Jelajah Ibu Kota Lebih Nyaman? Ini Rahasianya!

Setiap orang pastinya ingin perjalanannya ke suatu tempat nyaman dan tentu saja, aman. Kamu pun bisa jadi demikian. Pastinya kamu tidak mau dong, sudah mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit tetapi perjalanan kamu justru tidak menyenangkan?

Sudah tentu, suasana hati menjadi berantakan dan liburan sempurna pun hanya tinggal kenangan. Seperti misalnya ketika ke Jakarta. Meskipun predikat kota wisata tidak pernah tersemat, ibu kota tetap memiliki sisi unik yang pasti kamu belum tahu.

Namun, bagi banyak orang, menjelajah Jakarta itu sama saja dengan buang-buang waktu. Sebenarnya, tidak begitu, kok. Kamu hanya perlu tahu bagaimana caranya supaya jalan-jalan ke Jakarta kali ini tetap nyaman, jadi liburanmu ke ibu kota tidak sia-sia. Simak ya!

1. Tentukan Dulu ke Mana Tujuanmu

Jakarta memang sangat sibuk, karena sebagai ibu kota, sentra pemerintahan dan sebagian besar bisnis berlangsung di sini. Namun, masih ada keunikan lain dari kota ini yang tidak boleh kamu lewatkan.

Sebaiknya, supaya perjalananmu lebih lancar dan waktu yang kamu miliki bisa digunakan secara efektif, kamu bisa menentukan terlebih dahulu ke mana sih sebenarnya kamu akan menuju.

Tips sederhana nih, sebaiknya kelompokkan tujuanmu berdasarkan tema wisatanya. Misalnya, hari pertama kamu ingin menjelajah sisi histori Jakarta dengan mengunjungi museum dan lokasi bersejarah lain.

Hari kedua bisa kamu isi dengan wisata kuliner dan belanja, berkunjung ke sentra belanja terkemuka di ibu kota. Hari berikutnya bisa kamu gunakan untuk menyibak wisata alam. Jadi, tujuan kamu bisa lebih terarah.

2. Selanjutnya, Pilih Kendaraan yang Digunakan

Memang, kamu tidak akan kesulitan menemukan transportasi umum di ibu kota. Mau naik TransJakarta, MetroMini, Kopaja, angkutan umum, sampai ojek online, semua lengkap tersedia di sini.

Namun, pertimbangkan juga waktu yang harus kamu sisihkan untuk perjalanan. Ingat, Jakarta itu sangat padat dan sibuk, jadi pilihlah dengan cermat supaya kamu tidak buang-buang waktu.

Kalau mau lebih mudah, kamu bisa naik TransJakarta. Selain murah, kendaraan umum ini memiliki aksesnya sendiri dan bebas hambatan, jadi perjalananmu bisa lebih singkat. Busnya juga nyaman, bersih, dan adem karena dilengkapi dengan AC. Namun, kalau mau lebih cepat lagi, kamu bisa naik ojek online. Jika ingin lebih nyaman, sewa kendaraan saja.

3. Perhatikan Barang Bawaan

Antisipasi sangat diperlukan, karena meski tidak diinginkan, hal-hal yang di luar dugaan bisa saja terjadi tanpa dugaan. Jadi, perhatikan dan selalu waspada terhadap barang-barang bawaan.

Sebaiknya, jangan bawa barang berlebihan, karena ini akan mengundang perhatian banyak orang, dan kamu bisa saja menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hindari bawa perhiasan atau peralatan yang menyolok.

Persiapkan Bekal Pakaian Sebelum Perjalanan
Image: CNNIndonesia.Com

Kamu juga harus ingat, di musim kemarau, panas di Jakarta bisa begitu terik. Jadi, kenakan pakaian yang nyaman, ya. Kalau bisa, kaus dari bahan yang menyerap keringat, karena kamu mau jalan-jalan dan lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.

Jangan lupa juga bawa air mineral sendiri, jika terpaksa harus membeli, beli saja di minimarket terdekat, jangan di pedagang pinggiran.

4. Cek Ponselmu, Apakah Aplikasi Penunjang Wisatanya Sudah Cukup?

Ini penting, lho, karena ketika berwisata, kamu biasanya menggunakan aplikasi tertentu untuk memudahkan mobilitas dan aktivitasmu. Seperti misalnya, aplikasi Airy untuk memesan hotel syariah di Jakarta.

Aplikasi ini akan memudahkan kamu dalam menemukan penginapan murah di Jakarta, tentu saja yang sesuai dengan kebutuhan. Melalui aplikasi Airy, kamu tidak perlu lagi kerepotan mencari tempat menginap terbaik di Jakarta. Cukup ketik lokasi dan cari, pesan dan bayar. Mudah, murah, praktis dan tidak ribet. (ADV)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More