Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Kue Bingke Pontianak, Tampak Manis di Mata dan Terasa Pecah di Mulut

Kue Bingke Pontianak merupakan salah satu jenis kuliner yang sering dijadikan oleh-oleh khas dari kota Pontianak.

Lomba Blog Ulang Tahun Gandjel Rel ke 2Dalam satu kesempatan, Blogger Borneo mendapat undangan untuk datang ke salah satu lokasi usaha kuliner khas yang ada di kota Pontianak yaitu Bingke Kamboja. Di antara produk oleh-oleh khas Pontianak, Kue Bingke termasuk salah satu yang sering dicari oleh para tamu atau pengunjung. Sebenarnya sudah ada beberapa brand untuk jenis kuliner ini, namun khusus untuk Bingke Kamboja sepertinya memiliki daya tarik tersendiri sehingga Blogger Borneo dengan senang hati menerima undangan dari pengelola usaha tersebut.

Nuansa modern, minimalis, dan dingin Blogger Borneo rasakan ketika masuk ke toko miliknya Bingke Kamboja. Etalase transparan yang digunakan untuk menyimpan jenis-jenis kue bingke dan beberapa produk kuliner khas Pontianak lainnya tampak cukup bersih dan lebih bercahaya sehingga dengan mudah para pengunjung bisa memilih langsung jenis kue bingke yang diinginkan.

Kue bingke Pontianak memiliki banyak varian rasa, diantaranya rasa original, rasa susu, rasa pandan, rasa keju susu, rasa ubi dan banyak varian rasa lainnya. Pada dasarnya kue bingke memiliki 2 varian, yaitu bingke biasa yang teksturnya agak kering dan bingke berendam yang dimana teksturnya agak lembek dan basah. Bingke biasa dimasak dengan cara di panggang sedangkan bingke berendam dimasak dengan cara di kukus.

Kue Bingke Pontianak Rasa Pandan
Kue Bingke Pontianak Rasa Pandan (Sumber: Dok. Pribadi)

Penampakan foto diatas merupakan salah satu jenis kue bingke Pontianak yang paling Blogger Borneo sukai yaitu Bingke Pandan. Foto tersebut Blogger Borneo ambil menggunakan kamera smartphone ASUS ZenFone 3 ZE520KL, gimana hasilnya? Cukup menarik bukan? Fitur PixelMaster Camera yang dimiliki membuat Blogger Borneo mampu membuat hasil jepretan lebih tampak berwarna meski hanya menggunakan mode otomatis. Hasilnya sudah sangat memuaskan meskipun Blogger Borneo bukanlah seorang fotografer handal.

Selain lebih menarik dilihat karena perpaduan warna kuning dan hijaunya yang pas, kue bingke pandan ini juga memiliki tekstur lembut karena dimasak dengan cara dikukus. Bingke pandan termasuk varian bingke berendam, sehingga ketika masuk dalam mulut akan langsung terasa “pecah” dan lumer. Coba perhatikan cairan hijau yang tampak disekelilingnya, sudah bisa terbayang bukan bagaimana rasanya? Dijamin nyummiiiiiiiiii… 😉

Untuk proses pembuatan kue bingke Pontianak bisa dibilang gampang gampang susah. Memang secara praktek Blogger Borneo belum pernah membuat kuliner khas Pontianak ini secara langsung, namun dari informasi yang diperoleh berikut adalah resep-resep yang diperlukan, antara lain:

  • 3 Butir Telur;
  • 150 Gram Gula Pasir;
  • 1 Butir Kelapa yang Diparut;
  • 30 Lembar Daun Suji;
  • 2 Lembar Daun Pandan.
Cetakan Kue Bingke Pontianak
Cetakan Kue Bingke Pontianak (Sumber: Dok. Pribadi)

Sedangkan untuk proses pembuatannya, berikut merupakan langkah-langkahnya:

  • Campurkan kelapa parut dan daun suji, tambahkan dengan 300 mililiter air. Peras lalu saring, sisihkan 250 mililiter santan daun suji tadi;
  • Kocok lepas telur, tambahkan gula pasir, kocok lagi perlahan hingga gula larut;
  • Tambahkan santan daun suji, aduk rata;
  • Olesi cetakan khusus tahan panas dengan minyak goreng, kemudian masukkan adonan kedalam cetakan khusus tersebut.
  • Ambil loyang berukuran 30×40 cm dan tambahkan sedikit air. Rendam cetakan khusus tahan panas berisi adonan bingke, panggang selama 40 menit dengan suhu sekitar 150 derajat celsius sampai matang. Kue Bingke Pontianak siap dihidangkan.

Salah satu jenis kuliner khas Pontianak ini akan paling banyak ditemui ketika bulan Ramadhan tiba, hal ini dikarenakan Kue Bingke Pontianak umumnya dikonsumsi ketika berbuka puasa. Rasa manis dengan tekstur lembut membuat kue ini menjadi pilihan tepat untuk mengembalikan kondisi perut yang kosong hampir seharian.

Kue Bingke Pontianak
Kue Bingke Pontianak (Sumber: Dok. Pribadi)

Hasil dokumentasi diatas Blogger Borneo ambil masih menggunakan ASUS ZenFone 3 ZE520KL, sedangkan untuk smartphone yang menjadi obyek foto Blogger Borneo menggunakan ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL. Khusus pada seri smartphone ASUS terbaru ini, kamera utama sudah memiliki kualitas hingga 16 MP dengan tetap mengusung fitur PixelMaster Camera sebagai pendukung kualitas hasil jepretan. Alhamdulillah sampai detik ini Blogger Borneo masih merasa cukup puas dengan kualitas kamera yang dimiliki oleh ASUS ZenFone 3. Jadi saran saya kepada kawan-kawan yang untuk saat ini sedang mencari atau ada rencana untuk mengganti smartphone-nya, ASUS ZenFone 3 bisa menjadi pilihan utama. 😉 (DW)

Keterangan:

  • Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
2 Comments
  1. Aang Verianto says

    jauh juga ya kalo kepontianak , , kapan kapan mau coba

  2. ade nana says

    kue bingke memang ciri khas pontianak, saat saya bertemu temen serantauan di daerah jawa. pertanyaan pembuka mereka adalah “ada bawa bingke, tada ?”

Leave A Reply

Your email address will not be published.