Cotton Bud
Image: DreamsTime.Com

Kapas Cotton Bud Terlepas dan Tertinggal di Dalam Telinga? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

Diposting pada

Dalam kesempatan kali ini, Blogger Borneo sekedar hanya ingin berbagi pengalaman ketika pada satu waktu mengalami secara langsung kejadian kapas yang terletak di ujung cotton bud tertinggal di dalam telinga ketika digunakan. Meski sempat kaget begitu mengetahui ada sesuatu berada di dalam telinga, namun Blogger Borneo tetap berusaha untuk tenang dan tidak panik.

Waktu awal mulanya, langkah yang dilakukan adalah berusaha untuk mengambilnya dengan menggunakan peniti namun tidak berhasil. Memang jika dirasakan, sepertinya tidak ada apa-apa di dalam telinga ini sehingga berusaha untuk menganggap bahwa kapasnya terlepas entah dimana. Akan tetapi, ketika melihat satu sisi cotton bud yang digunakan kapasnya sudah tidak ada ketika habis digunakan, sepertinya Blogger Borneo harus berani menerima kenyataan bahwa kapasnya memang terlepas dan tertinggal di dalam telinga. Hikzzz…

COTTON BUD

Ada satu pelajaran penting bisa diambil dari kejadian ini bahwa ketika membeli cotton bud, carilah yang kualitasnya bagus meskipun harganya agak sedikit mahal. Kebetulan pada saat mengalami kejadian ini, Blogger Borneo menggunakan cotton bud yang murahan karena sedang kehabisan stok untuk cotton bud yang kualitasnya bagus. Karena sebelum-sebelumnya merasa biasa saja, maka tanpa kuatir dibeli dan digunakanlah “merek” tersebut. Ternyata begitu digunakan, kualitasnya sangat rendah karena daya lekat kapasnya tidak kuat di batang plastiknya.

CARA PERTAMA

Nah, yang Blogger Borneo lakukan adalah membasahi kapas yang terdapat di ujung lain cotton bud tersebut dan secara perlahan memasukkannya ke dalam telinga untuk kemudian diputarkan secara perlahan dan menariknya keluar. Jangan lupa sebelum melakukannya terlebih dulu berdo’a ya. Alhamdulillah dalam satu kali eksperimen ternyata hasilnya positif, ujung kapas yang terlepas dan tertinggal ikut tertarik keluar. Karena bentuknya adalah kapas, maka secara langsung serat-serat halusnya akan melekat di permukaan yang basah.

CARA KEDUA

Untuk cara kedua ini, secara tidak sengaja Blogger Borneo membaca status dari salah seorang pemilik akun facebook bernama Susan Agiwitanto yang isinya mengisahkan mengenai pengalaman anaknya ketika mengalami hal serupa.

Secara lengkap, berikut kutipan statusnya:

Sekedar berbagi…

semlm tiba2 dapet telp dari istri yang panik, karena anak gw kupingnya kemasukkan kapas cotton bud, langsung gw bilang…tunggu aku pulang! jangan dikorek2!

sampai di rumah langsung mempraktekan apa yg pernah gw baca:

  • ambil sapu lidi
  • patahkan lidinya, ambil yg ukuran sedang agar kokoh (ga lemes)
  • ketuk2an ujung patahan tadi di tembok atau apapun benda keras agar ujung nya jadi memecah
  • celup alkohol demi kebersihan, tunggu sampai kering
  • masukkan lidi tersebut (pastikan anak tidak bergoyang, dan anda pun tidak gemetaran)
  • begitu kira2 lidi sudah mengenai kapas cotton bud, lakukan gerakan memutar dan tarik keluar kapasnya, lakukan berkali2 sampai dapat (pengalaman saya sih 2 atau 3 kali pasti sudah dapat)
  • ujung lidi yg memecah tadi membuat bulu2 kapas tersangkut saat kita memutarnya, sehingga memudahkan kita untuk mengeluarkan kapas tsb
  • perhatikan bahwa siapapun yg melakukan ini benar2 tenang, begitupun si anak (walau pasti udah nangis2 ketakutan) 😂
  • do it slow and easy

semoga bermanfaat!

Meski sudah pernah mengalaminya langsung, namun Blogger Borneo sudah bertekad dalam hati bahwa kejadian tersebut akan menjadi pengalaman pertama dan terakhir seumur hidup karena bagaimanapun juga perasaan pada saat itu sudah cukup menyeramkan.

Jadi bagi kawan-kawan yang masih memiliki kebiasaan untuk membersihkan telinga menggunakan cotton bud, mungkin bisa sedikit dikuraingi intensitasnya. Dan jangan lupa gunakan yang kualitasnya bagus, jangan yang murahan karena resikonya lebih besar. Semoga bermanfaat ya… (DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *