Merencanakan Gazebo sebagai Tempat Bersantai

Gazebo merupakan bangunan terpisah yang fungsinya sebagai ruang bersantai. Berdasarkan sejarahnya fungsi gazebo merupakan fungsi tambahan hunian berupa bangunan terpisah dari rumah inti dengan konstruksi bangunan yang lebih terbuka.

Banyak peneliti yang memperkirakan bahwa keberadaan gazebo di sebuah peradaban tak dapat dipisahkan dengan kondisi iklim di negara tersebut. Kondisi ikilim yang hangat membuat orang-orang jaman dahulu mengingingkan tempat yang nyaman untuk duduk santai di luar ruangan sambil menikmati pemandangan sekitar, terutama di siang dan malam hari.

Dalam masa penjajahan Amerika, gazebo hanya ditemui di rumah-rumah orang kaya dan kaum bangsawan. Salah satu bentuk gazebo yang unik di Amerika yakni gazebo berbentuk segi delapan, bisa kita jumpai di Mt. Vernon yang merupakan rumah Presiden Washington.

Di masa kolonial, gazebo atau yang lebih sering disebut summer house kerap dimanfaatkan orang-orang dari negara barat untuk menikmati musim panas. Mereka tak segan menghabiskan waktu seharian penuh di gazebo. Karena, pada jaman tersebut, AC belum banyak digunakan. Sehingga tatkala musim panas datang, mereka akan merasa sangat kepanasan bila berada di dalam rumah, meskipun seluruh jendala dan pintu telah dibuka. Untuk itu, mereka membangun gazebo atau summer house ini karena disini mereka akan merasakan hembusan angin sepoi-sepoi yang terasa sejuk.

Untuk merencanakan gazebo sebagai ruang bersantai keluarga perlu di perhatikan beberapa hal, diantarnya perletakan gazebo, ukuran luas minimal, elemen pendukung gazebo maupun perabotannya.

MENENTUKAN KONSEP GAZEBO

Sebelum  anda membangun gazebo untuk bersantai, terlebih dahulu anda menentukan konsep desain yang akan anda gunakan. Konsep desain gazebo dapat menyesuakan dengan konsep hunian anda atau dapat juga berkonsep kontras dengan bangunan hunian anda. Misalnya hunian bergaya modern sah-sah saja menerapkan gazebo berkonsep tradisional, ataupun sebaliknya. Hal ini  disebabkan gazebo merupkan bangunan yang terlepas dari bangunan utama.

Gazebo Kayu Rumah Modern
Image: Google.Com

MENENTUKAN LETAK GAZEBO

Syarat utama dalam mambangun gazebo adalah tersedianya lahan tak terbangun yang secara langsung terhubung dengan lingkungan luar. Gazebo dapat terletak di depan, belakang atau disamping rumah atau bisa juga Anda letakkan gazebo di pinggir taman maupun di tengah taman. Kebanyakan, gazebo diletakkan di tengah taman karena akan membuat pemiliknya merasakan suasana taman dengan lebih utuh. Yang patut diperhatikan adalah agar gazebo tidak dibangun dibawah pohon besar atau pohon buah. Alasannya, pohon yang besar atau rimbun dapat menutupi gazebo sehingga matahari terhalang dan dapat menyebabkan atap gazebo berlumut.

LUAS GAZEBO

Ukuran ideal untuk bangunan gazebo adalah minimal 2 mter x 2 meter. Mengingat gazebo akan menjadi tempat untuk berkumpul, maka dibuatkan ruangan yang cukup luas agar mereka yang ada di gazebo dapat menikmati keleluasaan tanpa harus kekurangan tempat untuk beraktifitas.

Contemporary Patio
Image: Google.Com

PERBANDINGAN LUAS GAZEBO DAN TAMAN

Mengingat luas gazebo yang harus dipenuhi untuk kenyamanan, maka gazebo tidak cocok pada taman yang kecil. Jika Anda memiliki taman yang cukup luas, sebaiknya juga tidak membuat gazebo yang terlalu besar agar perbandingan dengan taman seimbang dan tidak membuat taman terlihat terlalu penuh. Perbandingan yang pas untuk gazebo adalah 1/5 dari luas taman. Dengan demikian, keindahan taman dapat lebih terekspos dan dapat dinikmati dari dalam gazebo.

ELEMEN PENDUKUNG GAZEBO

Agar gazebo terlihat lebih indah dan memperkuat keindahan taman secara keseluruhan, Anda dapat menambahkan beberapa elemen pendukung. Misalnya dengan membuat jalan setapak menuju gazebo, menambahkan lampu sorot di dekat gazebo, maupun dengan menambahkan beberapa tanaman hias atau bunga di sekitar gazebo. Dengan demikian, keindahan taman dapat lebih terlihat.

Modern Gazebo Design is Cool Lightweight Gazebo is Cool Canvas Covered Gazebos is Cool Simple Outdoor Gazebos
Image: Google.Com

MENENTUKAN PERABOTAN GAZEBO

Untuk menambah kenyamanannya, gazebo biasa dilengkapi dengan furniture pendukung seperti meja, lemari penyimpanan, lampu, kursi dan lainnya. Letak gazebo yang berada di ruangan terbuka dan dengan sisi terbuka, mengjadikan bangunan gazebo dan perabot yang ada di dalamnya harus menghadapi teriknya matahari, guyuran air hujan, udara dingan dan berbagai macam cuaca lainnya. Oleh karenanya, agar tetap awet, perabot yang ada di gazebo sebaiknya dipilih perabot yang tahan terhadap cuaca.

Menciptakan gazebo bersantai di lahan sisa rumah dapat memberikan suasana baru dalam bersantai bersama keluarga. Bersantai tidak harus berada di dalam ruangan sambil menonton tv atau bermain game. Mengirup udara segar,  memanggang ayam atau ikan bersama keluarga merupakan aktivitas yang menyenangkan.  Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

Referensi:

  • http://arsiteklopedia.blogspot.com/2013/05/tips-membuat-gazebo-taman-desain-gazebo.html
You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More