Ria Norsan

Musa Amin, Sosok Perantau yang Berhasil Mengkonversi Hobinya Menjadi Cuan

Image: Dok. Pribadi

BloggerBorneo.com – Cuaca mendung menggantung sejak pagi tidak menyurutkan niat Blogger Borneo untuk turun awal guna memastikan kondisi operasional berjalan sebagaimana mestinya.

Memasuki bulan ke-5, mengemban amanah sebagai seorang cleaner di salah satu brand local coffeeshop Pontianak membuat Blogger Borneo sesekali harus melakukan pengecekan langsung ke lokasi.

Kisah Kopdar dengan Bang Musa

Di pertengahan jalan, kondisi mendung tiba-tiba berubah menjadi hujan gerimis. Mencoba untuk terus melaju, hingga sampai di kawasan Jalan Soeprapto terasa hujan semakin lebat.

Tampak di depan sana, lokasi Warkop Up/Great sepertinya sudah buka. Tanpa pikir panjang, gas motor langsung diputar kencang dan langsung membelokkan stangnya masuk ke pelataran.

Alhamdulillah meskipun kondisi sudah lumayan basah, Blogger Borneo berhasil mencapai lokasi yang pas, aman, dan nyaman untuk berteduh sejenak.

Seperti biasa, pilihan menu minuman selalu mengarah ke Kopi Susu atau terkadang sesekali Kopi Saring Tanpa Gula. Melihat harganya, baru ngeh ternyata harganya sekarang sudah segitu.

Baca Juga:  Buku Dipuncak-puncak Rindu, Kisah Sebuah Perjalanan Menuju Tanah Suci

Tak lama setelah memesan, secangkir kopi susu plus mie goreng polos pun datang. Karena memang kondisinya belum sarapan, tidak butuh waktu lama untuk menghabiskan seporsi menu makanan tersebut.

Sedang asyik menyeruput kopi susu, tampak dari kejauhan sosok yang sepertinya tidak asing datang mengarah ke meja dimana Blogger Borneo berada. Ah… ternyata Bang Musa.

Memiliki Website dengan Domain Namanya Sendiri

Sebenarnya jika ingin bicara mengenai kisah perjumpaan dengan Bang Musa, sudah cukup lama. Entah berapa tahun lalu sudah lupa, yang pasti pada saat itu Beliau baru datang dari tanah kelahirannya yaitu Makassar.

Musa Amin, demikian nama lengkapnya tertulis sama persis dengan nama website yang dikelolanya. Merupakan sosok yang memiliki hobi mengutak-atik server dan menguasai sistem operasi Linux.

Meskipun memiliki website yang dikelolanya sendiri, Bang Musa sepertinya merasa sungkan jika disebut sebagai seorang blogger. Memang jika diperhatikan, tampilannya lebih seperti website profesional.

Tampilan Website Musa Amin
Image: musaamin.web.id

Bagi kawan-kawan yang merasa penasaran dengan websitenya Bang Musa, dapat langsung klik www.musaamin.web.id. Disinilah semua isi kepala dan layanan yang diberikan terdokumentasikan dengan baik.

Blogger Borneo merupakan salah seorang yang sering mengajak Bang Musa untuk hanya sekedar Kopi Darat, dari yang sifatnya hanya silaturahim sampai terkadang membahas hal-hal teknis.

Baca Juga:  Habibie Afsyah, Sosok Internet Marketer Indonesia yang Selalu Menginspirasi

Berbagi Ilmu Tanpa Berharap Materi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Bang Musa ini datang merantau ke Pontianak dengan membawa hobinya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Alhamdulillah dalam perjalanannya, Beliau diterima sebagai salah seorang dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak.

Akan tetapi meskipun statusnya telah menjadi seorang dosen, kecintaannya terhadap hobi yang dijalani sejak dulu tetap membuat dirinya eksis dan update dengan perkembangan teknologi terkini.

Bisa dilihat dari website yang dibuat dan dikelolanya sendiri, sudah berapa banyak artikel dipublikasikan dimana salah satu diantaranya ada Blogger Borneo re-publish di blog ini.

Panduan Umum Administrasi Ubuntu VPS Update, demikian judul artikel yang Blogger Borneo kutip langsung dari websitenya Bang Amin Musa.

Mengkonversi Hobi Menjadi Cuan

Niatlah berbagi, Insya Allah rejeki akan mengikuti. Mungkin demikian ungkapan yang cocok untuk menggambarkan bagaimana dari website yang dikelola sendiri, Bang Musa mendapatkan penghasilan dari jasa layanan yang diberikan.

Baca Juga:  Buku Dipuncak-puncak Rindu, Kisah Sebuah Perjalanan Menuju Tanah Suci

“Saya memang membuat website untuk berbagi ilmu dan pengalaman, namun dalam praktiknya banyak pembaca awam yang membutuhkan bantuan saya khususnya dalam bidang instalasi server VPS dan sejenisnya. Oleh karena itu, saya tawarkan aja sekalian layanan jasa yang dapat saya berikan. Alhamdulillah dari situ dapat memberikan penghasilan tambahan untuk saya.” demikian jelasnya.

Memang di era digital saat sekarang ini, dimana kebutuhan atau dapat juga disebut dengan ketergantungan terhadap teknologi informasi membuat peluang-peluang cuan baru bagi para praktisinya.

Musa Amin menjadi salah seorang contoh nyata bagaimana dirinya dapat mengkonversi hobi yang ditekuninya selama ini menjadi sumber cuan tambahan.

Penutup

Sejak algoritma Google mengalami perubahan yang cukup signifikan dua tahun terakhir, banyak para blogger terkena dampaknya termasuk Blogger Borneo sendiri.

Berusaha untuk mengembalikan kejayaan blog yang dikelola sendiri yaitu BloggerBorneo.com, mencoba untuk kembali membuat tulisan yang sifatnya organik.

Kisah mengenai Bang Musa Amin ini menjadi salah satu ikhtiar Blogger Borneo mengembalikan trust Google dimana kategori yang akan diangkat mengenai Kopi Darat akan Kopdar.

Untuk kedepannya, Insya Allah akan diupayakan untuk kembali aktif mengulas kisah-kisah sukses dari orang-orang yang pernah Blogger Borneo temui langsung selama ini. Stay update aja ya… (DW)

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More