BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik 2022 untuk Belajar Investasi

Investasi, jika ingat masa dulu waktu masih kuliah sepertinya kata tersebut terdengar sangat asing. Hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki latarbelakang keuangan dan paham dengan literasi finansial. Terkesan ekslusif.

Aplikasi Saham Terbaik

Seiring perkembangan waktu dan teknologi dimana semua sudah serba online dan lebih terbuka, berbagai macam informasi sepertinya sudah bukan menjadi sebuah hal yang ekslusif lagi. Tinggal buka Google dan ketikkan kata apa yang ingin dicari, dalam waktu singkat langsung muncul informasinya di hadapan mata.

Sama halnya mengenai literasi finansial yang sekarang sedang menjadi tren menarik untuk diperbincangkan oleh para kaum millenial. Jika dulu mindset para orang tua kita adalah bagaimana mencari uang dengan bekerja, maka sekarang mindset tersebut telah berubah menjadi bagaimana mencari uang dengan cara berinvestasi.

Mencari uang dengan cara cerdas, cukup dari rumah sambil rebahan, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dari hasil investasi yang kita lakukan. Tidak butuh modal besar dan kantor mentereng, selama Anda dapat terus konsisten sambil upgrading kemampuan diri maka Anda dapat mencapai satu titik yang sering disebut sebagai kebebasan finansial.

Investasi Saham

Sebelum membahas lebih lanjut, pasti Anda akan bertanya-tanya pekerjaan apa atau apa yang dikerjakan sehingga mencari uang hanya bisa dengan sambil rebahan di rumah saja. Beda zaman beda belalang, perkembangan zaman membuat cara mencari uang bisa lebih mudah dan menghasilkan. Tentu saja semua itu butuh proses pembelajaran dan pengalaman.

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah SAHAM? Sepertinya untuk saat sekarang istilah ini sudah cukup banyak berseliweran di media sosial atau lingkungan sekitar Anda. Sebenarnya istilah saham sudah lama digunakan, hanya saja ruang lingkupnya masih terbatas karena kondisi penyebaran informasi dulu tidak seperti sekarang.

Lagipula untuk bermain saham, asal mulanya hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu yang memang sudah paham dan memiliki modal “lumayan” untuk dapat membeli saham itu sendiri. Akan tetapi di zaman sekarang, untuk membeli saham tidak perlu harus dengan modal besar karena perusahaan-perusahaan sekuritas memberikan kemudahan dengan meluncurkan aplikasi saham terbaik milik mereka.

Definisi Saham

Menurut informasi yang Blogger Borneo kutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, yang dimaksud dengan saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) pada suatu perusahaan atau Perseroan Terbatas.

Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim (hak) atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Di pasar sekunder (bursa) atau dalam aktivitas perdagangan saham sehari-hari, harga-harga saham mengalami fluktuasi baik berupa kenaikan maupun penurunan. Pembentukan harga saham terjadi karena adanya permintaan dan penawaran atas saham tersebut.

Permintaan dan penawaran tersebut dipengaruhi banyak faktor, baik yang sifatnya spesifik berhubungan saham tersebut (kinerja perusahaan dan industri dimana perusahaan tersebut berada) maupun faktor yang sifatnya makro atau eksternal, seperti perkembangan tingkat suku bunga, inflasi, nilai tukar, dan faktor-faktor non ekonomi seperti kondisi sosial dan politik.

Stockbit Sekuritas Digital

Diantara beberapa perusahaan sekuritas di Indonesia, PT Stockbit Sekuritas Digital menjadi salah satu yang terus melakukan inovasi dengan mengembangkan sistem perdagangan berbasis digital dalam bentuk aplikasi Stockbit. Aplikasi saham terbaik ini dapat diunduh melalui Google PlayStore dan Apple Store.

Nama PT Stockbit Sekuritas Digital dipilih menggantikan nama perusahaan sebelumnya yaitu PT Mahakarya Artha Sekuritas yang secara resmi diakuisisi pada bulan Desember 2021. Perusahaan sekuritas ini sendiri telah berdiri sejak tahun 1990 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-132/PM/1992.

Sebagai perusahaan efek yang telah memiliki pengalaman, PT Stockbit Sekuritas Digital berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan memberikan layanan serta pengalaman investasi yang mudah, aman dan terpercaya bagi para investor melalui teknologi kelas dunia. Selain itu, bagi masyarakat awam aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk belajar mengenai investasi saham.

Fitur Aplikasi

Tampilan Grafik Pergerakan Transaksi Perdagangan Aplikasi Saham Terbaik (Sumber: Stockbit.Com)

Gambar diatas memperlihatkan salah satu fitur yang dimiliki aplikasi saham terbaik Stockbit yaitu Grafik Pergerakan Harga untuk Setiap Saham. Jika diperhatikan saham yang sedang dipantau pergerakannya adalah saham Bank Central Asia dengan kode BBCA.

