Cara Mendapatkan Laptop Gratis Tahun 2024, Pahami Mekanismenya

Apakah Anda sedang mencari laptop gratis? Mungkin Anda membutuhkannya untuk sekolah, pekerjaan, atau hobi Anda.

Atau mungkin Anda hanya ingin menghemat uang dan mendapatkan sesuatu yang bagus tanpa mengeluarkan biaya.

Cara Mendapatkan Laptop Gratis

Apapun alasan Anda, Anda mungkin berpikir bahwa mendapatkan laptop gratis adalah hal yang mustahil.

Bagaimana mungkin ada orang atau perusahaan yang mau memberikan laptop secara cuma-cuma? Apakah ada syarat atau biaya tersembunyi yang harus Anda bayar?

Jawabannya adalah tidak. Ada beberapa cara yang sah dan legal untuk mendapatkan laptop gratis, tanpa harus mengorbankan kualitas, keamanan, atau privasi Anda.

Tentu saja, Anda harus bersabar, teliti, dan beruntung, tetapi jika Anda mau berusaha, Anda bisa mendapatkan laptop impian Anda tanpa mengeluarkan sepeser pun.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara untuk mendapatkan laptop gratis, baik dari individu, organisasi, atau program pemerintah.

Kami juga akan memberikan beberapa tips dan trik untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan laptop gratis. Mari kita mulai!

1. Ikuti Kontes atau Giveaway

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan laptop gratis adalah dengan mengikuti kontes atau giveaway yang diselenggarakan oleh berbagai pihak, seperti merek laptop, media sosial, blog, podcast, atau situs web.

Biasanya, Anda hanya perlu melakukan hal-hal sederhana, seperti mengikuti akun, menyukai atau membagikan postingan, meninggalkan komentar, atau mendaftar ke newsletter.

Tentu saja, Anda harus berhati-hati dengan kontes atau giveaway yang terlihat mencurigakan atau terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Pastikan Anda memeriksa sumber, syarat dan ketentuan, dan testimoni dari pemenang sebelumnya. Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau keuangan Anda, atau membayar biaya apapun untuk mengikuti kontes atau giveaway.

Anda juga harus bersaing dengan ribuan orang lain yang juga menginginkan laptop gratis, jadi peluang Anda mungkin tidak terlalu besar. Namun, jika Anda rajin mengikuti kontes atau giveaway yang berbeda, Anda mungkin beruntung dan memenangkan salah satu dari mereka.

2. Daftar ke Program Pemerintah

Jika Anda tinggal di negara yang memiliki program pemerintah untuk memberikan laptop gratis kepada warga yang memenuhi syarat, Anda bisa mencoba mendaftar ke program tersebut.

Biasanya, program ini ditujukan untuk kelompok-kelompok tertentu, seperti siswa, guru, veteran, atau orang berpenghasilan rendah.

Misalnya, di Indonesia, ada program Kuota Belajar yang memberikan bantuan kuota internet dan laptop gratis kepada siswa, guru, dan dosen yang terdampak pandemi Covid-19.

Anda bisa mengajukan permohonan melalui situs web resmi program tersebut, atau melalui sekolah atau perguruan tinggi Anda.

Program pemerintah lainnya yang bisa Anda coba adalah Program 1 Juta Laptop, yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Program ini bertujuan untuk memberikan laptop dan smartphone gratis kepada pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan.

Untuk mengetahui apakah Anda memenuhi syarat untuk program pemerintah ini, Anda bisa menghubungi pihak berwenang yang terkait, atau mengunjungi situs web resmi mereka.

Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, KK, ijazah, atau surat keterangan dari sekolah atau perguruan tinggi Anda.

3. Hubungi Organisasi Nirlaba

Selain program pemerintah, ada juga beberapa organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, atau lingkungan yang memberikan laptop gratis kepada orang-orang yang membutuhkan.

Biasanya, organisasi-organisasi ini bekerja sama dengan donatur, sponsor, atau mitra yang menyediakan laptop bekas atau baru untuk didistribusikan kepada penerima manfaat.

