Game MOBA adalah sebuah sub-genre dari video game strategi yang bermula sebagai sub-genre strategi waktu nyata. Dalam permainan ini seorang pemain mengendalikan satu karakter dalam sebuah tim yang bertarung melawan tim pemain lainnya.

Selama beberapa tahun terakhir, genre game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) telah menjadi salah satu yang paling populer di platform Android. Pemain dari seluruh dunia terlibat dalam pertempuran sengit, memilih karakter favorit mereka, dan bekerja sama dalam tim untuk mencapai kemenangan.

Dengan tahun 2023 yang tiba, genre ini tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, bahkan semakin berkembang. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima game MOBA Android paling populer yang wajib diinstal, menawarkan pengalaman bermain game yang seru dan kompetitif.

1. Marvel Super War 

Bagi para penggemar berat film-film superhero dari Marvel, Marvel Super War adalah sebuah game Multiplayer Online Battle Arena yang akan memanjakan hasrat mereka dalam dunia pahlawan super pada tahun 2023.

Dalam game ini, tersedia hampir 50 karakter superhero yang dapat kamu pilih, mulai dari Spiderman yang tangkas, Iron Man dengan teknologi canggih, Ant Man yang bisa berubah ukuran, hingga Captain America yang kuat.

Setiap karakter memiliki keunikannya sendiri, dan pemain dapat memilih yang sesuai dengan gaya bermain mereka.

Marvel Super War menawarkan berbagai mode bermain yang menarik, tetapi dua yang paling menonjol adalah Rank Mode dan PvE (Player versus Environment).

Dalam Rank Mode, pemain dapat mengukur kemampuan mereka dalam pertarungan kompetitif melawan pemain lain dan naik peringkat dalam permainan. Sedangkan dalam mode PvE, pemain dapat berkolaborasi dengan pemain lain untuk menghadapi tantangan dari AI atau musuh lingkungan.

Salah satu hal yang membuat Marvel Super War begitu menarik adalah lokasi pertempurannya yang berada di sekitar wilayah Wakanda. Ini memberikan nuansa yang unik dan ikonik bagi penggemar Marvel, karena Wakanda adalah salah satu lokasi paling penting dalam cerita Marvel.

Tentu saja, seperti game MOBA modern pada umumnya, Marvel Super War membutuhkan perangkat yang cukup kuat. Kamu perlu menyediakan RAM sebesar 2.1 GB untuk menjalankannya secara lancar.

Namun, game ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store, sehingga penggemar Marvel dapat dengan mudah merasakan pengalaman bermain game superhero yang seru dan mendalam ini.

Dengan karakter-karakter favorit mereka dan dunia yang kaya dari Marvel, Marvel Super War adalah pilihan yang sangat menggoda untuk tahun 2023.

2. Pokemon Unite

Pokemon Unite adalah game yang telah meraih popularitas besar sejak pertama kali dirilis di konsol Nintendo Switch pada pertengahan tahun 2021. Kini, para pengguna Android juga dapat menikmati keseruan aksi bertarung dengan monster-monster pocket favorit mereka.

Game ini memungkinkan pemain untuk membentuk tim dengan teman-teman mereka dan berlaga melawan tim lawan secara daring.

Pertempuran dalam Pokemon Unite berlangsung di Pulau Aeos, dan tujuannya adalah mencetak poin dengan mengalahkan musuh. Semakin banyak poin yang berhasil kamu kumpulkan, semakin kuat Pokemon kamu akan menjadi. Ini menambah dimensi taktis yang menarik dalam permainan.

Dengan telah diunduh oleh 50 juta pengguna di Play Store, Pokemon Unite telah menjadi salah satu game yang paling diminati di platform Android.

Hal ini menunjukkan betapa populer dan mendalamnya pengalaman yang ditawarkan oleh game ini, serta komunitas yang besar yang telah terbentuk di sekitarnya.

Bagi para penggemar Pokemon dan Multiplayer Online Battle Arena, Pokemon Unite adalah wajib untuk dicoba, karena menggabungkan dua dunia yang sangat dicintai oleh banyak orang.

3. Onmyoji Arena

Onmyoji Arena adalah game MOBA yang menawarkan pengalaman bertarung yang sangat menghibur dan berbeda. Salah satu fitur utama yang membedakannya adalah pengadaptasian ilmu bela diri tradisional Jepang, yang memberikan sentuhan khusus pada aksi pertempurannya.

Para pemain dapat merasakan sensasi pertarungan yang intens dan mendalam, dengan gerakan-gerakan khas dari budaya Jepang yang ikonik.

Selain itu, Onmyoji Arena juga memanjakan pendengaran para pemain dengan audio yang mengagumkan. Suara-suara dalam game ini tidak hanya meningkatkan pengalaman bermain, tetapi juga membangkitkan semangat para pemain saat mereka menghadapi musuh-musuh mereka.

