Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

5 Langkah Praktis Membuat Pelanggan Anda Setia

Akhir-akhir ini banyak yang curhat ke saya tentang pelanggan yang tidak setia alias tidak loyal. Hal ini menjadi problem yang lumayan banyak dialami teman-teman pebisnis. Padahal pelanggan yang loyal sangat penting untuk menjaga bisnis terus berkembang.

Hal yang paling mendasar untuk membangun loyalitas pelanggan adalah produk tersebut harus berkualitas baik, namun apakah ini saja cukup? Tentu saja tidak, berikut ini saya berikan beberapa kiat untuk membangun loyalitas pelanggan yang saya ambil dari Program Kelas Pengusaha. Semoga bermanfaat

1. Memiliki Kelebihan Dibanding Pesaing

Sudah hal yang umum bahwa produk/jasa yang memiliki kelebihan dibanding pesaing cenderung lebih banyak dibeli. Kelebihan ini bisa dalam hal ukuran (lebih besar), fitur (lebih lengkap), harga (lebih murah) ataupun hal lainnya misal rasa, kemasan. Hal-hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen Anda supaya tidak beralih ke pesaing dan tetap setia membeli produk Anda.

2. Wajib Melakukan Inovasi

Jika Anda melakukan inovasi, secara tidak langsung akan membuat konsumen Anda loyal. Kebutuhan konsumen selalu berubah dan cenderung ingin lebih dan lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk perlu Anda lakukan terus menerus. Inovasi bisa dalam hal kemasan, isi (konten), jasa layanan ataupun cara Anda berkomunikasi (marketing) ke konsumen.

Tips Praktis Membuat Pelanggan Setia
Tips Praktis Membuat Pelanggan Setia (Sumber: Badinesia.Com)

3. Ciptakan Varian Baru

Saya yakin, banyak dari konsumen Anda yang cenderung cepat bosan, oleh sebab itu penting sekali menerapkan strategi pengembangan produk. Strategi yang dimaksud disini adalah Anda wajib melakukan pengembangan produk melalui varian-varian baru. Banyak merek-merek besar yang berhasil mempertahankan pelanggan dikarenakan mereka membuat varian-varian baru. Misalnya saja produk shampo, ada shampo varian untuk anti ketombe, varian rambut lembut dan lain – lain. Kalu usaha makanan, maka perlu varian rasa yang berbeda.

4. Jaga Kualitas, Sekali Lagi Jaga Kualitas!

Jaga kualitas sangat penting untuk mempertahankan konsumen Anda untuk tidak berpaling ke pesaing. Jaga kualitas disini tidak hanya kualitas produk lho, tetapi juga kualitas layanan. Misalnya saja layanan fast respon ketika ada pertanyaan konsumen. Dengan menjaga kualitas produk dan layanan, konsumen Anda akan tetap stay dengan Anda.

5. Bangun Komunikasi Anda dengan Konsumen

Anda wajib membangun komunikasi dengan konsumen. Hubungan Anda dengan konsumen itu seperti ibarat pacar lho. Ketika komunikasi terjalin rutin, pacar Anda akan tetap setia dan kecil kemungkinan untuk cari pacar lain (produk lain) hehe. Hal apa saja yang bisa Anda lakukan? banyak, Anda bisa berkomunikasi via media sosial, via email, melalui kontak personal, mengirimkan selamat ulang tahun untuk yang ultah atau melakukan pertemuan (kopdar) dengan konsumen Anda.

Demikian sharing saya tentang beberapa kita menjaga pelanggan tetap loyal. Nantinya saya akan share materi lain yang ga kalah seru dari Program Kelas Pengusaha dan buat yang ingin materi cara jualan laris, bisa juga cek disni > http://bit.ly/GroupBelajarBisnis

Hermas
Founder Webpraktis dan Program Kelas Pengusaha

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.