Zahir Online

Perusahaan Outsourcing Pontianak, Menyediakan SDM Profesional Pendukung Bisnis Anda

Image: rawpixel.com on Freepik

Outsourcing adalah sebuah praktik bisnis di mana sebuah perusahaan memperoleh layanan atau produk dari sumber eksternal, seperti perusahaan lain, daripada memproduksinya sendiri.

Outsourcing dapat dilakukan di dalam negeri atau di luar negeri. Outsourcing yang dilakukan di luar negeri disebut sebagai offshoring. Biasanya, offshoring dilakukan karena biaya yang lebih murah di negara lain atau untuk mendapatkan keahlian khusus yang tidak tersedia di dalam negeri.

Outsourcing Pontianak

Beberapa perusahaan di Kalimantan Barat menggunakan tenaga outsourcing Pontianak untuk menghemat biaya produksi dan untuk meningkatkan efisiensi. Dalam banyak kasus, outsourcing dapat menghasilkan penghematan biaya karena perusahaan dapat memanfaatkan tenaga kerja yang lebih murah di negara lain.

Namun, outsourcing juga dapat memiliki dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang mungkin terjadi adalah kehilangan pekerjaan di dalam negeri. Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk outsourcing, pekerjaan tersebut biasanya dialihkan ke negara lain di mana biaya produksi lebih murah. Hal ini dapat menyebabkan pengangguran di negara asal perusahaan tersebut.

Dampak Outsourcing

Outsourcing juga dapat memiliki dampak pada kualitas produk atau layanan. Jika perusahaan yang memproduksi produk atau layanan tersebut tidak memiliki kontrol penuh atas proses produksi, maka kualitas produk atau layanan tersebut mungkin tidak sesuai dengan standar yang diinginkan oleh perusahaan.

Selain itu, outsourcing juga dapat memiliki dampak pada hubungan antara perusahaan dan konsumen. Jika produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan yang melakukan outsourcing tidak memenuhi harapan konsumen, maka hal ini dapat merusak reputasi perusahaan dan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Meskipun memiliki dampak negatif, banyak perusahaan masih menggunakannya sebagai bagian dari strategi bisnis mereka. Untuk meminimalkan dampak negatif tersebut, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memilih mitra outsourcing yang dapat dipercaya dan memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, perusahaan juga harus mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi dari outsourcing dan mencari cara untuk meminimalkan dampak negatif tersebut.

Jenis Outsourcing

Tenaga Kerja Alih Daya
Image: pressfoto on Freepik

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf pembuka diatas bahwa outsourcing menjadi salah satu solusi ketika perusahaan Anda lagi membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, tapi Anda tidak mau ribet lagi dengan proses rekrutmen dan training. Cukup hubungi perusahaan penyedia jasa outsourcing Pontianak.

Outsourcing sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, berikut ini adalah beberapa jenis outsourcing yang umum dilakukan oleh perusahaan:

1. IT Outsourcing

IT outsourcing adalah salah satu jenis outsourcing yang paling umum. Perusahaan memperoleh layanan IT, seperti pengembangan aplikasi, pemeliharaan sistem, dan dukungan teknis, dari perusahaan lain. IT outsourcing dapat membantu perusahaan menghemat biaya dan mendapatkan akses ke keahlian khusus yang tidak tersedia di dalam perusahaan.

2. Business Process Outsourcing (BPO)

BPO melibatkan outsourcing dari proses bisnis tertentu, seperti akuntansi, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia. Perusahaan memperoleh layanan BPO dari perusahaan lain untuk membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

3. Manufacturing Outsourcing

Manufacturing outsourcing melibatkan outsourcing dari produksi dan manufaktur produk. Perusahaan memperoleh layanan produksi dari perusahaan lain untuk menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi.

