Menyikapi Era Revolusi Industri 4.0 UNTAN Gelar UNIEx 2018

Dalam rangka Dies Natalis ke-59, Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak menyelenggarakan sebuah event kreatif dan inspiratif yang baru kali pertama dilaksanakan pada tahun ini yaitu Untan Innovation & Entrepreneurship Expo 2018 (UNIEx).

Informasi cukup mendadak mengenai penyelenggaraan UNIEX 2018 baru Blogger Borneo terima satu hari sebelumnya dari salah seorang panitia pelaksana kegiatan. Sebagai salah seorang alumni UNTAN, tentu saja kabar mengenai diselenggarakannya event kreatif dan inspiratif seperti ini cukup membanggakan. Apalagi kegiatan ini baru pertama dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian Dies Natalis ke-59 Universitas Tanjungpura Pontianak.

Blogger Borneo tiba di Auditorium UNTAN, lokasi dimana UNIEx 2018 diselenggarakan setengah jam sebelum acara pembukaan dilaksanakan. Di kesempatan ini, Blogger Borneo mendapat satu stand secara gratis yang bisa digunakan untuk mempromosikan salah satu jenis usaha yang selama ini dijalankan yaitu Product Consultant Zahir Accounting untuk wilayah Kalimantan Barat.

Suasana sudah mulai tampak ramai, para pemilik stand yang rata-rata merupakan mahasiswa UNTAN mulai sibuk mempersiapkan segala yang harus dipasang dan dipajang. Dari semua stand yang dipersiapkan, 12 stand diantaranya secara khusus diperuntukkan bagi para mitra pelaksana kegiatan UNIEx 2018.

UNIEX 2018, EVENT KREATIF DAN INSPIRATIF UNTAN

UNIEx 2018 merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada tahun ini dan menjadi salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 Universitas Tanjungpura Pontianak. Secara umum, kegiatan ini memadukan semua program-program kreatif yang dimiliki oleh UNTAN dan mitra-mitra pelaksananya. Berbagai usaha kreatif yang dimiliki oleh para alumni, mahasiswa yang masih aktif serta komunitas pengusaha di Kalimantan Barat semuanya dikombinasikan dalam satu event besar ini.

Suasana Pembukaan UNIEX 2018 di Auditorium UNTAN
Image: Dok. Pribadi

Dalam sesi kata sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Kamarullah, S.H., M.Hum., selaku Ketua Umum Panitia Dies Natalis ke 59 UNTAN mengatakan bahwa UNIEx 2018 ini merupakan ajang untuk menampilkan produk  kewirausahaan, kreasi, dan inovasi dari Civitas Akademika Untan. Beliau menjelaskan bahwa salah satu visi misi UNTAN adalah mampu melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang menjadi wirausahawan muda, oleh karena itu dibuatlah program-program yang diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan wirausaha mereka selain kemampuan akademik.

AGENDA KEGIATAN UNIEX 2018

Selama 3 hari, mulai dari tanggal 4-6 Mei 2018 akan ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama UNIEx 2018. Berikut merupakan agenda kegiatannya, antara lain:

  1. Parade Produk dan Program dari Para Mitra UNTAN.
  2. Parade Usaha Kreatif Alumni dan Mahasiswa UNTAN.
  3. Peluang Usaha dan Kerjasama Bisnis,
  4. Lowongan Kerja pada Perusahaan Mitra, Usaha Alumni dan Komunitas.
  5. Launching Gerakan dan Aplikasi 1000 Pengusaha Kampus.
  6. Softlaunching Buku Gambar Kreatif Kampanye Budaya.
  7. Seminar Creativepreneur dan Talkshow Inspiratif bersama Para Pengusaha Kreatif Kalimantan Barat.
  8. Mini Pameran Kreatif bersama #KamekPontianak.
  9. Donor Darah Massal bersama PMI dan KSR UNTAN.
  10. Career Day bersama BEM FKIP UNTAN.
Penandatanganan MoU Kerjasama antara UNTAN dan Mitra Pelaksana UNIEX 2018
Image: Dok. Pribadi

Setelah memberikan kata sambutan sekaligus membuka rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 59 UNTAN secara simbolis, agenda selanjutnya adalah sesi penandatanganan MoU kerjasama antara pihak Universitas Tanjungpura Pontianak dengan beberapa mitra pelaksana yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Jika diperhatikan, ada lebih dari 25 stand yang ikut serta dalam penyelenggaraan UNIEx kali ini. Semua stand yang disediakan sifatnya gratis dan pengunjung yang akan datang juga tidak akan dibebankan biaya masuk ke lokasi diselenggarakannya kegiatan.

