Bupati Kubu Raya Resmikan Kantor Desa Sungai Deras Teluk Pakedai

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meresmikan Kantor Desa Sungai Deras dalam Agenda Safari Idul Fitri 1444 Hijriah di Kecamatan Teluk Pakedai pada hari Selasa (09/05/2024).

Image: prokopim.kuburayakab.go.id

Bangun Kantor Desa dengan Inovasi

Dalam kata sambutannya, Muda Mahendrawan memberikan pujian kepada pihak Pemerintah Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai yang telah mengajak pihak ketiga mengambil peran dalam proses pembangunan kantor desanya.

Sekilas mengenai Desa Sungai Deras, dikutip dari laman Wikipedia Indonesia merupakan sebuah desa di Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Dahulu, desa ini amat terisolir, tetapi sejak dibukanya jalan yang menghubungkan dengan Kecamatan Kubu, ekonomi desa ini mulai menggeliat.

Tanpa Menggunakan Dana APBDes

Menurut Beliau, apa yang telah dilakukan pihak Pemdes ini dapat dianggap sebagai sebuah inovasi yang selayaknya mendapatkan apresiasi. Memberi kesempatan kepada pihak ketiga untuk berperan serta tentu saja dapat lebih mempercepat pengembangan desa karena tanpa harus menggunakan APBDes.

“Hari ini kita meresmikan Kantor Desa Sungai Deras yang merupakan hasil inovasi dan kreativitas karena pembiayaannya tidak membebani APBDes, melainkan dengan melibatkan pihak ketiga yang bisa bekerja sama. Semua diskresi ini kita syukuri,” demikian ucapnya.

Baca Juga:   Ditemukan Pada Tahun 1928, Kini Titik Equator Telah Bergeser 117 Meter

Fasilitas Mempengaruhi Layanan

Masih dalam kesempatan sama, Muda menambahkan bahwa keberadaan kantor desa beserta fasilitas serta sumber daya manusia yang dimiliki akan memberi pengaruh terhadap tingkat pelayanan kepada masyarakat. Semakin baik kondisi infrastruktur dan profesional SDM nya maka akan semakin optimal juga layanannya.

“Selain memberikan pelayanan dalam hal administrasi, keberadaan kantor desa juga dapat menjadi sarana bertemunya para warga, sentra kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), kegiatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan pusat kegiatan anak-anak muda desa”, ujarnya lugas.

Muda Mahendrawan Tanda Tangani Prasasti Peresmian Kantor Desa Sungai Deras

Tidak Hanya Sekedar Halalbihalal

Adapun terkait dengan kegiatan safari Idul Fitri 1444 Hijriah yang digelar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kali ini, Muda menjelaskan bahwa hal tersebut tidak semata hanya untuk berhalalbihalal. Melainkan juga menjadi forum komunikasi antar pemerintah daerah dengan masyarakat.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan silaturahmi dan komunikasi seperti ini maka penyebaran informasi mengenai proses pemberdayaan serta sosialisasi program-program baik itu sifatnya sudah, sedang, dan akan dilaksanakan semakin cepat.

“Tentu saja hal ini akan menjadi penting sekali karena dapat memberikan rasa optimisme dan hal-hal positif tentunya dalam bidang pelayanan kepada masyarakat secara umum,” demikian ucapnya.

Baca Juga:   Liburan ke Kuching Menggunakan Bus Antar Negara, Lebih Murah dan Bebas

Tidak lupa sebelum menutup kegiatan safari Idul Fitri 1444 Hijriah, Bupati Muda Mahendrawan menyampaikan pesan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat semangat semua elemen masyarakat tanpa terkecuali.

“Semua kalangan termasuk gerakan perempuan, majelis taklim, dan masyarakat dari semua profesi seperti petani, nelayan, pedagang, dan sebagainya diharapkan dapat mengambil momen dalam agenda rutin tahunan yang dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kubu Raya ini,” demikian tutupnya. (PKR)

Don`t copy text!