Tips Perawatan Mobil Terbaik untuk Menghadapi Musim Hujan

Berkendara saat musim hujan memang cukup merepotkan. Namun musim hujan di Indonesia tidak bisa dihindari, oleh karena itu,  Anda mungkin perlu memiliki beberapa tips berguna untuk menjaga mobil Anda tetap aman selama musim hujan ini.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mobil Anda tetap aman saat menghadapi musim hujan? Ayo cari tahu di bawah ini!

Indonesia adalah negara yang hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Penting untuk melakukan perawatan mobil Anda baik pada musim hujan maupun musim panas sekalipun.Nah berikut beberapa tips perawatan mobil untuk menghadapi musim hujan:

1. Bersihkan Jendela dan Kaca Depan Anda

Jelas sekali, bagian luar mobil paling banyak menghadapi cuaca musim hujan dengan kotoran, daun, dan curah hujan yang terus menerus turun ke atasnya. Jadi, Anda harus selalu merawat bagian luar mobil terlebih dahulu.

Salah satu penyebab kecelakaan di musim hujan adalah jarak pandang yang buruk. Membiarkan air hujan mengering di kaca depan mobil, endapan mineral menumpuk sehingga berubah menjadi kotoran. Kelalaian semacam ini sering kali menyebabkan kecelakaan, oleh karena itu penting untuk membersihkan kaca depan Anda dengan benar.

Jika Anda mengemudi dengan kaca depan dan spion yang kotor, itu akan menghambat penilaian Anda dan memberi Anda pandangan yang tidak jelas tentang apa yang ada di depan. Apalagi jika terkena hujan, tetesan air akan menempel pada kotoran dan debu sehingga membuat Anda semakin kesulitan saat berkendara.

Disarankan untuk membersihkan kaca depan, kaca belakang, kaca samping dan spion secara menyeluruh untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Anda juga dapat menggunakan produk anti air yang akan meningkatkan visibilitas karena tetesan air hujan akan mengalir, bukannya menempel di kaca.

2. Periksa Ban Mobil Anda Secara Teratur

Selama musim hujan, sebagian besar kecelakaan di jalan terjadi karena ban yang buruk dan tidak dirawat. Saat jalanan basah dan licin, dibutuhkan tenaga ekstra dari rem dan ban untuk membuat mobil berhenti dengan akurat. Ban yang aus dan tua tidak akan berguna bagi Anda, dan akan semakin sulit untuk menghentikannya pada saat yang tepat.

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi saat musim hujan adalah hydroplaning. Ban mobil memiliki lekukan yang disediakan untuk menahan kendaraan di jalan sambil mengalirkan air menjauh dari kontak tambalan.

Ketika ban mobil aus, mereka tidak dapat mengalirkan air yang cukup. Hal ini menyebabkan mobil berputar atau lepas kendali yang dikenal dengan istilah hydroplaning. Untuk menghindari hal ini dan menyebabkan kecelakaan, Anda harus mengganti ban mobil Anda yang sudah aus dan menjaganya agar tetap dipompa sesuai tekanan yang disarankan sebelum hujan turun.

3. Periksa Rem Mobil Anda

Selain ban, Anda juga perlu memeriksa rem mobil Anda. Sebagian besar kecelakaan terjadi karena rem blong. Saat rem Anda aus, semakin sulit untuk berhenti pada waktu yang tepat saat jalan basah. Untuk keselamatan mobil Anda dan orang-orang di dalamnya, sangat penting untuk memeriksa rem Anda.

Rem membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering selama situasi hujan. Jika Anda melihat ada suara mencicit atau gerinda saat mengerem, itu jelas pertanda Anda harus segera memeriksakan kendaraan Anda. Selain itu, pengereman saat hujan tidak bekerja secepat saat hari kering atau lembab.

4. Periksa Lampu Mobil Anda

Saat hujan deras , lampu Anda adalah penyelamat Anda. Lampu benar-benar memandu Anda melalui jalan yang gelap, dan lampu juga melindungi Anda dengan membantu mobil lain melihat mobil Anda. Memiliki lampu depan yang terawat dengan baik adalah suatu keharusan saat hujan deras.

Sangat penting untuk mencapai visibilitas optimal selama hujan. Lampu depan bisa menjadi kabur atau berawan seiring waktu karena sinar ultraviolet matahari dan kotoran yang menumpuk.

Cara terbaik untuk memeriksa semua lampu mobil Anda adalah dengan menyalakan semuanya dan memeriksa lampu yang berkedip, redup, atau mati total. Jika Anda menemukan salah satu faktor tersebut , sekarang saatnya untuk mengganti lampu Anda.

5. Merawat Wiper Kaca Depan Anda Dengan Benar

Wiper kaca depan mobil adalah salah satu komponen terpenting saat hujan deras. Wiper kaca depan idealnya diganti setiap tahun karena sering mengalami keausan yang dapat menyebabkannya menjadi kering, retak, dan rapuh.

Jika tidak sering diganti, mereka dapat meninggalkan goresan di kaca depan dan mengganggu penglihatan Anda. Saat mengganti wiper Anda, pastikan Anda membeli wiper dengan panjang yang sesuai dengan merek dan model mobil Anda, dan memiliki klip konektor yang tepat.

Wiper terbuat dari karet, yang dapat terurai dengan cepat di negara tropis seperti Indonesia karena musim panas yang lama. Panas yang berlebihan dapat membuat karet retak dan rapuh, yang dapat merusak kaca depan Anda jika Anda mencoba menggunakannya, bahkan di hari hujan.

6. Miliki Asuransi Mobil

Mencegah lebih baik daripada mengobati, dari pada Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk perbaikan dari kerusakan yang parah, akan lebih baik untuk mengasuransikan mobil Anda. Ini juga akan memberikan ketenangan pikiran, Anda harus mempercayai asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda.

Kesimpulan

Perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia seperti Garda Oto adalah pilihan yang tepat. Anda akan mendapatkan perlindungan mulai dari biaya perbaikan karena diakibatkan kecelakaan, perlindungan kendaraan dari pencurian dan banyak lagi.

Sekali lagi, penting untuk memiliki asuransi mobil yang tepat. Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi terbaik yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Karena musim hujan akan berlangsung lama di negara ini setidaknya beberapa bulan kedepan. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda dapat keluar dan berkendara melewati hujan.

Tips perawatan mobil musim hujan yang disebutkan di atas akan membantu menjaga mobil Anda tetap aman dan berkinerja lebih baik. (DW)