ORBIT Net Pontianak: 7 Langkah Mendongkrak Penjualan dengan Media Sosial

Setelah sebelumnya sukses dengan penyelenggaraan Training Online Marketing (TOM) di Pontianak, maka pada kesempatan berikutnya K-Link Indonesia kembali melaksanakan pelatihan lanjutan yang diberi nama Online Revolution Business Technique Networking (ORBIT Net).

Mendapat broadcast via grup WhatsApp mengenai rencana penyelenggaraan ORBIT Net Pontianak pada akhir bulan Agustus membuat Blogger Borneo langsung mengambil action dengan melakukan pendaftaran di website resmi K-Link Indonesia. Alhamdulillah meskipun tempat yang disediakan terbatas yaitu hanya 30 peserta saja, Blogger Borneo masih bisa mendaftar di detik-detik terakhir dan mendapat nomor urut ke 28.

Sekilas mengenai Online Revolution Business Technique Networking (ORBIT Net), kegiatan ini merupakan salah agenda rutin yang dilaksanakan oleh K-Link Indonesia selain Training Online Marketing (TOM). Kedua kegiatan ini sifatnya adalah edukasi kepada para membernya dimana TOM adalah Pelatihan Dasar Internet Marketing nya dan ORBIT Net merupakan pelatihan lanjutannya.

ORBIT Net Pontianak

Sebagai perusahaan yang sudah cukup lama bermain di pangsa pasar multi level marketing (MLM) di Indonesia bahkan dunia, K-Link Indonesia terus bergerak sesuai perkembangan jaman. Jika dulunya statusnya masih hanya perusahaan MLM, maka untuk saat ini K-Link telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Digital Network Marketing (DNM).

Blogger Borneo sendiri baru saja bergabung di K-Link Indonesia pada bulan Maret 2019, berawal dari ajakan seorang sahabat yang selama ini aktif sebagai IMER’s Pontianak yaitu Kang Ibnu Hajar. Beliau mengatakan bahwa satu-satunya perusahaan MLM yang saat ini memiliki potensi besar untuk berkembang kedepannya adalah K-Link Indonesia karena produk-produk yang dijualnya cukup bermanfaat dan berkualitas, salah satu diantaranya adalah Kacamata Kesehatan Ion Nano.

Selalu Menjadi Sumber InspiRadzi

Setelah beberapa lama aktif menjadi member dan terus mengikuti pergerakan Kang Ibnu, Blogger Borneo melihat pergerakan perusahaan ini semakin cepat terutama pada pengembangan-pengembangan di sisi teknologi informasi dan online marketingnya. Padahal jika diperhatikan, proses transformasi ini baru dimulai pada akhir tahun 2018. Dan memang apa yang dilakukan oleh manajemen internal perusahaan telah berhasil memberikan InspiRadzi tersendiri bagi para membernya.

Pemateri Orbit Net Pontianak Joko Nirmolo
Image: Dok. Pribadi

Pada pelaksanaan ORBIT Net Pontianak pada tanggal 24-25 Agustus 2019 bertempat di Hotel Merpati Jalan Imam Bonjol No.60, perusahaan mendatangkan salah seorang crown ambassadornya yaitu Joko Nirmolo sebagai pematerinya. Jangan pernah menilai seseorang dari tampilan luarnya, prinsip ini selalu saya pegang setiap bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru diluar sana. Demikian juga ketika Blogger Borneo melihat Mas Joko Nirmolo untuk pertama kali, meskipun penampilan luarnya agak sedikit awut-awutan namun pengalaman dan ilmu yang diberikan ternyata oke punya.

Belajar Facebook Ads

Selama 2 (dua) hari, Mas Joko Nirmolo memberikan pemaparan secara detail penggunaan iklan melalui media sosial yaitu Facebook untuk mendongkrak penjualan produk K-Link Indonesia. Secara perlahan dan penuh perhatian, sosok cowok yang terkesan awut-awutan namun tetap tampak ganteng ini mengajari para peserta ORBIT Net Pontianak dengan cukup sabar mengenai tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebelum beriklan.

