Borneofood Indotama, Distributor Daging Beku Halal Pontianak

Kebutuhan daging yang cukup besar di pasaran lokal khususnya untuk kawasan kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat selama ini membuat para pemasok tidak bisa mengandalkan ketersediaan daging segar karena jumlahnya sangat terbatas.

Distributor Daging Beku Halal Pontianak – Bicara pasokan daging di Kalimantan Barat, kita tidak bisa lepas dari peranan para distributor daging beku Pontianak yang ada dimana salah satu diantaranya adalah Borneofood Indotama. Sejak tahun 2015, perusahaan ini telah mengambil peranan penting sebagai penjaga mata rantai distribusi daging yang didatangkan langsung dari Jakarta.

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf pembuka bahwa ketersediaan daging segar di Indonesia sampai detik ini masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, jalur distribusi melalui pintu import pun dibuka dengan memasok daging beku jenis kerbau dari India dan jenis sapi dari Australia.

Distributor Daging Beku Halal Pontianak

Selama kurang lebih 4 (empat) tahun menjadi pemasok daging beku untuk beberapa daerah atau kabupaten di Kalimantan Barat, di tahun ke-5 Borneofood Indotama memutuskan untuk terjun langsung dari yang sebelumnya berstatus sub distributor menjadi distributor daging beku halal Pontianak. Otomatis dengan perubahan status ini, maka jangkauan wilayah pemasarannya akan semakin luas.

Demi mempermudah akses komunikasi dan pengiriman dari Jakarta ke Pontianak, pada awal tahun ini Borneofood Indotama telah membuka kantor cabang di Jakarta yang terletak di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Sedangkan untuk kantor cabang di Pontianak sendiri, untuk saat ini masih menempati kantor di kawasan TPI Kabupaten Kubu Raya.

Daging Sapi Beku

Sebagai salah satu perusahaan yang masih terus belajar khususnya dalam bidang perdagangan daging beku di Kalimantan Barat, Borneofood Indotama merasa memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai nama bagian sapi atau kerbau yang selama ini beredar di pasaran.

Jika diperhatikan, selama ini masyarakat hanya mendengar istilah daging untuk rendang, daging untuk bakso, daging untuk sop atau bubur, daging untuk sate, dan daging-daging untuk kebutuhan lainnya. Padahal dalam kenyataannya, dalam satu tubuh kerbau atau sapi terdiri atas banyak bagian yang secara detail penjelasannya dapat dibaca pada penjelasan berikut ini:

Nama Bagian Daging Sapi

Nama Bagian Daging Sapi

Blade (Punuk)

Bagian daging sapi ini terletak di atas tubuh yang menyambung dari bagian punuk hingga ke bagian daging paha depan. Di bagian tengahnya terdapat serat-serat kasar yang mengarah ke bagian bawah. Daging bagian ini cocok digunakan untuk daging asap.

Chuck (Paha Depan)

Bagian daging sapi ini terletak di atas paha depan. Daging ini memiliki ciri khas berbentuk potongan segi empat yang tebalnya berkisar antara 2-3 cm. Selain itu, daging bagian dari tulang pundak juga masih menempel ke bagian paha sampai ke bagian terluar dari punuk.

Borneofood Indotama Distributor Daging Beku Halal Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Cube Roll

Bagian daging sapi ini terletak di belakang sapi atau kerbau, sekitar has dalam, has luar dan tanjung. Potongan daging ini diambil dari bagian punggung, dipotong dari rusuk keempat sampai rusuk kedua belas. Daging ini biasanya dipanggang, dibakar atau digrill.

Sirloin (Has Luar)

Bagian daging sapi ini terletak di bawah iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam. Daging ini masuk dalam kategori daging yang paling murah dari semua jenis has karena otot sapi pada bagian ini masih terasa cukup keras.

Tenderloin (Has Dalam)

Bagian daging sapi ini terletak di tengah badan, biasanya digunakan sebagai bahan pembuat steak. Sesuai dengan karakteristiknya, daging ini terdiri dari bagian-bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang, dan kurang lebih di antara bahu dan tulang panggul.

Rump

Bagian daging sapi ini terletak di punggung belakang. Daging ini biasanya disajikan dengan dipanggang.