4. Logistics Outsourcing

Logistics outsourcing melibatkan outsourcing dari layanan logistik, seperti pengiriman dan pengiriman barang. Perusahaan memperoleh layanan logistik dari perusahaan lain untuk membantu mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

5. Knowledge Process Outsourcing (KPO)

KPO melibatkan outsourcing dari proses yang lebih kompleks dan memerlukan keahlian khusus, seperti riset dan pengembangan, analisis data, dan konsultasi bisnis. Perusahaan memperoleh layanan KPO dari perusahaan lain untuk mendapatkan akses ke keahlian khusus dan meningkatkan efisiensi.

Setiap jenis outsourcing memiliki keuntungan dan risiko masing-masing. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk melakukan outsourcing dan memilih mitra outsourcing yang dapat dipercaya dan memiliki kualitas yang baik.

PT Pratama Binar Cahya

Outsourcing Pontianak
Image: creativeart on Freepik

Pratama Binar Cahya merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang penyedia jasa tenaga outsourcing Pontianak. Didirikan berdasarkan Akta Notaris Nomor 03 Tanggal 25 November 2021 dan disahkan oleh Departemen Hukum dan HAM RI No.AHU-00512.AH.02.01 Tahun 2020 Tanggal 28 Januari 2020.

Anda Meminta, Kami Menyediakan. Kalimat ini kami buat sesederhana mungkin untuk menggambarkan bahwa untuk bidang layanan penyedia jasa tenaga outsourcing di Pontianak, tidak perlu repot langsung saja hubungi PT Pratama Binar Cahya.

Manajemen Profesional

Perusahaan outsourcing Pontianak yang telah berdiri sejak tahun 2021 ini berada dibawah naungan manajemen yang memiliki masa kerja dan pengalaman panjang dalam dunia usaha terutama untuk bidang penyedia jasa keamanan, jasa pelayanan, jasa manajemen, dan lain sebagainya. Oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi bahwa PT Pratama Binar Cahya adalah pilihan mitra yang tepat.

Salah satu program kompetensi yang dimiliki oleh PT Pratama Binar Cahya adalah menyelenggarakan pelatihan khusus bagi para calon tenaga keamanan yaitu Satpam. Secara konsisten, perusahaan outsourcing Pontianak ini memberikan pendidikan layanan keamanan kepada seluruh lulusan yang telah ditempatkan pada perusahaan klien.

Antisipasi Resiko

Sebagai bentuk antisipasi resiko operasional dalam menjalankan kegiatan usaha outsourcing Pontianak ini, PT Pratama Binar Cahya telah membekali para team leader mengenai pengetahuan yang berhubungan dengan pengelolaan ketenagakerjaan.

Dalam menjalankan operasionalnya, perusahaan penyedia jasa tenaga kerja alih daya ini didukung oleh tenaga surveyor lapangan yang selalu melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja karyawan yang sedang ditugaskan.

Meskipun pada kenyataannya masih sering terjadi perbedaan pendapat mengenai keberadaan jasa outsourcing ini, satu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa ternyata banyak perusahaan sangat membutuhkan bidang layanan jasa ini. Dan aturan mengenai tenaga kontrak alih daya telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003.

Kesimpulan

PT Pratama Binar Cahya merupakan perusahaan jasa penyedia tenaga kerja alih daya yang ada di Kalimantan Barat. Beberapa kegiatan usaha utama yang dijalankan, antara lain: Pelatihan Satpam, Penyedia dan Pengadaan Tenaga Kerja, Penyedia Jasa Cleaning Service, serta Penyediaan Barang dan Jasa.

Secara khusus, perusahaan outsourcing Pontianak ini memberikan penawaran untuk menyelenggarakan Pelatihan Garda Pratama dan Garda Madya sebagai bentuk dukungan terhadap Program Kepolisian Republik Indonesia yang tertuang dalam Peraturan KAPOLRI Nomor 24 Tahun 2007 mengenai Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi Perusahaan dan Instansi/Lembaga Pemerintahan.

PT Pratama Binar Cahya beralamat di Jalan Raya Desa Kapur Komplek Villa Raya Nomor 2, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Nomor kontak yang dapat dihubungi yaitu 0896-8888-2022 (klik disini untuk dapat langsung terhubung dengan staf marketing perusahaan). (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!