Merdeka Menjadi Blogger, Hargai Dirimu Apa Adanya

Sebentar lagi bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan ke 73 yang tepat akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2018. Nah, di kesempatan ini Blogger Borneo ingin berbagi cerita mengenai makna Merdeka bagi seorang blogger itu seperti apa.

Bermula dari sebuah info mengenai penawaran pembuatan konten berbayar di salah satu pihak penyedia jasa job review yang Blogger Borneo ikuti memberikan inspirasi untuk membuat sebuah tulisan bertemakan Merdeka Menjadi Blogger. Tulisan ini juga dibuat sebagai salah satu bentuk kontribusi dalam mengikuti lomba menulis blogger profesional yang diselenggarakan oleh IndoBlogNet.Com.

Sebagai salah seorang member yang tergabung dalam jaringan penyedia jasa job review tersebut sudah cukup lama, sebenarnya hal-hal seperti apa yang tampak diatas adalah hal yang biasa. Ya biar bagaimanapun juga kita tidak boleh protes atau marah kenapa nilai penawaran yang diberikan cukup rendah, tidak sebanding dengan jenis pekerjaan yang harus dilakukan.

Sebenarnya hal-hal seperti itu tidak pernah Blogger Borneo gubris dan komentari secara terbuka di media sosial, hanya saja karena pada kesempatan ini ingin melihat bagaimana respon dari kawan-kawan sesama Blogger Indonesia akhirnya penampakan screenshot panduan job review tersebut pun muncul di halaman status media sosial.

HUBUNGAN SEBAB AKIBAT

Sebelum bicara lebih dalam mengenai kondisi ini, satu hal yang harus dipahami adalah selama masih ada para blogger yang menerima job review seperti itu maka penawaran itu akan selalu ada. Dan jika kita bicara masalah uang, otomatis itu akan terhubung langsung dengan kebutuhan hidup. Nah pertanyaannya sekarang adalah seberapa besar Anda menghargai diri Anda sendiri sebagai seorang blogger???

Baca Juga: 5 Tahapan Menjadi Blogger Profesional

Secara pribadi, Blogger Borneo selalu menganggap bahwa penawaran-penawaran job review seperti itu merupakan rejekinya bagi para member yang memang standar blognya masuk untuk harga tersebut.  Bahkan ada beberapa blogger yang memang memasang harga dibawah nilai yang tercantum diatas. Sedangkan khusus untuk Blogger Borneo sendiri, tidak akan mengambil job-job review dengan tarif seperti itu karena telah memiliki standar harga tersendiri.

STANDAR DAN KUALITAS

Bicara mengenai standar harga penawaran job review, waktu awalnya Blogger Borneo tidak pernah menetapkan harga per artikelnya. Jika ada pihak advertiser atau agency yang bertanya, Blogger Borneo selalu menanyakan kembali berapa budget yang dipersiapkan. Nah, seiring perjalanan waktu ketika sudah pernah menerima beberapa kali penawaran, akhirnya untuk saat ini Blogger Borneo sudah bisa menentukan besaran nominal yang akan disebutkan ketika ada penawaran job review lagi kedepannya.

Biasanya, sebelum mengirimkan email penawaran job review, para agency atau advertiser ini telah mencari informasi mengenai kualitas blog kita terlebih dahulu. Adapun yang paling mudah untuk dicek adalah usia blog kita dan nilai DA/PA nya. Setelah itu baru dilihat eksistensi kontennya dan bagaimana sistem sebarannya di media sosial. Dan yang terakhir, berapa jumlah kunjungan unik per bulan disertai dengan data berapa banyak backlink yang masuk ke blog kita dan sumbernya berasal dari mana saja.

TETAP MEMBUAT TAMPAK NATURAL

Kualitas teknik penulisan yang dimiliki juga menjadi salah satu faktor utama yang diperhatikan oleh para agency atau advertiser ketika menentukan berapa harga penawaran yang cocok untuk diberikan. Selain tulisannya harus bersifat SEO Friendly dengan gaya bahasa softselling sehingga tidak tampak jika tulisan ini isinya sebenarnya menjual produk-produk tertentu. Nah untuk ini, mereka bersedia membayar agak sedikit lebih dari biasanya.

Baca Juga: Bersama UNTAN Membangun Negeri

Salah satu perusahaan agency digital yang selalu memberikan penawaran kepada para blogger di Indonesia adalah MB Communication. MB Communication merupakan salah satu agency digital marketing profesional di Indonesia yang melayani jasa SEO berkualitas dan terpercaya, content marketing,  creative branding, dan cyber public relation. Melalui website resminya di www.indoblognet.com, kita juga bisa belajar bagaimana cara membuat tulisan tetap menarik, unik, dan tampak natural meskipun maksudnya adalah untuk jualan.

Menjadi Blogger Profesional
Image: Romence77.Com

DON’T OVER EXPECTATION

Sebelum menutup tulisan ini, Blogger Borneo ingin memberikan saran bagi kawan-kawan blogger khususnya untuk tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan khususnya mengenai status yang disandang. Terkadang ketika pada satu titik kita merasa telah menjadi seorang blogger terkenal, maka kita akan langsung merasa tersinggung ketika tidak mendapatkan kesempatan. Masing-masing blogger sudah ada pintu rejekinya, jadi tidak perlu sampai harus merasa sakit hati berlebihan.

Nikmati saja perjalanan hidup kita sebagai seorang blogger karena dengan menikmati maka kita tidak akan pernah terbebani dengan tanggung jawab untuk selalu update konten di blog. Yakinlah eksistensi tidak pernah membohongi hasil. Demikian satu tulisan mengenai makna Merdeka Menjadi Blogger yang bisa diceritakan, sekarang bagaimana dengan kawan-kawan??? Ditunggu kisahnya juga ya… Tetap semangat… (DW)

You might also like
3 Komentar
  1. multi says

    Multi pernah dapat job yang menyesakkan hati, tapi setelah itu jadikan pelajaran aja, Benar sekali Bg, nikmati saja perjalanan sebagai Blogger. Sambil terus belajar dan upgrade skill.

    1. Dwi Wahyudi says

      Mantappp Kak, kalau ga gitu bukan blogger namanya. Tetap semangat dan eksis selalu, Insya Allah rejeki pasti akan datang menghampiri.

  2. Syafiq says

    Hmmm, pengalaman saya mirip-mirip seperti mas Dwi….ketika ada tawaran content placement atau review saya juga biasanya nanya balik berapa budgetnya, klo nggak cocok nggak mesti diambil juga. Kadang saya milih2 juga, klo nggak sesuai sama niche y nggak diambil, padahal kadan gtergiur juga sih sama godaan uangnya.

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More