Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Jambore TIK Disabilitas 2017 untuk Kalangan Remaja dan Dewasa

Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI dan BP3TI dengan bangga mempersembahkan "Jambore TIK Disabilitas Tahun 2017 untuk Kalangan Remaja dan Dewasa".

Jambore TIK Disabilitas
Peserta Jambore TIK Disabilitas Tahun 2016 (Image: Kominfo.Go.Id)

Pada penyelenggaraan tahun ini tema kegiatan yang diambil adalah “Dengan TIK Lampaui Batas”. Segera daftarkan diri Anda untuk jadi pengajar atau peserta di web resmi registrasi http://­jambore.pustiknas.web­.id

JAMBORE TIK DISABILITAS 2017

Jambore TIK Disabilitas untuk penyandang disabilitas diselenggarakan oleh Kementrian Kominfo RI. Pada tahun 2017 ini, jadwal pelaksanaannya di bulan Oktober sampai November 2017. Persiapkan dirimu untuk mengikuti rangkaian pelatihan dan lomba di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kegiatan berlangsung untuk peserta dari seluruh Indonesia, 34 provinsi, dengan pusat lokasi di lima kota: Jayapura, Balikpapan, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan final di Jakarta.

Siapa yang boleh menjadi peserta di Jambore TIK Disabilitas 2017?

Para remaja dan dewasa disabilitas usia 15-30 tahun dari seluruh Indonesia boleh ikut mendaftar. Kategori disabilitasnya meliputi penyandang disabilitas penglihatan (tunanetra), disabilitas fisik (tunadaksa), disabilitas pendengaran (tunarungu), dan disabilitas intelektual.

Apa saja pelatihan dan lomba yang diadakan?

Kamu dapat mengikuti berbagai pelatihan computer yang ditutup dengan kompetisi seperti mengoperasikan Microsoft Office Word dan Excel, Public Speaking (membuat presentasi dengan PowerPoint), Desain grafis, dan Internet e-commerce.

Dimana saja pelatihan dan lomba akan diadakan?

  1. Kota Jayapura (peserta dari Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara).
  2. Kota Balikpapan (peserta dari provinsi-provinsi di pulau Kalimantan).
  3. Kota Manado (Peserta dari provinsi-provinsi di pulau Sulawesi).
  4. Kota Palembang (peserta dari provinsi-provinsi di pulau Sumatra).
  5. Kota Yogyakarta (peserta dari provinsi-provinsi di pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara).
  6. Kota Jakarta dan Pustiknas Tangerang Selatan untuk putaran final.

Berapa orang peserta untuk Jambore TIK Disabilitas 2017?

Tiap kota total peserta adalah 100 orang dari berbagai penyandang disabilitas yang lolos seleksi. Mereka terpilih dari perwakilan provinsi-provinsi yang tergabung dalam regional kota penyelenggara. Dari tiap kota regional, akan dipilih finalis 20 orang yang kemudian diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi puncak.

Apa itu instruktur dari program Training for Trainers (TOT) Jambore TIK Disabilitas?

Dari tiap kota penyelenggara (Jayapura, Balikpapan, Menado, Palembang, Yogyakarta, dan Jakarta) akan direkrut para instruktur yang akan mengajar saat pelatihan peserta sebelum hari lomba di Jambore TIK Disabilitas. Mereka nanti akan mengikuti Training for Trainers di Pusat TIK Nasional Ciputat, Tangerang Selatan, untuk dilatih agar dapat membekali peserta dengan materi lomba yang ditandingkan, serta membantu untuk mendorong para penyandang disabilitas di lokasinya agar mengikuti event Jambore TIK Disabilitas 2017.

Siapa yang boleh mendaftar jadi instruktur di pelatihan Training for Trainers (TOT) Jambore TIK Disabilitas 2017?

Boleh disabilitas atau non-disabilitas, seorang guru atau bukan guru, yang punya kemampuan komputer dasar, dan punya keinginan untuk berbagi dan menginspirasi peserta Jambore TIK Disabilitas. Para penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan, diharapkan dan didorong untuk dapat menjadi instruktur, karena ini jadi kesempatan bagus untuk belajar sekaligus akan lebih mudah dan menginspirasi tentunya mengajarkan dan menyampaikan materi ke sesama disabilitas.

Berapa biaya untuk mengikuti pelatihan dan lomba tersebut?

Seluruh rangkaian ini gratis untuk peserta dan pendamping. Kementrian Kominfo RI akan menanggung biaya transportasi, akomodasi, dan juga konsumsi selama kegiatan bagi pengajar dan peserta terpilih.

Bagaimana cara pendaftarannya?

Pendaftaran peserta seluruhnya via online di web http://jambore.pustiknas.web.id. Grup ini digunakan sebagai media sosialisasi yang dikelola oleh Kartunet dan pengingat untuk para calon peserta dan pendamping yang berminat. Kami mohon untuk bantu menyebarkan informasi ini ke seluruh penyandang disabilitas, dan bantu untuk ajak bergabung di grup ini. Sehingga tiap update kegiatan dapat langsung disampaikan lebih cepat.

PENDAFTARAN JAMBORE TIK DISABILITAS

Batas waktu pendaftaran:

  • Bagi pengajar tanggal 13 – 27 September 2017.
  • Bagi pendaftaran calon peserta pelatihan dan lomba tanggal 18 September – 5 Oktober 2017.

Info Lengkap: Mila (082319998268) and Priyo (081317041243)

Untuk tempat diskusi dan dapat info terbaru, silakan bergabung dengan grup tidak resmi kegiatan yang dibuat oleh Kartunet di http://bit.ly/jamboretik.

Update: Juara Kompetisi Jambore TIK Disabilitas 2017

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.