Game ini juga menawarkan mode permainan yang seru, seperti chaotic mode, di mana tiga tim bersaing untuk bertahan dan menjadi tim terakhir yang bertahan di arena pertempuran.

Mode ini menghadirkan tantangan yang sangat kompetitif dan membuat pemain harus bekerja sama dengan tim mereka secara lebih intens.

Selain itu, karakter-karakter dalam Onmyoji Arena sangat menarik. Mereka terinspirasi oleh petarung-petarung legendaris asal Jepang seperti Kiyohime, Ootengu, Umibozu, dan banyak lagi.

Setiap karakter memiliki kemampuan unik dan gaya bertarungnya sendiri, yang memberikan berbagai pilihan bagi pemain dalam memilih karakter yang sesuai dengan gaya bermain mereka.

Dengan begitu banyak elemen yang membuat Onmyoji Arena menjadi game MOBA yang menarik dan menghibur, tidak heran jika game ini memiliki penggemar setia yang terus bertambah.

Bagi mereka yang mencari pengalaman bertarung yang segar dan penuh gaya, Onmyoji Arena adalah pilihan yang sangat direkomendasikan.

4. Battle Bay

Battle Bay adalah salah satu karya unggulan dari Rovio Entertainment Corporation, perusahaan yang terkenal dengan game Angry Birds. Game ini membawa genre game MOBA ke perairan dengan arena pertempuran yang seru dan unik.

Pemain dalam Battle Bay akan mengendalikan kapal-kapal canggih dan bersaing dalam pertempuran sengit di laut. Salah satu hal yang membuat Battle Bay menonjol adalah penggunaan kapal-kapal dengan senjata-senjata canggih.

Ini memberikan elemen strategi yang menarik karena pemain perlu memilih senjata yang sesuai dengan gaya bermain mereka dan berkoordinasi dengan tim untuk mencapai kemenangan.

Mode permainan 5v5 menambah dimensi kompetitif yang menantang, dan strategi yang matang menjadi kunci untuk meraih kemenangan.

Selain itu, Battle Bay juga menawarkan pemain kesempatan untuk meng-upgrade kapal mereka dengan senjata baru, yang membuat setiap pertarungan semakin menegangkan.

Ini mengharuskan pemain untuk merencanakan dengan cermat dan membuat keputusan strategis untuk memenangkan pertempuran.

Game ini memang membutuhkan pemikiran yang cerdas dan waktu yang cukup, tetapi itulah yang membuatnya begitu memikat. Bagi mereka yang mencari pengalaman MOBA yang berbeda dan menantang, Battle Bay adalah pilihan yang tepat. Dengan gameplay yang seru dan grafis yang menawan, game ini telah mendapatkan tempat di hati banyak pemain.

5. Heroes Evolved

Heroes Evolved adalah salah satu game MOBA yang memiliki basis pemain yang sangat besar, dengan lebih dari 10 juta pemain di seluruh dunia. Keberhasilan game ini tidak datang begitu saja, tetapi didasarkan pada berbagai fitur menarik yang ditawarkan.

Salah satu daya tarik utama dari Heroes Evolved adalah pilihan karakter hero yang sangat beragam, dengan lebih dari 100 hero yang dapat kamu pilih.

Hal ini memberikan pemain banyak pilihan dalam hal gaya bermain, mulai dari warrior yang kuat, assassin yang lincah, hingga support yang membantu tim.

Dengan berbagai macam peran yang tersedia, pemain dapat menyesuaikan permainan mereka sesuai dengan keahlian mereka.

Selain itu, sistem pemadanan (matchmaking) di Heroes Evolved dirancang dengan baik. Ini memastikan bahwa pemain baru akan melawan pemain baru, sehingga tidak ada ketimpangan kekuatan yang terjadi. Hal ini memastikan pengalaman bermain yang adil dan menyenangkan untuk semua pemain.

Grafis yang dihadirkan oleh Heroes Evolved juga patut diacungi jempol. Dengan tampilan yang memukau, pemain dapat benar-benar terpesona oleh visual game ini, membuat mereka betah berlama-lama memandang layar smartphone mereka.

Dalam kombinasi dengan gameplay yang mendebarkan, Heroes Evolved menawarkan pengalaman Multiplayer Online Battle Arena yang lengkap dan memuaskan.

Seperti yang disebutkan dalam artikel, game-game Multiplayer Online Battle Arena ini membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar, tetapi dengan pengalaman bermain yang ditawarkan oleh Heroes Evolved, sepertinya usaha untuk menyiapkan perangkat yang sesuai akan sebanding dengan kesenangan yang akan kamu rasakan dalam permainan.

Bagi para penggemar genre game MOBA, Heroes Evolved adalah salah satu game yang wajib untuk diinstal pada tahun 2023. (CW)