Blogger Borneo Network
Media Online Independen Kalimantan

4 Jenis Malware yang Sering Menyerang Komputer

Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server atau jejaring komputer tanpa izin (informed consent) dari pemilik. Malware bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer dan memungkinkan juga terjadi pencurian data.

Jenis Malware yang Sering Menyerang

Bagi para pengguna aktif seperti Blogger Borneo, perangkat komputasi kayak PC, laptop, atau tablet memang sudah menjadi temen setia buat ngurusin banyak kerjaan. Tapi sayangnya, karena selalu online, kita kadang bisa kena risiko dan efek negatif, misalnya virus dan malware yang bertebaran.

Bicara mengenai ancaman diatas, di dunia ini ada beberapa jenis virus dan malware yang suka ngeresidensi di komputer kita. Kita harus tahu jenis-jenisnya apa saja dan bagaimana caranya agar kita bisa mencegah mereka agar jangan sampai menyerang.

Crack

Di dunia komputasi, istilah “crack” mengacu pada sistem khusus yang mampu membobol aplikasi (software, game, dan file lainnya), membuat duplikasinya serta melakukan manipulasi agar bisa mengaktifkan program apa aja secara ilegal. Biasanya crack ini sering muncul di game atau software bajakan yang butuh key aktivasi.

Meskipun dapat dikategorikan sebagai virus, sebenarnya crack bukan virus. Lebih tepatnya, crack itu adalah malware ringan yang memasukkan kode ilegal ke dalam sebuah aplikasi. Biasanya crack gak terlalu berbahaya karena sifatnya hanya memodifikasi sistem dengan cara yang ilegal.

Akan tetapi meskipun begitu, program antivirus pasti akan mengenali crack sebagai virus dan langsung melakukan aksi karantina atau paling ekstrim adalah langsung menghapus file aplikasi yang dianggap telah terkontaminasi virus tersebut.

Menurut laman Antivirus JAR, crack akan terdeteksi sebagai virus karena memiliki modus operandi menyelinap dan merusak aplikasi. Cracker ini juga bisa merusak semua kode keamanan yang sudah ditanam oleh produsen resmi. Oleh karena itu biasanya jika ingin menginstal game bajakan di PC atau laptop, kita disarankan untuk menonaktifkan dulu antivirusnya biar dapat terinstal dengan baik.

Overwrite Virus

Overwrite Virus itu termasuk jenis virus komputer yang bikin kesal pengguna dan masuk kategori berbahaya. Sistem kerja virus ini adalah melakukan overwrite atau menulis ulang file atau aplikasi yang telah terinfeksi. Solusi untuk menghilangkan malware jenis ini sederhana, Anda langsung hapus saja file yang terinfeksi.

Jadi, jika kita punya file dalam format tertentu, virus ini dengan mudahnya menimpa file aplikasi tersebut dengan kode yang beda. Nah, dalam banyak kasus, file tersebut tidak akan bisa dibuka karena program antivirus bakal langsung menghapus file tersebut. Parahnya lagi, virus ini bisa menyerang dan merusak kode-kode dari program tertentu.

Сollaborator

Tapi Anda tidak perlu kuatir, kekuatan virus ini masih lemah di mata antivirus. Bahkan antivirus yang gratisan pun masih bisa dengan mudah membasmi dan menghapus virus model begini. Hal berbeda akan terjadi jika virus ini sudah sampai menyerang kode sistem Windows, tidak ada cara lain selain harus melakukan proses instal ulang Windows-nya biar bersih dari virus.

Macro Virus

Sekarang apa yang akan terjadi jika ada virus komputer yang sebenarnya tidak sengaja bikin ulah dan menganggu program komputermu. Virus seperti ini bisa disebut sebagai Macro Virus, namanya cukup dikenal karena sering meneror PC atau laptop yang kita gunakan. Biasanya, virus ini menyerang file spreadsheet atau dokumen di program kantoran yang bikin file tersebut terinfeksi dan rusak.

Ribetnya lagi, virus ini bakal menyebar ke semua dokumen di PC atau laptop kita. Jadi, harus hati-hati jika ada dokumen baru yang dimasukkan ke dalam komputer yang kita gunakan karena bisa saja sudah terinfeksi oleh Macro Virus ini. Salah dua jenis Macro Virus yang cukup terkenal adalah Concept Virus dan Melissa Virus.

Untuk saat ini, perkembangan antivirus sudah semakin canggih sehingga dapat mencegah penyebaran Macro Virus lebih mudah dan cepat. Cukup lakukan proses scan atau pindai ringan di komputer atau laptop Anda, antivirus bakal dengan mudah menemukan Macro Virus dan segera melakukan karantina. Perlu diingat untuk selalu melakukan update antivirus ya!

Companion Virus

Nah, sekarang ada jenis virus yang unik banget, namanya Companion Virus. Cara kerjanya menyamar jadi program tertentu di sistem operasi yang kita gunakan. Virus ini akan menjadi sangat berbahaya jika sudah menyebar di drive PC atau laptop. Efek terkena virus ini adalah data Anda bisa dihapus sebagian atau bahkan semuanya. Selain itu, virus ini juga bisa mencuri data-data penting yang Anda miliki.

Menurut Spam Laws, virus jenis ini bakal mencari semua file berformat EXE. Oleh karena itu, virus ini sistem kerjanya masif dan sulit diprediksi karena hampir semua file yang terpasang di PC atau laptop berformat EXE. Nah, jika virus ini sudah menyebar di semua drive, maka satu-satunya solusi adalah melakukan instal ulang Windows.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai 4 jenis malware yang sering menyerang komputer atau laptop selama ini. Langkah pencegahan utama yang harus dilakukan adalah hindari menggunakan aplikasi-aplikasi bajakan terutama sistem operasi Windows yang terpasang.

Selalu lakukan update antivirus dan pilih antivirus yang memiliki kinerja maksimal sehingga Anda akan selalu merasa nyaman dan aman ketika beraktivitas. Bagi pengguna internet, kebutuhan akan perlindungan antivirus menjadi prioritas utama karena di dunia maya penyebaran virus terjadi secara cepat.

Hindari membuka website yang kurang terpercaya dan filter konten-konten yang mengandung unsur bajakan maupun pornografi karena kedua hal ini sifatnya ilegal. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi positif ini di media sosial Anda. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!