses akhir terbentuknya Laporan Keuangan.

Dari semua baris transaksi yang ditulis secara manual, hanya terdapat satu coretan di lembaran Neraca Saldo Setelah Penyesuaian. Masih cukup kuat ingatan di kepala, guru yang menjadi pengampu pada saat itu adalah Bu Wigati. Sebelumnya Blogger Borneo mengucapkan terima kasih kepada Beliau dan tentu saja guru-guru lainnya yang telah mengajari kami para siswanya dengan sepenuh hati. Insya Allah semua kerja keras dan ikhtiar mereka dicatat Allah SWT sebagai amal jariyah mereka nanti. Aminnn…

MELIHAT POTENSI LAPANGAN PEKERJAAN

Melihat potensi lapangan pekerjaan di masa mendatang juga menjadi salah satu alasan kenapa Blogger Borneo memilih jurusan Akuntansi. Ya kita ketahui sendiri sampai kapanpun bidang KEUANGAN tidak akan pernah hilang dari muka bumi ini. Semua aspek sebenarnya tetap akan memiliki keterkaitan dengan yang namanya pencatatan akuntansi, oleh karena itu kemungkinan lapangan pekerjaannya akan selalu ada. Sekarang tinggal kembali lagi kepada diri personal masing-masing, apakah bisa mengembangkan diri sehingga akan selalu mengikuti perkembangan jaman dan teknologi informasi yang terus terjadi.

Untuk alasan terakhir, Blogger Borneo hanya mau bilang jika para dosennya sangat ramah, baik hati, dan tidak sombong. Kalau masalah ganteng atau cakep, itu relatif sifatnya. Tapi coba perhatikan penampakan foto di atas, bagaimana menurut kawan-kawan sekalian? Memang foto tidak bisa berbohong ya, always looks young and smart. 😉

Baca Juga: Bersama UNTAN Membangun Negeri

Meskipun sudah 18 tahun berlalu, namun Blogger Borneo tetap menjaga tali silaturahim sejak masih menjadi mahasiswa terhadap para dosen hingga saat sekarang ini. Terutama untuk Bu Nella Yantiana yang pada saat itu menjadi Dosen Pembimbing (PA), Beliau selalu bisa menjadi tempat curhat yang baik ketika rasa galau mendera hati ini. Eeeaaa… So Suittt… #OffTheRecordYak

Buat dosen-dosen yang lain, Blogger Borneo juga ucapkan terima kasih karena telah membimbing Blogger Borneo dari seorang yang bukanlah siapa-siapa menjadi seorang yang luar biasa dan bermanfaat bagi orang banyak. Amin… Insya Allah…

Demikian tulisan singkat Blogger Borneo mengenai kisah balik ketika masuk dan kulian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak. Semoga kisah ini dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa baru yang pada penerimaan tes kemarin lolos seleksi dan diterima masuk di Jurusan Akuntansi FEB UNTAN. Salam almamater… (DW)

 

 

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More