Daftar SMP Negeri Pontianak yang Masih Membuka Kuota PPDB Online Tahun 2024/2025

BloggerBorneo.com – PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) adalah proses penerimaan siswa baru di jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia.

Proses ini dilakukan setiap tahun ajaran baru dan diatur oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

PPDB SMP Negeri Pontianak

PPDB bertujuan untuk memastikan bahwa proses penerimaan siswa baru berjalan dengan transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif. Ada beberapa jalur penerimaan yang biasanya dibuka, antara lain:

  1. Jalur Zonasi: Mengutamakan calon siswa yang bertempat tinggal di dekat sekolah yang dituju.
  2. Jalur Afirmasi: Diperuntukkan bagi siswa dari keluarga kurang mampu atau kelompok tertentu.
  3. Jalur Prestasi: Untuk siswa yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik.
  4. Jalur Perpindahan Orang Tua: Untuk siswa yang orang tuanya pindah tugas atau domisili.

Pendaftaran PPDB bisa dilakukan secara online atau offline tergantung dari kebijakan daerah masing-masing. Situs resmi PPDB biasanya menyediakan informasi lengkap mengenai prosedur pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan jalur penerimaan yang tersedia.

Pemenuhan Kuota Siswa SMP Negeri Pontianak

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMP di Kota Pontianak tahun ajaran 2024-2025 akan segera dimulai. Berikut adalah beberapa informasi penting terkait PPDB tersebut:

  1. Jadwal Pendaftaran:
    • Pendaftaran PPDB SMP akan dibuka dari tanggal 28 Juni hingga 2 Juli 2024​ (Siap PPDB)​​ (Disdikbud Kota Pontianak)​.
  2. Mekanisme Pendaftaran:
    • Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs resmi PPDB Kota Pontianak di pontianak.siap-ppdb.com​ (Siap PPDB)​​ (Disdikbud Kota Pontianak)​.
    • Selain online, pendaftaran juga bisa dilakukan secara offline di sekolah-sekolah yang ditunjuk.
  3. Jalur Pendaftaran:
    • PPDB akan dibuka melalui beberapa jalur, termasuk jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua​ (Siap PPDB)​.
  4. Persyaratan:
    • Calon peserta didik harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan, seperti usia maksimal, dokumen administratif, dan persyaratan khusus sesuai dengan jalur yang dipilih​ (Disdikbud Kota Pontianak)​.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resmi PPDB di daerah Anda atau situs Dinas Pendidikan setempat. Misalnya, untuk PPDB Kota Pontianak, informasi dapat diakses melalui pontianak.siap-ppdb.com atau situs Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak​ (Siap PPDB)​​ (Disdikbud Kota Pontianak)​. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More