Kota Kreatif 2023, Menteri Parekraf Sandiaga Uno Pilih Pangkalpinang

Image: Wikipedia Indonesia

Lima kota dan kabupaten di Indonesia terpilih menjadi kota kreatif 2023, dari nominasi 75 kota dan kabupaten yang diseleksi. Pengumuman ini langsung dilakukan secara resmi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada hari Selasa (16/10/2023).

Adapun ke-5 kota dan kabupaten yang terpilih sebagai Kota Kreatif 2023, antara lain: Kota Pangkalpinang, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Batang, Kota Makassar, dan Kabupaten Sleman. Alhamdulillah Blogger Borneo sudah pernah berkunjung ke Kota Pangkalpinang.

Pangkalpinang Kota Kreatif 2023

Dari ke-5 kota kreatif 2023 yang terpilih, Blogger Borneo akan fokus membahas mengenai keberhasilan Pangkalpinang dapat terpilih. Blogger Borneo bersilaturahim ke kota yang menjadi ibukota dari Provinsi Bangka Belitung pada tahun 2022, disaat diminta untuk mengisi pelatihan GTA JOO KOMINFO.

Sama seperti dikutip dari laman babel.antaranews.com, Selasa (17/10/2023), Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Susi Erawati mengatakan, kuliner menjadi sub sektor unggulan yang menjadikan Pangkalpinang terpilih menjadi kota kreatif 2023.

“Disini terdapat produk otak-otak yang cukup terkenal, ini menjadi sub sektor unggulan kuliner. Alhamdulillah selama kurang lebih 2 (dua) tahun persiapan, Pangkalpinang menjadi satu-satunya di Bangka Belitung yang terpilih,” demikian ujar Susi.

Dukungan Penuh Wali Kota Pangkalpinang

Tidak lupa Susi mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Pangkalpinang yang telah mendukung penuh sehingga dapat terpilih menjadi salah satu kota kreatif 2023. Berkat semua inovasi serta kinerja dari bidang ekraf, otak-otak menjadi produk unggulan berdasarkan hulu ke hilir produksinya.

Perkembangan positif ditunjukkan ketika Kota Pangkalpinang menjadi daerah di Bangka Belitung yang memiliki industri otak-otak terbanyak. Selain itu, beberapa kali diselenggarakannya event-event kuliner maupun event pariwisata juga turut mendorong perkembangan ekonomi kreatif di Pangkalpinang.

Kuliner Khas Pangkalpinang
Image: infomakan.com

“Kami sangat berterima kasih kepada pak wali kota berkat dukungannya. Tentu saja pencapaian ini akan menjadi kado terindah dari kami di akhir masa jabatan beliau sebagai Wali Kota Pangkalpinang,” jelas Susi.

Selain pihak wali kota yang mewakili government, Susi juga turut mengucapkan terima kasih kepada para akademisi, pebisnis, penggiat komunitas, dan media offline maupun online yang ada. Terpilihnya Pangkalpinang sebagai salah satu Kota Kreatif 2023 tetap tidak terlepas dari peran serta mereka semua.

Memperkuat Jejaring Antar Kota dan Kabupaten di Indonesia

Dalam sesi wawancaranya, Susi menuturkan bahwa dengan terpilihnya Pangkalpinang sebagai kota kreatif 2023 tentu saja akan semakin memperkuat jejaring kabupaten dan kota di Indonesia sebagai sarana transfer ekonomi kreatif dan transfer pengalaman.

Selain itu, juga akan mendorong pertumbuhan sektor ekraf sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan kontribusi ekonomi yang signifikan.

“Manfaatnya dengan menjadi kota kreatif ini tentu meningkatkan pariwisata, pembangunan infrastruktur, identitas dan citra positif yang membanggakan daerah. Inovasi dan kualitas hidup. Kemajuan teknologi, kreativitas, pembentukan komunitas kreatif, keberlanjutan lingkungan serta pengembangan hubungan internasional,” jelas Susi.

Susi menambahkan jaringan yang terbentuk juga tidak hanya sifatnya ke dalam negeri, bisa sampai ke UNESCO (organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan) dan mendorong keterlibatan internasional dalam sektor-sektor kreatif.

Sub Sektor Unggulan Pangkalpinang

Menurut definisi mengenai ekonomi kreatif, terdapat 17 sub sektor dimana salah satu diantaranya adalah Kuliner. Nah, karena Pangkalpinang memiliki produk otak-otak maka masuk dalam sub sektor unggulan kuliner.

Selain menjadi kota kreatif, bidang ekraf juga telah membuktikan prestasinya meskipun baru berdiri pada 19 Juni 2020 di kancah nasional dengan masuk 10 besar inovasi aplikasi PPD, Dayang Kota Pangkalpinang mewakili Provinsi Babel dan juara 1 Duta Pariwisata Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada pak wali kota, sekda, kepala Bappeda dan jajaran, kepala Dispar, dan pihak-pihak yang telah terlibat serta membantu menjadikan Pangkalpinang sebagai kota kreatif,” kata Susi menutup sesi wawancara.

Catatan:

  • Pada saat berkunjung ke Pangkalpinang tahun lalu, Blogger Borneo sempat berkunjung ke salah satu event kuliner yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang.
  • Insya Allah tulisan mengenai perjalanan tersebut akan dipublikasikan dalam waktu dekat. Stay update yaaa….
LinkCollider - Free Social Media Advertising

Free Social Media Advertising

Sumber infomakan.com babel.antaranews.com

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!