Sebagai langkah awal, Mas Joni demikian dirinya akrab dipanggil, mengajarkan kepada para peserta bagaimana membuat akun Business Manager. Setelah itu baru dijelaskan mengenai proses membuat iklan di Facebook Ads. Menurutnya, ada dua hal penting yang harus diperhatikan sebelum beriklan, yaitu perhatikan gambar dan kalimat yang akan digunakan.

Untuk gambar, pilihlah yang tampak menarik dipandang mata dan fokus pada produk ditawarkan. Jadi ketika orang lain melihat gambar tersebut, dia langsung tertarik untuk mengkliknya dan dia tahu produk apa yang ditawarkan. Sedangkan untuk bahasanya, gunakan teknik copywriting yang singkat, padat, dan langsung dapat “membunuh” siapa saja yang membacanya.

Praktek Membuat Iklan

Perasaan senang dan bahagia tampak terpancar dari wajah para peserta ORBIT Net Pontianak kali ini. Di hari pertama pelaksanaan, sudah ada beberapa peserta berhasil menjalankan iklannya sendiri dan melakukan uji coba untuk melihat hasilnya seperti apa keesokan harinya. Alhamdulillah Blogger Borneo sendiri langsung mendapat 6 (enam) respon dengan budget yang digunakan sebesar 20 ribu rupiah. Masih masuk hitunganlah ya dengan biaya kurang lebih 3 (tiga) ribuan berhasil menghasilkan 1 (satu) lead. Sekarang tinggal bagaimana mengkonversi lead tersebut menjadi closing.

7 Langkah Membuat Iklan di Facebook Ads
  1. Buka Facebook, Pilih Halaman;
  2. Pilih Jenis Iklan yang akan Ditayangkan;
  3. Masukkan Halaman + Nomor WhatsApp Bisnis;
  4. Buat Pemirsa (Lokasi, Umur, dan Minat);
  5. Masukkan Anggaran (Tahap Lanjut);
  6. Tambahkan Media (Foto, Gambar, Teks, Video, dll);
  7. Konfirmasi Bayar.

Power of Closing

Di pelaksanaan hari kedua, Mas Joni langsung mengajak para peserta ORBIT Net Pontianak untuk mempraktekkan materi pembelajaran yang telah disampaikan sehari sebelumnya. Kembali lagi disini Beliau kembali menekankan bahwa the power of closing dari sebuah iklan adalah gambar yang menarik dan bahasa copywriting yang “membunuh”.

“Kalimat iklan yang bagus itu tidak harus selalu panjang, justru singkat, padat, dan to the point dapat membuat siapa saja yang melihatnya langsung ingin mengkliknya. Makanya setiap saya membuat iklan, saya akan tunjukkan dulu kepada orang-orang disekitar dan menanyakan apakah menarik atau tidak. Kalau katanya menarik ya langsung diiklankan, tapi jika dianggap kurang menarik ya diperbaiki lagi”, demikian jelasnya.

Alhamdulillah penyelenggaraan ORBIT Net Pontianak dari tanggal 24-45 Agustus 2019 di Hotel Merpati Jalan Imam Bonjol No.60 lancar dan sukses dilaksanakan. Tidak lupa Blogger Borneo ucapkan terima kasih kepada Mas Joko Nirmolo aka Joni atas semua materi yang telah diberikan. Insya Allah bermanfaat dan akan menjadi amal jariyah tersendiri. Amin…

Nah, bagi kawan-kawan yang penasaran dengan produk-produk K-Link apa saja yang kedepannya akan menjadi booming di pasaran dan berminat untuk menjalankan bisnisnya, bisa langsung menghubungi Blogger Borneo via wa.me/62811561982. (DW)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.