Menurut Muhammad Fahmi, SE., Ak, salah seorang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNTAN yang beberapa waktu lalu baru saja dilantik menjadi Komisaris Bank Pasar Pontianak, kegiatan UNIEx 2018 ini bisa terlaksana sejak UNTAN berubah status menjadi Badan Layanan Usaha (BLU) pada akhir tahun 2017 lalu.

Sesi Wefie bersama Komisaris Bank Pasar Pontianak
Image: Dok. Pribadi

SEKILAS MENGENAI BADAN LAYANAN USAHA

Mungkin diantara kawan-kawan ada yang bertanya mengenai apa itu Badan Layanan Usaha atau biasa disingkat sebagai BLU. Nah, secara sekilas Blogger Borneo akan menjelaskan mengenai definisi dari BLU sendiri yang dikutip dari salah satu laman HukumOnline.Com per tanggal 7 November 2016.

BLU adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Baca Juga: Bersama UNTAN Membangun Negeri

BLU bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktek bisnis yang sehat.

Badan Layanan Usaha (BLU) diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Stand BPU UNTAN
Image: Dok. Pribadi

Nah, karena UNTAN untuk saat ini telah berstatus BLU maka kedepannya Universitas memiliki keleluasaan dalam mengelola keuangan (otonomi keuangan). Dan ketika otonomi keuangan ini dijalankan, secara otomatis kebijakan pendapatan seutuhnya dilakukan kampus. Di sisi lain, BLU memiliki tanggungjawab untuk menyajikan layanan yang diminta, dengan kata lain  PTN yang menjadi BLU akan mengelola pendidikan layaknya seperti perusahaan.

BEBERAPA PRODUK HASIL KREASI UNIEX 2018

Dalam kunjungannya ke beberapa stand yang ada, Ketua Dies Natalis ke-59 UNTAN bersama para mitra pelaksana melihat bahwa sebenarnya para generasi muda di kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya memiliki jiwa wirausaha yang cukup tinggi. Beberapa produk khas yang dihasilkan dari bahan baku lokal, salah satu diantaranya yaitu Jeruk Limao mampu dikreasikan menjadi minuman yang cukup menyegarkan dan tentu saja memiliki kadar vitamin C alami cukup tinggi.

Produk Limao Syrup Khas Pontianak di UNIEX 2018
Image: Dok. Pribadi

Selain produk khas Pontianak Limao Syrup diatas, terdapat juga beberapa produk lain yang dipamerkan, antara lain: Produk Deodorant Kaki “Shoelicious”, Produk 6 Hari Bisa Bahasa Inggris dari Sang Bintang School, Produk Percetakan dan Desain Grafis dari Win Printing, Produk Mudah dan Cepat Lancar Berbahasa Inggris dari Excellent Studio, dan masih banyak lagi produk-produk kreatif lainnya. Kedepannya diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin karena bagaimanapun juga untuk mencapai hasil maksimal tetap dibutuhkan proses yang konsisten dan bersifat keberlanjutan.

Panitia Dies Natalis ke 59 UNTAN Foto Bersama di Stand Asuransi Jiwa Syariah Al Amin
Image: Dok. Pribadi

Demikian satu tulisan liputan khusus dari salah seorang alumni Fakultas Ekonomi UNTAN Jurusan Akuntansi TA 2000 dengan NIM B41100270 mengenai sesi pembukaan UNIEx 2018.

Tenang, masih ada 2 hari lagi bagi kawan-kawan yang merasa penasaran dengan adanya kegiatan ini. So, mumpung weekend langsung aja datang ke Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak dari jam 08.00-18.00 WIB. Sekali lagi diinformasikan bahwa kegiatan ini gratis, namun tetap akan dibanjiri dengan berbagai doorprize bagi para pengunjung yang beruntung. Dinanti kehadirannya ya… (DW)

Referensi:

  • http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt581196805bd82/badan-layanan-umum-blu-dan-ruang-lingkupnya

 

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More