Renold Kharisma, Memberikan Solusi Buka Bisnis Laundry Tanpa Modal

Melihat penampakan dirinya di flyer Mentoring FB Ads dan WA Marketing Batch 1 yang diselenggarakan oleh Sajada Digital Agency menjadi salah satu alasan kenapa Blogger Borneo turut serta mendaftar. Apalagi pada kesempatan kali ini, kegiatannya bersifat GRATIS.

Sudah lama tidak bertemu dengan sosok muda yang selalu ingin belajar dan mengembangkan diri ini, akhirnya Blogger Borneo dipertemukan dalam satu kesempatan. Sepertinya jika diperhatikan, selama ini sosok yang memiliki nama keren Renold Kharisma ini sibuk keliling untuk mengembangkan bisnisnya.

Renold Kharisma

Mengingat kisah perjalanan usahanya, pertama kali dirinya dikenal sebagai pengusaha rental komputer sekaligus mendirikan sebuah Lembaga Kursus dan Pelatihan yang diberi nama “Kharisma Komputer”. Blogger Borneo sendiri pernah membuat satu tulisan review mengenai tempat usahanya.

Kursus komputer di Kubu Raya, demikian kata kunci yang ditarget pada saat itu. Melihat rekam jejak tulisannya, dibuat pada tahun 2014 tepatnya di akhir bulan Juli. Dapat dilihat sebuah spanduk besar bertuliskan Kursus Komputer terpampang jelas di depan rumahnya.

Waktu terus berlalu, seiring berjalannya tahun, usaha rental komputer dan LKP Kursus Komputer yang dirintisnya mengalami perkembangan. Hingga saat ini, Kharisma Komputer telah memiliki cabang di kawasan Jalan Ampera Pontianak.

Baca Juga:   Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Kediaman

Belajar Usaha Sejak SD

Dalam sesi penyampaian materi di Mentoring FB Ads dan WA Marketing Batch 1, Renold Kharisma ada bercerita mengenai kisah pengalaman hidupnya. Sejak kecil memang sosok yang suka berorganisasi ini sudah senang berjualan. Produk yang dijualnya pertama kali waktu SD adalah Es Kampel.

Mulai beranjak dewasa dan memasuki zaman kuliah, kepikiran untuk membuka usaha rental komputer sekaligus tempat kursus untuk beberapa bidang keahlian, seperti: Aplikasi Perkantoran, Aplikasi Desaim Grafis, dan Aplikas Pengolah Data dan Statistik.

Alhamdulillah usahanya masih dapat terus bertahan hingga saat ini. Sampai disini Renold Kharisma tidak berhenti bergerak, jiwa wirausaha yang sudah tertanam sejak dini membuat dirinya terus mencari peluang bisnis apa yang bisa dijalankan dan dikembangkan.

Merambah ke Bisnis Laundry

Dari sekian peluang bisnis yang ada, Renold Kharisma akhirnya memilih Bisnis Laundry. Masih belum banyaknya pemain bisnis laundry pada saat itu membuat dirinya kepikiran untuk mulai menjalankannya.

Pada saat memulai usaha, bidang layanan yang diberikan masih sebatas menerima jasa laundry pakaian. Seiring perkembangan, layanan usahanya melebar ke penyedia mesin laundry dan paket usaha laundry dimana dengan modal minim sudah bisa menjalankan bisnisnya.

Baca Juga:   4 Tips Memilih Mesin Cuci 2 Tabung yang Cocok dengan Kebutuhan Keluarga Anda

Praktisi Bisnis Laundry Kalimantan Barat

Dapat dilihat dari flyer diatas, ini merupakan salah satu bidang layanan yang diberikan oleh Kharisma Group. Kharisma Group merupakan brand business yang dimiliki oleh Renold Kharisma. Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk buka usaha laundry, bisa langsung menghubungi nomor WA diatas.

Memanfaatkan Digital Marketing

Perkembangan teknologi informasi khususnya dibidang digital, dimanfaatkan maksimal oleh Renold Kharisma untuk menggenjot pemasaran bidang usaha yang dijalankannya. Demi mendapatkan ilmu, dirinya banyak belajar ke beberapa mentor yang ada di Indonesia.

“Alhamdulillah strategi pemasaran secara digital telah mampu mendongkrak pendapatan usahanya. Jika dulu teknik promos menggunakan brosur dan selebaran, maka dengan digital marketing metode promosinya menggunakan Facebook Ads atau Google Ads.” demikian jelasnya di sela waktunya menyampaikan materi.

Pelatihan FB Ads Pontianak

Berbekal pengetahuan yang telah diperoleh selama ini, ditambah lagi pengalaman mempraktekan ilmu digital marketing yang dimiliki, Renold Kharisma juga membuka kelas pembelajaran khusus mengenai strategi pemasaran digital dengan target para pelaku usaha di Kalimantan Barat.

Oh iya, sebenarnya kelasnya adalah kelas berbayar. Akan tetapi pada kegiatan Mentoring FB Ads dan WA Marketing Batch 1 ini, dirinya bersedia untuk membagikan ilmu dan pengalamannya secara GRATIS. Oleh karena itu, sungguh sayang jika dilewatkan kesempatan istimewanya.

Baca Juga:   Toyota Terbaru, Mobil Sport Toyota FT 86 yang Menawan

Mendirikan Baitul Maal Iltizam

Menjalani usaha sejak kecil, diberi kemudahan oleh Allah SWT ketika menjalankannya, tidak membuat dirinya lupa untuk berbuat baik dan memberi manfaat bagi umat. Bersama dengan beberapa orang rekan dan ustadz yang menjadi gurunya, Renold Kharisma mendirikan Baitul Maal Iltizam.

Karena masih sifatnya baru dibentuk dan didirikan, belum tersedia banyak informasi dapat diakses di laman website resminya. Untuk program lembaganya sendiri, antara lain: Infaq Daging, Ambil Makan Gratis, Malam Minggu Ngaji, dan Pusat Pendidikan Berbasis Qur’an (PPBQ).

Untuk lebih mempermudah akses informasi dan proses donasi, lembaga yang berada dibawah Yayasan Iltizam Indonesia ini sedang merancang platform mobile apps berbasis android dan app store. Melalui platform ini, para donatur akan lebih mudah berzakat, berinfaq, bersedekah, dan berwakaf.

Penutup

Demikian tulisan dari Blogger Borneo mengenai sosok Renold Kharisma. Banyak hal positif dapat diperoleh dari sosok yang awal memulai usahanya sebagai pemilik usaha rental dan kursus komputer ini. Alhamdulillah sekarang dirinya telah mengembangkan sayapnya di bidang bisnis laundry.

Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan sharing ilmu dan pengalaman langsung dari Renold Kharisma secara GRATIS, update terus akun instagram Sajada Digital Agency karena program Mentoring FB Ads dan WA Marketing akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan per batch. Insya Allah… (DW)

Don`t copy text!