Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Pengalaman Menjadi Narasumber di Forum Pemberdayaan KIM Bengkayang 2012

Keesokan harinya (01/08/2012), setelah acara selesai dan ditutup secara resmi. Saya bersama dengan tim KEMKOMINFO lainnya bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Bengkayang yang jarak tempuhnya kurang lebih memakan waktu 3-4 jam. Kondisi jalan yang membelah wilayah pegunungan serta berkelok-kelok menyebabkan para pengemudi harus ekstra hati-hati membawa kendaraannya. Untung saja kesemua anggota rombongan tidak ada yang menderita mabuk darat akut sehingga perjalanan dapat dilalui dengan lancar.

Matahari terlihat mulai condong di ufuk barat, sinar matahari yang mulai tampak kemerahan mengiringi kedatangan rombongan di hotel paling megah di Kabupaten Bengkayang yaitu Hotel Lala Gorden. Setelah melakukan registrasi kamar, akhirnya saya bisa merebahkan diri untuk sejenak di kamar 206. Kebetulan pada saat itu Mas Hendra menjadi pasangan tidur saya di kamar tersebut, hehehehe… Setengah jam kemudian, kami dipanggil untuk turun karena anggota rombongan berencana untuk mencari lokasi buka puasa bersama di kota Bengkayang. Empat mobil terlihat beriringan menuju salah satu warung masakan jawa yang ada di pinggiran jalan utama kabupaten.

Suasana riuh dan penuh canda mewarnai agenda khusus buka puasa tersebut. Baru tahu ternyata orang-orang KEMKOMINFO itu lucu-lucu juga ya, hahaha… Apalagi ketika Bapak Purnawirawan Sugiarto memberikan ceramah singkatnya disela-sela acara. Ada salah satu anggota rombongan yang tidak dapat saya sebutkan disini identitasnya menjadi objek dari candaan teman-teman lain pada saat itu. Pokoke seru bangetttttt… Untuk acara malam adalah sesi bebas sehingga saya bisa menghabiskan waktu untuk online di lobi hotel karena hampir seharian ini waktu saya habis di perjalanan. Jadi sekarang saatnya kembali ke laptop… 🙂

Malam berganti pagi, senja berganti fajar. Pada pukul 08.30 sudah mulai tampak para peserta yang berdatangan dan mengisi buku absen kehadiran. Jika sebelumnya di Kabupaten Sambas para peserta dan narasumber KEMKOMINFO diinapkan dalam hotel yang sama, untuk di Kabupaten Bengkayang para peserta kegiatan diinapkan di Hotel Ridho yang terletak di tengah kota Bengkayang. Tak lama berselang, Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang dikelola oleh DISHUBKOMINFO Kabupaten Bengkayang datang dan langsung menempati posisi di tempat parkir Hotel Lala Gorden. Secara umum, konsep acara di Kabupaten Bengkayang hampir sama dengan yang diselenggarakan di Kabupaten Sambas. Hanya saja untuk sesi saya ada ditambahkan demo MPLIK kepada para peserta dimana pada saat itu saya menunjukkan langsung dilayar notebook bagaimana menggunakan internet untuk mencari informasi. Adapun kata kunci Cara Menanam Karet dan Cara Menanam Sawit menjadi contoh pencarian di www.google.com pada saat itu.

Jika dilihat secara keseluruhan, dapat dikatakan kegiatan yang diselenggarakan di Kabupaten Sambas dan Bengkayang berjalan dengan lancar dan sesuai agenda. Hanya saja memang ada sedikit penyesuaian jadwal dimana ketika pada sesi dari BP3TI tidak dapat diselenggarakan karena tidak ada perwakilan dari bidang yang bersangkutan pada saat itu. Namun itu tidak menyurutkan semangat para peserta untuk dapat mengikuti semua rangkaian acara dari awal sampai akhir. Saya sendiri sebagai salah satu narasumber di kegiatan Forum Pemberdayaan KIM Menuju Desa Informasi 2012 merasa senang sudah diberi kesempatan oleh KEMKOMINFO untuk memberi materi di kegiatan tersebut. Mungkin untuk kedepannya dapat diselenggarakan lagi kegiatan-kegiatan yang langsung menyentuh kepada bagaimana cara penggunaan teknologi kepada masyarakat, tidak hanya sekedar sosialisi, sosialisasi, dan sosialisasi. Dari saya sendiri selaku koordinator Relawan TIK Kalimantan Barat tetap akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus mencari mitra di daerah-daerah yang sudah pernah disinggahi. Harapannya nanti dapat terbentuk Relawan TIK Daerah di Kalimantan Barat. Aminnnn… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
1 Comment
  1. visitprobolinggo.com says

    Wah Matap nie jadi narasumber, kayaknya Event nya event besar

Leave A Reply

Your email address will not be published.