BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Sistem Informasi Manajemen dan Keuangan Masjid Gratis

Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, sebutan lain yang berkaitan dengan masjid di Indonesia adalah musala, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi bangunan menyerupai masjid yang tidak digunakan untuk salat Jumat, iktikaf, dan umumnya berukuran kecil.

Sistem Informasi Manajemen dan Keuangan Masjid

Alhamdulillah setelah sekian lama berusaha untuk mencari sistem informasi manajemen dan keuangan masjid yang tentu saja GRATIS namun dengan fitur sederhana namun cukup informatif, Blogger Borneo menemukan sebuah website yang dapat mengakomodir semua kebutuhan tersebut yaitu Masjidku.Net.

Pertama kali melihat tampilan website Masjidku, Blogger Borneo langsung merasa adem karena menggunakan kombinasi warna putih dan hijau muda. Desain tampilan sederhana dan cukup informatif sehingga bagi siapa saja yang berkunjung pertama kali akan langsung merasa mudah dan nyaman mengaksesnya.

Karena merasa cocok dengan fitur yang dimiliki oleh sistem informasi manajemen dan keuangan masjid ini, Blogger Borneo langsung menghubungi Sang Founder yaitu Mas Taufiq Achmad. Respon cepat pun langsung diberikan ketika pesan salam perkenalan disampaikan melalui platform komunikasi whatsapp.

Proyek Sosial

Mungkin secara umum informasi mengenai Masjidku bisa dibaca melalui laman websitenya, akan tetapi beberapa informasi detail mengenai sistem informasi manajemen dan keuangan masjid ini Blogger Borneo sampaikan langsung kepada Mas Taufiq. Sebagai seorang blogger yang telah terbiasa menggunakan sistem aplikasi khususnya keuangan, ada beberapa pertanyaan ingin ditanyakan terkait dengan Masjidku.

Sistem informasi manajemen dan keuangan masjid yang diberi nama Masjidku ini merupakan proyek sosial yang dibuat dan dikembangkan oleh Mas Taufiq beserta tim. Beliau sendiri selama ini memiliki perusahaan yang bergerak dibidang teknologi informasi khususnya jasa pembuatan website dan aplikasi.

Ya bisa dibilang Masjidku merupakan salah satu bentuk sedekah ilmu dan pengalaman mereka demi memberikan manfaat bagi para pengelola masjid di Indonesia sendiri. Dan kita dapat pahami sendiri bahwa pengelola masjid memiliki tanggung jawab besar terhadap semua dana yang diterima dari para jamaah baik itu dalam bentuk Zakat, Infaq, maupun Sodaqoh (ZIS).

Transparansi Keuangan

Penggunaan dana yang diterima dalam bentuk ZIS dan pendapatan lainnya sudah seharusnya informasinya dapat diakses dan dilihat oleh siapa saja khususnya para jamaah masjid itu sendiri. Nah jika selama ini mungkin dari pihak pengelola masjidnya belum kepikiran atau belum memiliki dana untuk membeli sistem informasi manajemen dan keuangan masjid, Masjidku dapat menjadi pilihan.

Aplikasi Masjidku fokus dan berkembang pada sektor manajemen informasi dan keuangan dengan fungsi pelaporan yang efektif dan efisien serta akurasi data yang tepat, Diharapkan mampu mengakaomodir segala kebutuhan sistem manajemen dan keuangan masjid secara menyeluruh dan terpadu.

Untuk lebih jelasnya mengenai fitur yang dimiliki oleh Masjidku, dapat dilihat langsung melalui video dibawah ini:

Fitur Aplikasi

Sistem Informasi Manajemen dan Keuangan Masjid ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Tidak diperlukan kebutuhan sistem dan perangkat keras secara khusus. Masjidku didukung cloud computin, hanya dengan komputer, laptop, android , iOS dan akses internet sudah dapat digunakan.
  • Dibangun dengan framework Codeigniter yang telah teruji dan opensource. Masjidku menjadi platform kuat untuk kebutuhan sistem informasi manajemen dan keuangan masjid.
  • Mengatur hak akses sesuai jabatan kepengurusan Masjid secara mudah dan terstruktur. Membentuk kepanitiaan yang efektif dan efisien sesuai kebutuhan.
  • Sistem berjalan secara web based sehingga kita dapat menjalankannya kapanpun dan dimanapun tanpa batasan ruang dan waktu. Masjidku mampu menghasilkan informasi pelaporan yang akurat.
  • Mengatur dan mengelola kegiatan masjid dengan rapi dan terjdawal, Masjidku memberikan kemudahan bagi para jamaah masjid.
  • Dilengkapi dengan fitur chatting sebagai sarana komunikasi langsung antar Pengurus dan Jamaah sehingga dapat meningkatkan kinerja para pengurus dan silahturahmi.
  • Membukukan keuangan masjid dengan fungsi pelaporan yang simple, Masjidku memperkuat ekonomi dan transparansi.

Kesimpulan

Masjidku merupakan sistem informasi manajemen dan keuangan masjid yang dikembangkan oleh Mas Taufiq Achmad bersama tim sebagai salah satu ikhtiar mereka berbagi ilmu dan pengalaman yang didapatkan dan dimiliki selama ini. Aplikasi keuangan masjid ini dapat diakses secara full feature secara GRATIS.

Banyak manfaat dan kemudahan yang akan didapatkan oleh para pengurus masjid ketika menggunakan Masjidku terutama transparansi penggunaan dana dari para jamaah dalam bentuk ZIS. Selain itu dapat dipublikasikan juga informasi mengenai agenda kegiatan apa yang akan dibuat sehingga masjid tersebut tampak aktif, tidak hanya berfungsi ketika waktu sholat tiba.

Sistem Informasi Manajemen dan Keuangan Masjid ini terbuka bagi semua masjid baik masjid negara, masjid nasional, masjid raya, masjid agung, masjid jamik, masjid bersejarah atau jenis masjid lainnya serta termasuk adalah mushola. Dan yang berhak mendaftarkan masjid adalah Dewan Kemakmuran Masjid/Dewan Pengelola Masjid/Dewan Takmir Masjid/atau sebutan lain yang mengacu pada pengelola masjid.

Proses pendaftarannya cukup mudah, langsung saja klik laman PENDAFTARAN APLIKASI MASJIDKU. (DW)

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More