Beberapa contoh organisasi nirlaba yang memberikan laptop gratis di Indonesia adalah:

  • Rumah Belajar, yang merupakan platform pembelajaran online yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rumah Belajar juga memiliki program Rumah Belajar Bergerak, yang memberikan laptop dan fasilitas belajar lainnya kepada sekolah-sekolah di daerah terpencil atau terisolir.
  • Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), yang merupakan organisasi sosial yang berfokus pada pemberdayaan anak dan pemuda melalui pendidikan, kesehatan, dan kewirausahaan. YCAB memiliki program YCAB for Learning, yang memberikan laptop dan bantuan lainnya kepada siswa dan guru yang terdampak pandemi Covid-19.
  • Yayasan Indonesia Mengajar, yang merupakan organisasi yang mengirimkan pengajar muda ke daerah-daerah terpencil di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sana. Indonesia Mengajar juga memiliki program Indonesia Mengajar Online, yang memberikan laptop dan akses internet kepada pengajar dan siswa di daerah terpencil agar bisa belajar secara online.

Untuk mendapatkan laptop gratis dari organisasi nirlaba ini, Anda bisa menghubungi mereka melalui situs web, email, telepon, atau media sosial mereka.

Anda juga bisa mengajukan permohonan melalui formulir online yang disediakan oleh mereka. Pastikan Anda menjelaskan alasan dan kebutuhan Anda dengan jelas dan jujur.

4. Tukar Poin atau Hadiah

Cara lain untuk mendapatkan laptop gratis adalah dengan menukar poin atau hadiah yang Anda kumpulkan dari berbagai aktivitas online, seperti mengisi survei, menonton video, bermain game, atau berbelanja.

Ada banyak situs web atau aplikasi yang menawarkan poin atau hadiah ini, yang bisa Anda tukarkan dengan laptop atau kartu hadiah yang bisa Anda gunakan untuk membeli laptop.

Beberapa situs web atau aplikasi yang bisa Anda coba adalah:

  • Swagbucks, yang merupakan situs web yang memberikan poin yang disebut Swagbucks (SB) jika Anda melakukan hal-hal seperti mengisi survei, menonton video, berbelanja online, atau mencari di web. Anda bisa menukar SB Anda dengan laptop atau kartu hadiah dari Amazon, Walmart, PayPal, dan lain-lain.
  • InboxDollars, yang merupakan situs web yang memberikan uang tunai jika Anda melakukan hal-hal seperti mengisi survei, menonton video, bermain game, atau membaca email. Anda bisa mencairkan uang Anda melalui cek, kartu hadiah, atau PayPal.
  • AppNana, yang merupakan aplikasi yang memberikan poin yang disebut Nanas jika Anda mengunduh dan memainkan aplikasi atau game tertentu. Anda bisa menukar Nanas Anda dengan laptop atau kartu hadiah dari Amazon, iTunes, Google Play, dan lain-lain.

5. Mintalah Donasi atau Bantuan

Jika Anda benar-benar membutuhkan laptop gratis, tetapi tidak memiliki cara lain untuk mendapatkannya, Anda bisa mencoba meminta donasi atau bantuan dari orang-orang yang peduli.

Anda bisa membuat kampanye penggalangan dana online di situs web seperti GoFundMe, Kitabisa, atau BenihBaik, dan menjelaskan situasi dan kebutuhan Anda dengan jelas dan jujur.

Anda juga bisa mempromosikan kampanye Anda melalui media sosial, email, atau pesan teks, dan meminta teman, keluarga, atau kenalan Anda untuk menyebarkan kabar atau berdonasi.

Anda bisa memberikan imbalan atau ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu Anda, atau memberikan laporan perkembangan tentang penggunaan laptop Anda.

Selain membuat kampanye penggalangan dana online, Anda juga bisa mencari donatur atau sponsor yang mau memberikan laptop gratis kepada Anda.

Anda bisa menghubungi individu, organisasi, atau perusahaan yang bergerak di bidang yang sesuai dengan kepentingan Anda, seperti pendidikan, teknologi, atau kreativitas, dan menawarkan kerjasama atau pertukaran manfaat.

Misalnya, Anda bisa menulis surat atau email yang menyatakan bahwa Anda adalah seorang siswa, guru, penulis, desainer, atau apapun yang membutuhkan laptop untuk meningkatkan keterampilan atau karier Anda.