Cara Mencari Rekomendasi Saham

Salah satu kelebihan menggunakan Stockbit adalah investor dapat mencari saham yang direkomendasikan untuk dibeli. Ya kita tahu sendiri bahwa proses untuk menentukan saham apa yang layak beli diantara ratusan saham tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tidaklah mudah.

Ada 4 (empat) cara mencari rekomendasi saham menggunakan fitur yang ada di Stockbit, antara lain:

  1. Stream Stockbit
  2. Trending Stock
  3. Analyst Rating
  4. Stock Screener

1. Stream Stockbit

Stream merupakan fitur komunitas dari aplikasi saham terbaik Stockbit yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi informasi, pemikiran, serta hasil analisis saham emiten tertentu secara gratis. Terdapat 6 (enam) kategori yang ada, antara lain: Ideas, News, Reports, Predictions, Chart, dan Insiders.

Masing-masing kategori berisikan informasi-informasi yang dapat membantu investor untuk mengambil keputusan investasi saham dengan mudah dan cepat. Khususnya informasi hasil analisis saham yang dibagikan oleh pengguna Stockbit.

2. Trending Stock

Fitur ini masih ada hubungan dengan fitur sebelumnya. Melalui fitur Trending Stock, kita dapat melihat daftar saham-saham apa saja yang paling banyak diperbincangkan para pengguna saat ini di Stream. Biasanya saham-saham yang banyak dibicarakan adalah saham yang harganya lagi naik signifikan.

Selain itu saham-saham yang memiliki potensi naik signifikan di masa depan, atau harganya sedang turun drastis akan memberikan kesempatan bagi para investor untuk entry atau beli saham tersebut sebelum harganya kembali naik.

3. Analyst Rating

Menggunakan fitur Analyst Rating cukup mudah. Cukup cari saham yang ingin dilihat analisanya di aplikasi saham terbaik Stockbit, misalnya BUKA. Langsung geser ke kanan dan klik menu “Analyst“. Secara otomatis akan muncul rekomendasi “Buy”, “Hold”, atau “Sell” saham yang dipilih beserta target harganya.

Fitur Analyst Rating Stockbit merupakan kumpulan hasil equity analyst report dari berbagai sekuritas di Indonesia yang dijadikan satu. Meskipun begitu, para investor tetap disarankan untuk melakukan analisis lebih lanjut sebelum mengambil keputusan investasi.

4. Stock Screener

Diantara ke-4 fitur cara mencari rekomendasi saham menggunakan aplikasi saham terbaik Stockbit, fitur Stock Screener merupakan fitur unggulan karena investor dapat dengan mudah menemukan saham terbaik berdasarkan indikator tertentu yang digunakan.

Secara default, Stockbit menyediakan beberapa pilihan indikator yang bisa kamu pilih antara lain Greenblatt’s Magic Formula, PE Strong Undervalued, PBV Strong Undervalued, High Volume Breakout, hingga berdasarkan tingkat margin keuntungan yang dibukukan.

Virtual Trading

Aplikasi saham terbaik Stockbit menyediakan fitur virtual trading bagi Anda yang ingin belajar berinvestasi menggunakan saldo virtual. Tentukan besaran saldo virtual yang akan digunakan untuk trading, kemudian pilih saham yang akan dibeli dan isi jumlah lot yang diinginkan.

Fitur Virtual Trading Stockbit
Tampilan ketika akan membeli saham menggunakan fitur virtual trading (Image: Stockbit.Com)

Pada gambar diatas merupakan tampilan ketika Blogger Borneo akan membeli saham BukaLapak dengan kode BUKA menggunakan fitur virtual trading. Posisi harga pada saat itu adalah 294 poin dan jumlah saham yang akan dibeli adalah 1000 lot (minimal transaksi 1 lot = 100 lembar saham).

Setelah sudah sesuai diisi jumlah lotnya, langsung klik Place Order. Tampilannya akan langsung tampak seperti dibawah ini:

Tampilan Saham yang Telah Dibeli
Tampilan ketika proses pembelian saham telah dilakukan (Image: Stockbit.Com)

Jika diperhatikan pada keterangan transaksi diatas ternyata REJECTED, hal ini dikarenakan hari ini pasar sedang tutup (close market) sehingga tidak bisa dilakukan proses pembelian saham. Hari kerja dari Senin – Jum’at dan Sabtu – Minggu libur.

Kesimpulan

Aplikasi saham terbaik Stockbit memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin belajar berinvestasi saham. Berbagai fitur tersedia khusus untuk mengetahui pergerakan saham dalam periode tertentu dan rekomendasi saham apa saja yang layak untuk dibeli.

Selain itu, tersedia juga fitur virtual trading dimana Anda dapat melakukan simulasi melakukan pembelian saham menggunakan saldo virtual yang diberikan. Bagi yang ingin mencoba semua fitur yang dimiliki dapat langsung melakukan download Stockbit di Google PlayStore atau Apple Store.

Referensi:

  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/64
  • https://stockbit.com/about
  • https://snips.stockbit.com/investasi/2021/12/27/4-cara-mencari-rekomendasi-saham-hari-ini-di-stockbit

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More