Silver Side

Bagian daging sapi ini terletak di paha belakang sapi terluar dan paling dasar. Khusus untuk bagian daging ini, sering tertukar penyebutannya dengan menyamakannya dengan Daging Paha Depan atau Shank.

Inside (Knuckle)

Bagian daging sapi ini terletak di paha belakang bagian atas yang berada di antara penutup dan gandik, sering disebut sebagai Kelapa atau lebih dikenal dengan nama inside/knuckle. Daging ini biasanya digunakan untuk jenis hidangan panggangan dan casserole.

Flank

Bagian daging sapi ini terletak di otot perut. Daging ini sering digunakan untuk campuran taco, makanan khas Meksiko, dan bisa juga digunakan sebagai bahan baku steak.

Rib Meat (Iga)

Bagian daging sapi ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke 12. Rib-eye steak adalah potongan dalam bentuk steak, bisa dengan tulang (bone in) atau tanpa tulang (boneless).

Brisket

Bagian daging sapi ini terletak di bagian dada bawah sekitar ketiak. Daging ini lebih umum digunakan untuk mengistilahkan nama bagian daging sapi atau bagian daging anak sapi. Bagian daging ini termasuk delapan bagian daging sapi yang utama.

Daging Kerbau Beku

Borneofood Indotama sebagai perusahaan distributor daging beku halal Pontianak, selain menjual daging sapi beku juga menjual produk daging kerbau beku dari India yang diimpor resmi oleh BULOG. Kebutuhan masyarakat di Indonesia secara keseluruhan akan kebutuhan daging sangat besar, oleh karena itu kami menyediakan dua jenis daging beku yaitu Daging Sapi dan Kerbau.

Secara umum, daging kerbau relatif keras konsistensinya dengan warna merah agak gelap. Kandungan lemak daging kerbau relatif rendah daripada daging sapi. Daging kerbau dikonsumsi oleh banyak penduduk di Asia Selatan dan Asia Tenggara, tempat asal hewan ini. Pengolahan daging kerbau biasanya sama dengan daging sapi.

Kode Bagian Daging Kerbau

Berbeda dengan penamaan bagian daging sapi beku yang telah dijelaskan sebelumnya, maka untuk bagian daging kerbau menggunakan kode HQ, FQ, dan FH.

HQ (Hind Quarter)

Hind Quarter merupakan daging kerbau bagian paha belakang. Terdiri atas beberapa potong bagian tertentu dan trimmingnya. Daging HQ tidak harus mengandung potongan seperti: Tender Loin, Shank, dan Flank Steak.

FQ (Fore Quarter)

Fore Quarter merupakan daging kerbau bagian paha depan. Terdiri atas beberapa potong bagian utama tertentu dan trimmingnya. Daging HQ tidak harus mengandung potongan seperti: Tender Loin, Shank, dan Flank Steak tetapi harus mengandung 3 (tiga) jenis potongan dari bagian, seperti: Chuck, Neck, dan Blade.

FH (Fore Hind)

Merupakan potongan yang menggabungkan antara Fore Quarter (FH) dan Hind Quarter (HQ).

Distributor Daging Beku Pontianak
Image: Google.Com

Harga Terbaru

Borneofood Indotama merupakan perusahaan yang resmi terdaftar sebagai distributor daging beku halal Pontianak, semua izin yang dibutuhkan sudah dimiliki. Sedangkan untuk status Halal, tidak perlu dikuatirkan lagi karena pihak supplier telah disertifikasi dari lembaga halal di negara asal daging tersebut berasal.

Nah, sekarang sepertinya sudah cukup jelas ya informasi mengenai nama bagian dan harga terbaru untuk daging sapi atau kerbau yang selama ini dijual oleh para distributor daging beku halal Pontianak. Bagi para pemilik rumah makan, pemilik usaha katering, pemilik usaha eo pernikahan pontianak, dan pemilik usaha yang menggunakan daging sebagai bahan bakunya dapat langsung menghubungi marketing Borneofood Indotama di nomor 0821-5032-3636. (DW)

Keterangan:

  • Bagi para pembeli eceran kiloan bisa langsung melakukan pemesanan dengan menghubungi nomor WhatsApps diatas (harga menyesuaikan)

Referensi:

  • https://www.beritasatu.com/tips/30297/mengenal-bagian-daging-sapi

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More