Anda meminta mereka untuk memberikan laptop gratis sebagai bentuk dukungan atau bantuan. Anda juga bisa menawarkan untuk mempromosikan merek atau produk mereka, atau memberikan testimoni atau ulasan positif tentang mereka.

6. Manfaatkan Program Trade-In atau Recycle

Cara lain untuk mendapatkan laptop gratis adalah dengan memanfaatkan program trade-in atau recycle yang ditawarkan oleh beberapa merek laptop, toko elektronik, atau situs web.

Program ini memungkinkan Anda untuk menukar laptop lama atau rusak Anda dengan laptop baru atau refurbished, atau mendapatkan kredit atau kartu hadiah yang bisa Anda gunakan untuk membeli laptop.

Beberapa contoh program trade-in atau recycle yang bisa Anda coba adalah:

  • Apple Trade In, yang merupakan program yang memungkinkan Anda menukar perangkat Apple lama Anda, seperti MacBook, iPad, iPhone, atau Apple Watch, dengan kredit yang bisa Anda gunakan untuk membeli perangkat Apple baru. Jika perangkat Anda tidak memenuhi syarat untuk trade-in, Anda bisa mengirimkannya ke Apple untuk didaur ulang secara gratis.
  • Best Buy Trade-In, yang merupakan program yang memungkinkan Anda menukar perangkat elektronik lama Anda, seperti laptop, tablet, smartphone, atau kamera, dengan kartu hadiah Best Buy yang bisa Anda gunakan untuk membeli perangkat baru. Jika perangkat Anda tidak memenuhi syarat untuk trade-in, Anda bisa mengantarkannya ke toko Best Buy terdekat untuk didaur ulang secara gratis.
  • Gazelle, yang merupakan situs web yang memungkinkan Anda menjual atau membeli perangkat elektronik bekas, seperti laptop, tablet, smartphone, atau desktop. Anda bisa mendapatkan uang tunai atau kartu hadiah Amazon jika Anda menjual perangkat Anda ke Gazelle, atau mendapatkan diskon jika Anda membeli perangkat refurbished dari Gazelle.

Untuk memanfaatkan program trade-in atau recycle ini, Anda harus memeriksa nilai, kondisi, dan kelayakan perangkat Anda terlebih dahulu.

Anda juga harus menghapus data pribadi Anda dari perangkat Anda sebelum menukarnya. Anda bisa mengikuti instruksi yang diberikan oleh masing-masing program untuk melakukan proses trade-in atau recycle.

7. Cari Tawaran atau Diskon

Jika Anda tidak bisa mendapatkan laptop gratis, Anda bisa mencoba mencari tawaran atau diskon yang bisa mengurangi harga laptop yang Anda inginkan. Ada banyak cara untuk mendapatkan tawaran atau diskon ini, seperti:

  • Menggunakan situs web atau aplikasi perbandingan harga, seperti Priceza, Pricebook, atau Pricelist, yang bisa membantu Anda menemukan harga terbaik untuk laptop yang Anda cari dari berbagai toko online atau offline.
  • Menggunakan situs web atau aplikasi kupon, seperti ShopBack, ShopCoupons, atau KodePromo, yang bisa memberikan Anda kupon, kode promo, atau cashback jika Anda berbelanja di toko online tertentu.
  • Menggunakan situs web atau aplikasi penawaran harian, seperti Groupon, LivingSocial, atau Fave, yang bisa memberikan Anda diskon besar-besaran untuk produk atau layanan tertentu, termasuk laptop, selama waktu terbatas.
  • Mengikuti program loyalitas, seperti Samsung Rewards, Lenovo Rewards, atau ASUS Advantage, yang bisa memberikan Anda poin atau hadiah jika Anda membeli atau mereview produk mereka, yang bisa Anda tukarkan dengan laptop atau aksesori lainnya.
  • Menunggu momen-momen tertentu, seperti Hari Belanja Online Nasional, Black Friday, atau Cyber Monday, yang biasanya menawarkan diskon besar-besaran untuk berbagai produk, termasuk laptop, di berbagai toko online atau offline.

Untuk mendapatkan tawaran atau diskon ini, Anda harus rajin mencari dan membandingkan harga laptop yang Anda inginkan dari berbagai sumber.

