Simak Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid Berikut Ini

Blogger Borneo

0 Comment

Link
Mobil Listrik FA NETA V 2023

Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat, juga berpengaruh ke penggunaan transportasi bahkan untuk kategori kendaraan pribadi.

Saat ini ada mobil listrik dan hybrid yang semakin diperkenalkan ke masyarakat, karena dianggap lebih unggul dibanding mobil konvensional.

Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

Kategori mobil listrik dan hybrid sering kali dianggap sama padahal keduanya punya banyak perbedaan. Apa saja perbedaan mobil listrik dan hybrid

Meskipun disebut-sebut punya kesamaan namun keduanya antara mobil listrik dan hybrid punya beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan tersebut? Simak berikut ini. 

Perbedaan dari Sumber Tenaga

Perbedaan pertama akan Anda temukan pada sumber tenaga dari keduanya. Di mana untuk kategori mobil listrik, menggunakan tenaga listrik dari baterai dengan menggunakan jenis baterai lithium dan mesin motor yang menghasilkan kecepatan tertentu dengan jarak tempuh terbatas.

Mobil listrik sepenuhnya menggunakan bahan bakar tenaga listrik yang bisa diisi di rumah ataupun stasiun pengisian daya mobil listrik, dalam waktu beberapa jam hingga dari baterai penuh. 

Model Mobil Listrik NETA V 2023
Model Mobil Listrik NETA V 2023 (Image: neta.co.id)

Kapasitas daya listrik dari mobil listrik ini berbeda-beda semakin besar jarak tempuhnya akan semakin jauh. Untuk mobil hybrid mendukung sumber tenaga yang dikombinasikan antara mesin konvensional dan listrik.

Jadi sumber tenaga mobil hybrid berasal dari pengolahan putaran bahan bakar, lalu didukung dengan energi motor listrik yang bekerja bersama-sama. Mobil hybrid disebut-sebut mengurangi emisi dan ramah lingkungan karena memadukan dua jenis sumber tenaga.

Cara Kerja Keduanya

Perbedaan juga terlihat pada cara kerja antara mobil listrik dan hybrid. Mobil listrik memanfaatkan tenaga listrik untuk membuat mobil bisa dikendarai dengan baik dan menentukan kecepatan dengan jarak tempuh yang terbatas.

Sementara untuk mobil hybrid, melaju dengan kecepatan tinggi dengan memanfaatkan mesin konvensional lalu ketika melaju dengan kecepatan rendah maka menggunakan mesin motor listrik.

Saat mobil hybrid dikendarai dengan kecepatan sedang, maka antara motor listrik dan mesin konvensional bekerja sama secara seimbang. 

Sistem Pengisian Bahan Bakar

Bagaimana dengan cara pengisian bahan bakar apakah ada perbedaan antara mobil listrik dan hybrid? Tentu saja ada, di mana untuk pengisian bahan bakar pada mobil listrik dilakukan dengan menghubungkan colokan mobil listrik ke sumber listrik dan waktunya sendiri selama beberapa jam sampai kapasitas baterai terisi penuh.

Untuk mobil hybrid, cara pengisian bahan bakarnya sama seperti mobil konvensional dengan mengisi bensin atau jenis bahan bakar yang disesuaikan dengan kebutuhan mobil hybrid itu sendiri.

Untuk mesin tenaga listrik, tidak perlu diisi ulang karena biasanya di cas seperti mobil listrik. Bisa dibilang untuk mobil hybrid, pengisian bahan bakarnya lebih repot karena harus ada dua kali pengisian bahan bakar untuk bahan bakar BBM maupun bahan bakar listrik.

Perbedaan Mesin Mobil

Berikutnya perbedaan terlihat juga pada mesin mobil. Di mana mobil listrik biasanya didukung dengan mesin mobil tipe motor dengan penggunaan daya baterai.

Daya baterai di sini sangat bervariasi dan berpengaruh pada tingkat kecepatan yang dihasilkan. Mobil listrik memiliki mesin motor dengan durasi pengisian daya berbeda-beda, jadi tidak bisa disamakan antara merek 1 dan lainnya. 

Untuk mesin pada mobil hybrid didukung penggunaan dua tipe mesin yang bekerja sesuai Medan tempuh atau laju kecepatan. Mesin mobil hybrid menggunakan jenis mesin konvensional dan mesin motor yang bisa menghasilkan tenaga listrik untuk setiap kebutuhan.

Kedua mesin ini bekerja bersama-sama sesuai porsinya dan bergantung pada kecepatan serta medan tempuh yang dilalui. 

Mode Kendaraan

Terakhir Anda juga bisa melihat perbedaan antara mobil listrik dan mobil hybrid pada model kendaraan. Mobil listrik umumnya hanya punya satu mode saja, yaitu mode operasi yang secara otomatis aktif begitu mobil digunakan untuk melaju dalam berbagai medan tempuh dan kecepatan. 

Sementara untuk mobil hybrid didukung dengan banyak pilihan tipe mode yang tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan, medan tempuh dan juga kecepatan. Mobil hybrid punya tiga mode yaitu eco, sport dan normal. 

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja perbedaan antara mobil listrik dan mobil hybrid. Untuk yang sedang cari mobil listrik Anda bisa percayakan pada produk mobil listrik keluaran terbaru yaitu Neta V. Mobil ini sendiri dijual dengan harga cukup kompetitif mulai dari Rp379 juta untuk OTR Jakarta. 

Mobil listrik satu ini menggabungkan kinerja canggih dan desain yang elegan serta merupakan mobil ramah lingkungan. Mobil ini terdiri dari 5 varian warna yaitu Sky Blue, Midnight Grey, Sakura Pink, Storm White dan Moonlight Green. (CW)

Related Post

Don`t copy text!