Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Workshop UKM Pontianak Goes Online, Event Pertama KOMPAK

Alhamdulillah meski terkesan direncanakan secara cepat dan dadakan, kegiatan Workshop UKM Pontianak Goes Online dapat berjalan lancar dan sukses. Dengan mengambil tempat di Hotel Dangau Kubu Raya, sekitar 30 orang tampak hadir mengikuti kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 7 April 2013 tersebut. Terus terang pada mulanya saya bersama kawan-kawan yang merupakan founder Komunitas Pengusaha Muda Khatulistiwa (KOMPAK) sempat merasa pesimis karena boleh dibilang kegiatan seperti ini merupakan kali pertama diadakan di kota Pontianak. Setidaknya jika bukan atas dukungan penuh dari beberapa sponsor, seperti: Bank Kalbar Syariah, Telkom Speedy Pontianak, dan Hotel Dangau Kubu Raya maka kami yakin kegiatan ini tidak dapat terlaksana.

Backdrop Workshop UKM Pontianak Goes Online

Keterbatasan informasi yang dialami teman-teman pengusaha muda di Kalimantan Barat terhadap perkembangan teknologi informasi dan internet menjadi dasar kenapa KOMPAK mengambil istilah yang agak sedikit asing yaitu Workshop UKM Pontianak Goes Online. Jika saya perhatikan rata-rata generasi muda di kota Pontianak sudah sangat familiar dengan internet, tentu saja facebook. Hal ini sangat didukung juga dengan kondisi bahwa hampir sebagian besar warung kopi maupun cafe di kota Pontianak sudah memiliki jaringan internet sendiri via Wi-Fi. Oleh karena itu, pada penyelenggaraan perdana ini kami mengambil tema mengenai Strategi Internet dan Social Media Marketing.

Peserta Workshop UKM Pontianak Goes Online

Untuk pemateri workshopnya sendiri, secara khusus saya mengundang tiga orang yang expert dibidangnya masing-masing dari Jakarta dan Bandung. Karena kebetulan saya merupakan salah satu alumni Nasional Bootcamp #13, maka ketiga pemateri diatas dapat saya datangkan secara khusus ke Pontianak. Ketiga pemateri tersebut, antara lain: Mas Dicky Sukmana (Co Founder and Creative Director at Marketbiz Media), Mas Ilham Taufiq (CEO and Founder at Konsultan Facebook), dan Mas Ahmad Zakyi (Creative Beyond Digital Strategist at ISBG Indonesia).

Sebelum pemateri sesi I yaitu Mas Dicky Sukmana memberikan presentasinya, terlebih dahulu saya meminta dengan hormat kepada Mbak Louise Wulandari untuk dapat meluangkan sedikit waktunya guna berbagi cerita dan pengalaman selama menjalankan usaha secara online. Mbak Louise Wulandari dikenal sebagai pengusaha online wanita di Kalimantan Barat, adapun brand product yang dimiliki adalah Delicia Cake Pontianak. Oleh karena itu, saya kira tepat jika ibu muda ini mengisi sesi pembukaan kegiatan Workshop UKM Pontianak Goes Online.

Dicky Sukmana - Pemateri Sesi I Workshop UKM Pontianak Goes Online

Mungkin pada tulisan saya kali ini tidak akan membahas secara spesifik mengenai materi-materi apa saja yang dibawakan oleh para pemateri. Bukan apa, kalau mau dituliskan semua sepertinya akan menjadi beberapa episode (kayak sinetron aja, hehhee…). Jadi bagi teman-teman yang merasa penasaran ingin tahu dapat mengikuti kegiatan-kegiatan pertemuan KOMPAK yang Insya Allah akan dilaksanakan setiap bulannya.

Secara garis besar, Mas Dicky Sukmana memberikan gambaran bahwa internet itu hanyalah sebuah tools sehingga kunci keberhasilan seorang pengusaha dalam memasarkan produknya secara online sangat tergantung kepada komunikasi dan interaksi. Berikan info-info yang bermanfaat bagi calon pelanggan sehingga disaat mereka butuh akan manfaat tersebut, mereka akan langsung menghubungi kita demi mendapatkan produk yang ditawarkan.

Ilham Taufiq - Sesi II Workshop UKM Pontianak Goes Online

Pada sesi kedua, Mas Ilham Taufiq memberikan pemaparan dan beberapa trik menggunakan facebook sebagai salah satu alat promosi ampuh dan efisien. Jumlah pengguna facebook di Indonesia yang cukup besar sebenarnya dianggap sebagai pangsa pasar kita, sekarang bagaimana kita melakukan filterisasi terhadap beberapa informasi sehingga target calon pelanggan kita dapat tersegmentasi secara otomatis.

Ahmad Zakyi - Sesi III Workshop UKM Pontianak Goes Online

Nah, pada sesi terakhir giliran Mas Ahmad Zakyi memberikan ilmu kanuragannya seputar penggunaan twitter sebagai salah satu social media yang banyak digunakan di Indonesia selain facebook. Disini Mas Ahmad Zakyi juga menunjukkan cara bagaimana kita dapat mengetahui tren apa yang sedang terjadi di dunia maya. Jangan pernah melawan tren dalam melakukan promosi karena itulah kekuatan social media. Pintar-pintar membaca situasi dan apabila waktunya tepat, saatnya jualan. Hehehehhe…

Sesi Foto Bareng

Peserta Workshop UKM Goes Pontianak 2013

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 21.30 WIB, meski dari raut wajah para peserta Workshop UKM Pontianak Goes Online tampak keletihan namun secara keseluruhan mereka merasa puas dengan apa yang telah didapat seharian ini. Hal itu terbukti dari semua kuesioner yang diberikan, rata-rata mereka memilih puas. Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dan bagi KOMPAK sendiri, ini merupakan bagian dari langkah awal dalam peranan memberikan edukasi kepada para pengusaha muda di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bekerjasama untuk menyelenggarakan kegiatan serupa. UKM Pontianak Goes Online, BISAAAAAAAA… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.