Anda juga harus berhati-hati dengan tawaran atau diskon yang terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, atau yang meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi atau keuangan Anda.

Pastikan Anda memeriksa reputasi dan ulasan toko atau situs web yang Anda gunakan sebelum berbelanja.

8. Pinjam dari Teman atau Keluarga

Cara termudah untuk mendapatkan laptop gratis adalah dengan meminjamnya dari teman atau keluarga Anda yang memiliki laptop cadangan atau jarang digunakan.

Anda bisa menjelaskan alasan dan kebutuhan Anda dengan sopan dan jujur, dan meminta mereka untuk meminjamkan laptop mereka untuk sementara waktu.

Tentu saja, Anda harus menghormati dan menjaga laptop yang Anda pinjam dengan baik. Anda harus mengembalikannya dalam kondisi yang sama atau lebih baik dari sebelum Anda meminjamnya. Anda juga harus menghapus data pribadi Anda dari laptop tersebut sebelum mengembalikannya.

Anda bisa memberikan imbalan atau ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah meminjamkan laptop mereka kepada Anda, atau membalas budi jika mereka membutuhkan bantuan Anda di kemudian hari.

9. Sewa dari Perpustakaan atau Tempat Lain

Jika Anda tidak bisa meminjam laptop dari teman atau keluarga Anda, Anda bisa mencoba menyewanya dari perpustakaan atau tempat lain yang menyediakan layanan penyewaan laptop.

Biasanya, Anda hanya perlu membayar biaya sewa yang murah atau bahkan gratis, dan menunjukkan identitas atau kartu anggota Anda untuk menyewa laptop untuk jangka waktu tertentu.

Beberapa contoh perpustakaan atau tempat lain yang menyediakan layanan penyewaan laptop di Indonesia adalah:

  • Perpustakaan Nasional, yang merupakan perpustakaan terbesar dan tertua di Indonesia, yang menyediakan layanan penyewaan laptop gratis bagi pengunjung yang ingin menggunakan laptop untuk keperluan pendidikan, penelitian, atau pekerjaan. Anda bisa menyewa laptop selama maksimal 3 jam per hari, dengan syarat Anda memiliki kartu anggota Perpustakaan Nasional dan tidak menyimpan data pribadi Anda di laptop tersebut.
  • CoHive, yang merupakan jaringan coworking space yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, yang menyediakan layanan penyewaan laptop bagi pengguna yang ingin bekerja atau belajar di tempat mereka. Anda bisa menyewa laptop dengan harga mulai dari Rp 50.000 per jam, dengan syarat Anda memiliki akun CoHive dan membayar biaya sewa di muka.
  • RentLio, yang merupakan situs web yang menyediakan layanan penyewaan berbagai barang, termasuk laptop, bagi pengguna yang membutuhkannya untuk jangka pendek atau panjang. Anda bisa menyewa laptop dengan harga mulai dari Rp 100.000 per hari, dengan syarat Anda memiliki akun RentLio dan memberikan jaminan berupa KTP, SIM, atau paspor.

Untuk menyewa laptop dari perpustakaan atau tempat lain ini, Anda harus memeriksa ketersediaan, spesifikasi, dan kondisi laptop yang Anda inginkan terlebih dahulu.

Anda juga harus mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku untuk penyewaan laptop, seperti batas waktu, biaya tambahan, atau tanggung jawab kerusakan.

Anda harus mengembalikan laptop dalam keadaan baik dan bersih, dan menghapus data pribadi Anda dari laptop tersebut sebelum mengembalikannya.

10. Buat Laptop Anda Sendiri

Cara terakhir untuk mendapatkan laptop gratis adalah dengan membuat laptop Anda sendiri dari komponen-komponen yang Anda miliki atau dapatkan secara gratis.

