Lakukan 12 Tips Ini untuk Menikmati Samsung Gear VR dengan Puas

Teknologi Virtual Reality saat ini tengah menjadi idola bagi para pengguna gadget. Teknologi yang satu ini menawarkan menonton gambar virtual yang tampak secara nyata sehingga bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemakainya.

Semakin larisnya headset Virtual Reality tersebut membuat beberapa merk gadget mulai menciptakan produk VR versi mereka. Salah satunya yakni Samsung yang merupakan satu dari beberapa produk gadget terbesar di dunia. Tak kamu kalah dengan yang lainnya, Samsung meluncurkan produk Virtual Realitynya yang diberi nama Samsung Gear VR.

Samsung Gear VR akan memberikan pengalaman menonton gambar virtual yang tampak secara nyata dan seru. Bahkan, jika Anda bermain game dengan Samsung Gear VR ini Anda akan tampak terlibat di dalamnya. Nah, untuk memberikan kepuasan saat menggunakan Samsung Gear VR, tentunya Anda harus mengetahui beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk bisa menggunakannya secara optimal.

Untuk memberikan kepuasan bagi Anda saat menggunakan Samsung Gear VR yang satu ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Download Terlebih Dahulu Konten yang Anda Inginkan

Agar bisa menikmati perangkat VR dari Samsung, langkah awal yang harus Anda lakukan ialah dengan mendownload terlebih dahulu konten yang Anda inginkan tanpa harus menggunakan perangkat VR. Mengapa? Jika Anda mendownload konten yang Anda inginkan dan dengan menggunakan perangkat VR, hal ini hanya akan membuat mata Anda menjadi cepat lelah.

Anda bisa mendapatkan konten yang ingin Anda jalankan lewat sebuah aplikasi Oculus store yang dapat diinstal secara langsung di lamannya. Cara mengunduhnya pun sangatlah mudah.

2. Bersihkan Layar Smartphone dan Perangkat VR

Hal yang satu ini sering sekali diabaikan. Padahal, membersihkan layar smartphone dan perangkat VR bisa membuat Anda lebih nyaman saat menggunakan Samsung Gear VR. Selain itu, seka terlebih dahulu keringat yang ada di dahi Anda. keringat di dahi ternyata dapat membuat lensa menjadi mengembun dan kenyamanan mengeksplorasi VR pun menjadi berkurang.

3. Baterai Smartphone Terisi Penuh

Pastinya, Anda tidak ingin terjadi masalah low battery saat menggunakan Samsung Gear VR bukan? Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengisi isi baterai smartphone terlebih dahulu. Meski perangkat VR tidak akan menyerap daya yang lebih, namun terganggu karena masalah baterai pada saat menggunakan VR tentu akan mengurangi kenyamanan.

4. Sesuaikan Titik Fokus

Gambar yang tidak fokus dan tampak blur akan membuat mata Anda menjadi lebih cepat lelah serta pusing. Hal ini tentu saja akan mengurangi kenyamanan pada saat Anda menggunakan Samsung Gear VR satu ini. Nah, untuk menyesuaikan fokusnya, Anda bisa memaju mundurkan lensa dengan menggunakan roda bergigi yang terdapat pada bagian atas VR.

5. Pakai VR dengan Posisi Duduk

Pada saat Anda menggunakan VR, pastikan bahwa Anda duduk di sebuah kursi yang dapat berputar hingga 360 derajat sehingga bisa membuat tubuh Anda bisa bergerak secara leluasa. Tidak disarankan untuk menggunakan Samsung Gear VR karena membuat Anda sulit untuk menjaga keseimbangan badan.

6. Gunakan Mode Don’t Disturb

Anda bisa menggunakan mode yang satu ini apabila Anda tidak ingin terganggu jika ada pesan ataupun telepon yang masuk. Untuk mengaktifkan mode ini, Anda hanya cukup menekan serta tahan tombol back pada bagian kanan google hingga Anda bisa keluar dari laman home kemudian Anda bisa pilih “don’t disturb”.

7. Gunakan Headphone atau Earphone

Gunakan headphone ataupun earphone yang berkualitas. Kejernihan suara akan membuat sensasi VR menjadi lebih berbeda dan menarik. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan headset bluetooth karena akan membuat jeda pada saat bermain game. Anda bisa menggunakan headset berkabel untuk menciptakan suara yang jernih dan nyaman.

8. Manfaatkan Gamepad Controller

Bagi Anda yang ingin lebih menikmati permainan, Anda bisa menggunakan gamepad controller. Sebenarnya, Anda bisa menekan touchpad yang ada pada sisi kanan google pada saat memainkan sebuah game. Namun, hal tersebut dapat mengubah titik fokus serta menggeser Gear VR ke bagian atas maupun bawah.

9. Bagi Pemula, Pakai VR Secara Gradual

Bagi Anda para pengguna Samsung Gear VR, gunakan VR dalam waktu 5 menit pertama kemudian beristirahat setelahnya. Anda bisa menaikkan durasi waktunya jika Anda sudah terbiasa menggunakan Samsung Gear VR satu ini. Bagi para pemula, menggunakan Samsung Gear VR dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kepala menjadi pusing dan sulit untuk mengontrol keseimbangan tubuh.

10. Hentikan Penggunaan Jika Terasa Pusing

Apabila Anda sudah merasa pusing dan mata mulai lelah, segeralah untuk menghentikan penggunaannya. Anda bisa beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa pusing yang dialami.

11. Pakai VR pada Saat Tubuh Sedang Fit

Ternyata sangat penting untuk menggunakan Samsung Gear VR pada saat tubuh Anda fit. Penggunaan VR pada saat Anda sakit flu, migrain ataupun lainnya yang berhubungan dengan keseimbanga tubuh Anda hanya akan membuatnya menjadi lebih parah.

12. Jangan Langsung Berdiri Setelah Menggunakan VR

Setelah Anda menggunakan Samsung Gear VR, jangan langsung berdiri. Duduklah sejenak untuk menghilangkan rasa pusing serta mengembalikan keseimbangan tubuh. Anda juga membaringkan tubuh dengan posisi yang terlentang serta kedua mata tertutup sembari menghirup nafas dalam-dalam hingga Anda merasa rileks kembali.

Di atas merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menggunakan Samsung Gear VR yang satu ini dengan nyaman. Nah, jangan sampai keseruan menonton gambar virtual dengan Samsung Gear VR Anda menjadi terganggu karena tidak mematuhi beberapa tips di atas. Untuk Anda yang sedang mencari jasa sewa Virtual Reality, Anda bisa langsung cek di https://www.smarteye.id. (ADV)

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More