Blogger Borneo Network
Media Online Independen Kalimantan

Memperkenalkan Microsoft 365 Copilot, Cara Baru untuk Bekerja di Era AI

Pada pertengahan bulan Maret 2023, Microsoft meluncurkan fitur baru yaitu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI) bernama Microsoft 365 Copilot. Fitur ini telah terintegrasi ke dalam Microsoft 365 sehingga pengguna bisa memanfaatkan Copilot ketika mengakses Word, Excel, Powerpoint, Outlook, dan sebagainya.

Microsoft 365 Copilot

Dengan kemudahan yang ditawarkan Microsoft 365 Copilot, pengguna bisa lebih bebas dalam berkreasi, meningkatkan keterampilan, dan lebih produktif. Copilot juga dilengkapi dengan fitur terbaru, yaitu “Business Chat”.

Fitur ini dapat bekerja pada Microsoft 365, dan data pengguna, meliputi data kalender, email, kontak, meeting, dan dokumen. Cara penggunaannya pun sangat mudah.

Pengguna dapat memberikan perintah sederhana, seperti “Beri tahu tim saya bagaimana kami memperbarui strategi produk”. Business Chat secara otomatis akan memperbarui status berdasarkan email, rapat pagi, dan juga utas obrolan.

Kehetabatan Microsoft 365 Copilot didukung oleh data GitHub terbaru yang menunjukkan bahwa diantara pengembang yang telah menggunakan GitHub Copilot, 88% menyatakan bahwa mereka lebih produktif.

77% diantaranya menyatakan bahwa alat tersebut dapat mempersingkat waktu mereka dalam menggali informasi. Kemudian, 74% mengatakan bahwa mereka bisa lebih fokus dalam bekerja sehingga hasil pekerjaannya lebih memuaskan.

Aplikasi Word

Aplikasi yang biasa digunakan setiap hari telah terintegrasi dengan Microsoft 365 Copilot sehingga pengguna bisa lebih fokus pada pekerjaan yang lebih penting dan menjadi tidak terlalu sibuk.

Dengan begitu, Microsoft 365 Copilot dapat membantu para penggunannya untuk dapat memaksimalkan produktivitas, mengembangkan kreativitas, dan meningkatkan keterampilan.

Copilot pada aplikasi Word dapat dipakai untuk menulis, mengedit, dan meringkas tulisan. Hanya dengan perintah singkat, Copilot di Word dapat membuat text dari data sebelumnya.

Selain itu, Copilot juga dapat menambahkan konten ke dokumen yang sudah ada, meringkas teks, dan juga menulis ulang bagian atau keseluruhan dokumen sehingga pekerjaan menjadi lebih ringkas.

Aplikasi Excel

Pengguna lebih mudah dalam menganalisis dan mengekplorasi data yang dimiliki menggunakan Copilot yang telah terintegrasi pada aplikasi Excel. Pengguna tinggal mengajukan pertanyaan menggunakan bahasa sederhana dan Copilot dapat menganalisis data hingga membuat grafik.

Bahkan, Copilot dapat berfungsi untuk melakukan analisis bisnis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats), membuat tabel, menunjukkan keuntungan yang paling tinggi dari data yang dimiliki, dan lain-lain.

Aplikasi Power Point

Ubah ide cemerlang menjadi presentasi yang memukau dengan memanfaatkan Copilot. Fitur ini dapat mengubah dokumen dari Ms Word menjadi slide presentasi Power Point.

Persentasi yang panjang juga bisa dipadatkan hanya menggunakan perintah sederhana. Copilot juga memudahkan pengguna untuk menyesuaikan tata letak, memformat ulang teks, dan mengatur waktu animasi presentasi dengan sempurna.

Aplikasi Outlook

Fitur ini bekerja di kotak masuk dan pesan pada aplikasi Outlook sehingga pekerjaan menyortir email dapat dilakukan lebih singkat. Email yang panjang dan berbelit-belit juga bisa diringkas hanya menggunakan Copilot.

Kelebihan lainnya adalah pengguna bisa merespon email hanya dengan kalimat perintah sederhana. Kemudian, Copilot bisa mengubah quick notes menjadi pesan yang jelas dan profesional yang diambil dari email atau konten lainnya yang sudah dimiliki aksesnya dari seluruh Microsoft 365.

Сollaborator

Aplikasi Teams

Rapat menjadi lebih efektif menggunakan Copilot. Selain itu, Copilot juga membantu mempercepat percakapan, meringkas poin aktivitas selama pertemuan, dan mengatur poin diskusi utama.

