BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya, Kunjungan Pertama di Bulan Februari 2021

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya

Sesuai dengan misi Komunitas Blogger Kubu Raya yaitu ingin memperkenalkan segala potensi yang ada di Kabupaten Kubu Raya melalui media sosial dan blog, maka di bulan kedua tahun 2021 Hutan Albasia Kubu Raya menjadi obyek wisata yang pertama kali dikunjungi.

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya terletak di Dusun Karya Satu, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya. Salah satu obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Kubu Raya ini sengaja dipilih pertama kali untuk dikunjungi oleh kawan-kawan Blogger Kubu Raya karena jaraknya masih cukup dapat dijangkau menggunakan motor atau mobil.

Hari Sabtu, 13 Februari 2021 sekitar jam 2 siang, rombongan mulai bergerak menuju lokasi wisata alam ini dari titik keberangkatan Gedung Yale Communication yang terletak di Jalan Kuala Dua Gang Tegal Sari 1 ujung. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menitan untuk mencapai Wisata Hutan Albasia Kubu Raya.

Sebenarnya rencana awal mulanya Blogger Borneo ingin turut serta dalam kunjungan pertama Komunitas Blogger Kubu Raya ini, akan tetapi dikarenakan masih sibuk dengan pekerjaan yang harus diselesaikan maka rencana tersebut terpaksa dibatalkan.

Jujur saya, meskipun berstatus sebagai warga Kubu Raya namun Blogger Borneo baru mengetahui mengenai keberadaan Wisata Hutan Albasia Kubu Raya ini. Jadi sebenarnya cukup merasa menyesal juga tidak bisa ikut serta ketika rombongan BKR Community berkunjung kesini.

Mencoba mencari referensi mengenai sejarah keberadaan Wisata Hutan Albasia Kubu Raya, diketahui salah satu obyek wisata ini diresmikan pada hari Sabtu, 18 Januari 2020 oleh Bupati Muda Mahendrawan.

Pohon Sengon

Sesuai namanya, kawasan hutan ini banyak ditumbuhi pohon Albizia atau lebih dikenal sebagai Pohon Sengon. Sengon (Albizia Chinensis) adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Tiongkok selatan, dan Indonesia.

Sengon dijumpai secara alami di hutan luruh daun campuran di wilayah lembap dan ugahari, dengan curah hujan antara 1.000–5.000 mm pertahun. Pohon ini didapati pula di hutan-hutan sekunder, di sepanjang tepian sungai, dan di sabana, hingga ketinggian 1.800 m dpl.

Sengon beradaptasi dengan baik pada tanah-tanah miskin, ber-pH tinggi, atau yang mengandung garam; juga tumbuh baik di tanah aluvial lateritik dan tanah berpasir bekas tambang.

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya
Image: BloggerCorners.Com

Dikelola Desa

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya berada diatas lahan yang dimiliki oleh salah satu perusahaan plywood besar di Kalimantan Barat yaitu PT Alas Kusuma. Total luas lahan ini adalah 38 hektar, namun yang dijadikan area wisata hanya sekitar 3 hektar saja.

Awal mulanya kawasan tempat wisata kuala dua Kubu Raya ini sempat terabaikan dan tidak terurus dengan baik, melihat potensi ini maka para pemuda desanya berinisiatif untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata alam di tempat tinggalnya.

Alhamdulillah setelah melakukan pendekatan dengan pihak PT Alas Kusuma, inisiatif para pemuda desa ini pun disambut baik dimana mereka diperbolehkan untuk mengelola area Wisata Hutan Albasia Kubu Raya.

Wisata Keluarga

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya dapat menjadi salah satu tujuan wisata alam yang bisa dikunjungi di akhir pekan bersama kawan-kawan maupun keluarga. Jaraknya yang tidak terlalu jauh terutama dari kota Pontianak membuat salah satu lokasi wisata di Kabupaten Kubu Raya ini dapat dijangkau dengan mudah.

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat mencapai lokasi ini dan akses jalannya cukup bagus, bisa menggunakan motor ataupun mobil. Biaya masuknya tidak mahal, hanya sekitar 7 ribu rupiah per orang sudah termasuk biaya parkirnya untuk motor.

Di dalam area Wisata Hutan Albasia Kubu Raya banyak terdapat spot-spot menarik yang bisa digunakan untuk berpose ataupun hanya sekedar ingin menikmati suasana pemandangan alamnya. Insya Allah dalam waktu dekat Blogger Borneo akan berkunjung ke obyek wisata alam ini bersama keluarga tercinta.

Peta Lokasi

Jika Jogjakarta terkenal dengan kawasan Hutan Pinus nya, maka Kubu Raya terkenal dengan kawasan Hutan Albazia nya. Nah, bagi kawan-kawan yang ingin datang berkunjung langsung ke Wisata Hutan Albasia Kubu Raya dapat mengikuti arah peta dari Google Maps dibawah ini:

Advertisement

Sumber HiPontianak RRI Pontianak

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards