Blog Bisnis dan Keuangan

Mengenal Framework Vue JS: Penjelasan, Kelebihan, dan Cara Upload di Hosting

Dalam dunia pemrograman saat ini, tersedia beragam framework yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan website. Di antara berbagai pilihan tersebut, terdapat VueJS sebagai salah satu opsi yang cukup populer dikenal sebagai framework untuk merancang tampilan antarmuka website.

Dengan fokus pada kemudahan penggunaan dan fleksibilitas, framework ini memungkinkan pengembang untuk dengan cepat membangun komponen-komponen interaktif yang mudah dipahami.

Framework Vue JS

Selain beli pilihan membeli VPS atau Beli hosting yang berkualitas, performa suatu website juga dipengaruhi oleh framework yang digunakan di dalamnya.

Penggunaan framework yang diupload di hosting seperti VueJS juga mendukung sistem responsif yang memungkinkan perubahan data secara otomatis, sehingga meningkatkan efisiensi dalam pengembangan suatu website. Maka,

Lalu, bagaimana cara upload Vue JS di hosting dan apa saja kelebihan dari framework ini? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, sebaiknya pahami terlebih dulu apa itu Vue JS.

Mengenal Framework Vue JS

Vue JS adalah sebuah kerangka kerja JavaScript yang digunakan untuk membangun aplikasi web atau antarmuka tampilan situs web agar lebih dinamis dan interaktif.

Vue JS memiliki kemampuan untuk mengembangkan aplikasi dengan antarmuka pengguna, termasuk halaman web, aplikasi bergerak, dan aplikasi berbasis desktop.

Framework ini menyajikan beragam fitur, di antaranya berupa koneksi data yang responsif, arsitektur berbasis komponen, serta alat bantu untuk menghasilkan aplikasi yang dapat diperluas.

Karakteristik ini menjadikan Vue JS begitu terkenal di kalangan para web developer untuk mengembangkan website maupun aplikasi berbasis web berkualitas tinggi.

Kelebihan Framework Vue JS

Sebagai salah satu framework pengembangan aplikasi web, Vue JS memiliki berbagai keunggulannya yang menjadikannya pilihan yang cukup populer digunakan. Berikut ini beberapa kelebihan Vue JS yang perlu Anda ketahui:

1. Mudah Dipahami oleh Pemula

Ukuran file yang tidak begitu besar membuat proses instalasi Vue JS cepat dan efisien. Bahkan, pemula dalam dunia pemrograman dapat dengan mudah mempelajari desainnya yang intuitif dan jelas.

Ini menjadi keuntungan bagi siapa saja yang ingin mengembangkan aplikasi web tanpa menghabiskan waktu berlebihan untuk memahami konsep yang rumit.

2. Responsif dengan Sistem Reaktif

Vue JS mempunyai sistem reaktif yang memberikan responsivitas luar biasa pada pengembangan suatu aplikasi web. Perubahan dalam data akan langsung terlihat pada tampilannya dan tergolong cepat.

3. Sistem Komponen yang Efektif

Salah satu fitur menonjol dari Vue JS adalah sistem komponennya. Ini memungkinkan pengembang untuk membuat komponen-komponen yang dapat digunakan kembali secara efektif dalam proses pengembangan berbagai bagian aplikasi yang dibuat.

4. Komunitas yang Aktif dan Solid

Keberhasilan Vue JS tidak terlepas dari komunitas yang aktif dan berdedikasi. Komunitas ini tidak hanya membantu dalam memecahkan masalah teknis, tetapi juga berperan dalam pengembangan konstan Vue JS. Diskusi, tutorial, dan dukungan yang tersedia membuat proses belajar dan mengembangkan menjadi lebih lancar.

5. Fleksibilitas Tinggi

Vue JS menawarkan fleksibilitas dalam mengembangkan berbagai jenis aplikasi web. mulai dari pembuatan aplikasi yang sederhana hingga kompleks. Fleksibilitas ini menjadikannya solusi yang ideal bagi berbagai proyek pembuatan aplikasi dengan skala dan kompleksitas yang beragam.

Cara Upload Vue JS

Jika Anda ingin menjalankan proyek Vue JS Anda di hosting, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Buka File Manager

Mulailah dengan masuk ke akun hosting Anda, kemudian akses cPanel atau panel yang terpasang di hosting Anda. Setelah masuk ke panel, buka File Manager.

Di sini, Anda akan membuat direktori di dalam bagian /home/{username_anda}. Beri nama folder sesuai keinginan, tetapi sesuaikan dengan nama aplikasi Anda. Contoh: File Manager.

2. Pindahkan Project dan Upload Folder Public

Pindahkan seluruh file dan folder dari proyek Anda ke dalam folder yang baru dibuat. Selanjutnya, unggah semua file dan folder dari direktori “public” proyek Anda ke dalam folder “public_html”. Jika Anda menggunakan sub-domain, unggah ke folder subdomain yang sesuai.

3. Edit File index.php dan Konfigurasi .env

Setelah upload folder public, edit index.php di dalamnya dan jangan lupa untuk mengatur file .env sesuai dengan pengaturan hosting Anda. Sesuaikan detail seperti database, URL, dan pengaturan lainnya dengan pengaturan yang berlaku di hosting.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Vue JS, menciptakan aplikasi akan menjadi lebih terkendali dan terstruktur. Vue JS membawa kemudahan dalam mengelola dan mengembangkan aplikasi, serta bisa di-upload pada layanan hosting seperti DomaiNesia.

Manfaatkan email hosting berkualitas dari DomaiNesia, yang sudah dilengkapi dengan domain dan SSL gratis untuk fokus pada pengembangan dan branding website atau aplikasi dengan keamanan akses yang terjamin. (DW)

Artikel Lainnya

Daftar Freelance Tanah Kavling

X
Don`t copy text!