Dalam obrolan, Copilot dapat mengingatkan pengguna tentang apa yang dilewatkan jika terlambat bergabung saat rapat. Istimewanya, semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa menganggu alur diskusi.

Dengan menambahkan Copilot ke dalam meeting dan chat, pengguna bisa membuat agenda rapat berdasarkan riwayat obrolan, menjadwalkan check-in berikutnya, maupun mengidentifikasi orang yang tepat untuk dapat di follow-up.

Mengenal Apa Itu Obrolan Bisnis pada Microsoft 365 Copilot

Ini adalah fitur baru yang dapat berfungsi di semua data dan aplikasi. Obrolan Bisnis juga terintegrasi dengan Microsoft Graph yang berguna untuk menyatukan data dari seluruh catatan, presentasi, email, kalender, dan kontak pengguna.

Dengan demikian, Obrolan Bisnis berguna untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber agar semua orang yang ada dalam tim memiliki pemahaman yang sama dan bergerak untuk maju bersama.

Habiskan lebih sedikit waktu untuk mengoperasikan berbagai tools dan lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaan yang lebih penting.

Microsoft Viva

Copilot juga terintegrasi dengan Microsoft Viva, yang melengkapi para pemimpin dengan pembuka percakapan yang berwawasan berdasarkan topik yang sedang tren di seluruh komunitas tempat kerja maupun pembicaraan yang tengah hangat dibicarakan.

Copilot dapat memberikan saran pada pemimpin saat mereka membuat draf postingan yang lebih dipersonalisasi. Misalnya, dapat menambahkan gambar ataupun menyesuaikan gaya bahasa agar percakapan menjadi lebih berkualitas.

Dengan Copilot, pengalaman di Answer pada Microsoft Viva Engage menjadi lebih cepat dan efisen. Copilot akan menawarkan petunjuk yang disarankan untuk meningkatkan kualitas pertanyaan yang akan diajukan.

Ketika anggota tim terlibat dalam suatu percakapan, Copilot akan menyarankan suatu tanggapan yang membuat percakapan tetap berjalan mulus, termasuk memasukkan informasi fakta penting maupun pendapat dari para ahli.

Sistem Keamanan Microsoft 365 Copilot

Microsoft 365 Copilot dirancang untuk memenuhi segala kebutuhan perusahaan. Hadirnya Copilot didukung oleh prinsip Artificial Intelligence (AI) dan standar AI yang bertanggung jawab dan didesain berdasarkan penelitian selama puluhan tahun tentang pembelajaran mesin yang membumi dan tetap menjaga privacy.

Penggunaan AI pada Copilot juga ditinjau berdasarkan potensi bahaya dan mitigasi oleh tim multidisiplin yang terdiri dari para peneliti, insinyur, dan pakar kebijakan. Microsoft menggunakan Azure Content Moderation Stack untuk memantau dan memfilter konten berbahaya.

Sistem Copilot didesain atas komitmen Microsoft terhadap keamanan data dan privasi perusahaan. Secara otomatis, Copilot akan masuk ke dalam kebijakan keamanan dan privasi perusahaan.

Microsoft juga berkomitmen untuk merancang fitur yang memprioritaskan keterlibatan manusia dan memberikan kontrol pada pengguna. Misalnya, menyediakan tautan ke sumber, senantiasa mendorong pengguna untuk melakukan tinjuan ulang, memeriksa fakta, dan penyempurnakan konten berdasarkan pengetahuan dan penilaian mereka sendiri.

Bersiap dengan AI Menggunakan Microsoft 365 Copilot

Microsoft tengah menguji Microsoft 365 Copilot dengan 20 pelanggan, termasuk 8 di perusahaan Fortune 500. Kemudian, Microsoft akan memperluas pratinjau ini pada pelanggan secara lebih luas dalam beberapa bulan mendatang dan akan membagikan lebih banyak kontrol baru untuk admin IT.

Dengan begitu, mereka dapat membuat rencana untuk lebih percaya diri dalam mengaktifkan Copilot di seluruh perusahaan mereka. Saat ini, cara terbaik untuk bersiap menghadapi Copilot adalah dengan menggunakan Microsoft 365, basis penting untuk pekerjaan modern.

Microsoft 365 menyatukan seluruh kemampuan dasar yang diperlukan, termasuk aplikasi, manajemen, keamanan, serta data perusahaan sehingga siap menghadapi AI. Sementara itu, harga dan detail akan dibagikan oleh Microsoft dalam beberapa bulan mendatang. (DW)

Sumber Microsoft 365 Copilot

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!