Ini mungkin terdengar sulit atau tidak mungkin, tetapi sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukannya, seperti:

  • Menggunakan Raspberry Pi, yang merupakan komputer mini yang bisa Anda beli dengan harga murah atau dapatkan secara gratis dari berbagai sumber, seperti sekolah, universitas, atau komunitas. Anda bisa menghubungkan Raspberry Pi dengan layar, keyboard, mouse, dan baterai yang Anda miliki atau dapatkan secara gratis, dan menginstal sistem operasi yang Anda inginkan, seperti Windows, Linux, atau Chrome OS.
  • Menggunakan laptop bekas, yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari teman, keluarga, atau tempat lain yang tidak membutuhkannya lagi. Anda bisa memperbaiki atau mengganti komponen-komponen yang rusak atau usang, seperti layar, keyboard, mouse, baterai, atau hard drive, dengan komponen-komponen yang Anda miliki atau dapatkan secara gratis. Anda juga bisa menginstal sistem operasi yang Anda inginkan, seperti Windows, Linux, atau Chrome OS.
  • Menggunakan proyektor, yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari sekolah, universitas, atau tempat lain yang tidak membutuhkannya lagi. Anda bisa menghubungkan proyektor dengan smartphone, tablet, atau komputer yang Anda miliki atau dapatkan secara gratis, dan memproyeksikan layar laptop ke dinding, meja, atau permukaan lainnya. Anda juga bisa menggunakan keyboard dan mouse nirkabel yang Anda miliki atau dapatkan secara gratis untuk mengoperasikan laptop Anda.

Untuk membuat laptop Anda sendiri dari komponen-komponen yang Anda miliki atau dapatkan secara gratis, Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar tentang elektronik, komputer, dan perangkat lunak.

Anda juga harus berhati-hati dengan resiko kerusakan, kebakaran, atau kecelakaan yang mungkin terjadi saat Anda merakit atau menggunakan laptop Anda. Anda harus mengikuti panduan atau tutorial yang tersedia di internet atau buku untuk membuat laptop Anda sendiri.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara untuk mendapatkan laptop gratis, baik dari individu, organisasi, atau program pemerintah.

Kami juga telah memberikan beberapa tips dan trik untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan laptop gratis.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari laptop gratis untuk keperluan Anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara mendapatkan laptop gratis:

FAQ

Q: Apakah ada cara lain untuk mendapatkan laptop gratis selain yang disebutkan di artikel ini?

A: Ada beberapa cara lain yang mungkin bisa Anda coba, seperti mengikuti program magang, beasiswa, atau relawan yang memberikan laptop gratis sebagai imbalan, atau menghubungi influencer, selebriti, atau tokoh publik yang mungkin mau memberikan laptop gratis sebagai hadiah atau sponsor.

Q: Apakah ada resiko atau konsekuensi yang harus saya pertimbangkan saat mencoba mendapatkan laptop gratis?

A: Ada beberapa resiko atau konsekuensi yang mungkin Anda hadapi, seperti mendapatkan laptop yang palsu, rusak, atau bermasalah, menjadi korban penipuan, pencurian, atau malware, atau melanggar hukum, etika, atau moral. Anda harus selalu berhati-hati, teliti, dan bertanggung jawab saat mencoba mendapatkan laptop gratis.

Q: Apakah saya harus membayar pajak atau biaya lainnya jika saya mendapatkan laptop gratis?

A: Tergantung pada sumber, nilai, dan lokasi laptop yang Anda dapatkan secara gratis, Anda mungkin harus membayar pajak atau biaya lainnya, seperti bea cukai, pengiriman, atau asuransi. Anda harus memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku untuk laptop yang Anda dapatkan secara gratis, dan mengikuti aturan dan peraturan yang berlaku di negara atau daerah Anda.

Q: Apakah saya bisa menjual atau menukar laptop yang saya dapatkan secara gratis?

A: Tergantung pada sumber, kondisi, dan perjanjian laptop yang Anda dapatkan secara gratis, Anda mungkin bisa menjual atau menukar laptop tersebut dengan orang lain, atau tidak. Anda harus memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku untuk laptop yang Anda dapatkan secara gratis, dan menghormati hak dan kewajiban yang terkait dengan laptop tersebut.

Q: Apakah saya bisa meminta lebih dari satu laptop gratis?

A: Tergantung pada sumber, ketersediaan, dan kebijakan laptop yang Anda minta secara gratis, Anda mungkin bisa meminta lebih dari satu laptop gratis, atau tidak. Anda harus memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku untuk laptop yang Anda minta secara gratis, dan tidak menyalahgunakan atau mengeksploitasi kesempatan yang diberikan kepada Anda. (AI)