7 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses

Siapa sih yang tidak ingin sukses? Pertanyaan demikian mungkin ada dalam hati setiap orang yang hidup didunia ini. Setiap orang memiliki niat dan tujuan untuk menjadi orang sukses, namun tidak semuanya dapat berhasil  meraihnya karena kesuksesan itu sangat bergantung kepada tingkat “kemauan” yang dimiliki. Ada orang yang memiliki kemauan minimal, maka kesuksesan yang akan diraihnya juga minimal. Sebaliknya, jika orang tersebut memiliki kemauan optimal, maka kesuksesan yang diperolehnya akan semaksimal usahanya.  Jadi intinya adalah semuanya kembali diri kita pribadi, mau menjadi sukses dalam jangka waktu pendek atau panjang. Kita sendiri yang menentukan…

Berikut ini saya berikan langkah-langkah yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur agar dirinya bisa berhasil, antara lain:

1. Semuanya Berawal dari Impian dan Imajinasi

Setiap orang tentunya memiliki impian dan imajinasi. Alat-alat yang banyak kita gunakan saat ini seperti: lampu, listrik, pesawat, mobil, motor, dan lain-lain merupakan wujud nyata dari impian dan imajinasi yang dimiliki oleh para penemunya. Tentunya impian dan imajinasi tersebut harus dituangkan dalam bentuk nyata, yakinlah dengan apa yang kita miliki dan jangan pernah takut untuk mencoba. Seseorang yang memiliki impian dan daya imajinasi yang kuat pada umumnya mampu menciptakan dan membuat satu terobosan, dalam kamus mereka tidak ada kata “tidak bisa” ataupun “tidak mungkin”.

Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses
Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses (Sumber: ShutterStock.Com)

2. Mencintai Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Biasanya pengusaha memilih jenis usaha yang akan dijalankan berdasarkan hobi dan kecintaanya terhadap jenis usahanya tersebut. Seseorang yang hobi mengajar tentunya akan memilih bidang usaha pendidikan seperti membuka lembaga pendidikan ataupun bimbingan belajar. Begitu juga jika orang tersebut hobi makan, pastinya usaha yang sesuai dengannya adalah usaha rumah makan. Kecintaan kita terhadap produk dan jasa yang ditawarkan akan meringankan beban kita dalam menghadapi halangan dan kesulitan yang datang menghampiri karena kita menjalankannya dengan senang hati.

3. Memiliki Sikap Ulet dan Berjiwa Optimis

Dua kata diatas merupakan kata kunci yang wajib dimiliki oleh setiap entrepreneur. Selalu optimis untuk meraih apa yang telah diimpikannya dan pantang menyerah akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang dijalankan. Orang yang ulet memiliki semangat pekerja keras dimana dirinya akan selalu memikirkan apa yang harus dilakukan demi mengembangkan usahanya. Jangan menjadi orang yang malas karena sikap malas dan ogah-ogahan hanya akan membuat diri Anda semakin hanyut dan tenggelam dalam arus persaingan yang sangat deras.

4. Berani Mengambil Resiko Kegagalan

Dalam menjalankan suatu usaha, kegagalan akan menjadi faktor resiko yang perlu dipertimbangkan. Banyak diantara para pengusaha yang baru bisa mencapai titik kesuksesan setelah mereka merasakan pahitnya kegagalan. Seorang pengusaha sukses memiliki pandangan bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya, melainkan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

5. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Menjadi pengusaha sukses harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Dalam prakteknya, para pembeli akan merasa sangat senang jika penjelasan mengenai produk dan jasa yang ditawarkan dapat disampaikan dengan bahasa yang santun. Dengan bahasa komunikasi yang sopan santun juga akan membuat Anda semakin mudah dalam menjalin relasi dengan pihak lain seperti: teman, mitra usaha, dan lain-lain.

6. Selalu Mencari Masukan dan Nasehat dari Orang Lain

Ada pepatah yang mengatakan “Pengalaman adalah guru yang paling berharga”. Sebagai pengusaha yang baru akan memulai usaha, masukan dan nasehat dari orang lain yang lebih berpengalaman dapat dijadikan sebagai bahan pelajaran Anda dalam menjalankan usaha. Gunakan insting kreativitas Anda untuk melakukan modifikasi berdasarkan pengalaman yang diceritakan untuk memperoleh satu terobosan, hal ini dilakukan untuk menghilangkan image Anda sebagai tukang tiru yang tidak memiliki inisiatif dan kreativitas.

7. Membuka Diri dari Perubahan yang Terjadi

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap detik keadaan disekitar Anda selalu berubah sesuai ruang dan waktu. Terkadang hal tersebut akan berdampak pada usaha yang dijalankan sehingga Anda mesti melakukan penyesuaian berdasarkan perubahan yang terjadi. Teknik marketing yang Anda gunakan sekarang belum tentu masih bisa digunakan di masa yang akan datang. Belum lagi untuk jenis model, gaya hidup, serta trend yang sedang terjadi di masyarakat sedikit banyak akan berpengaruh pada usaha Anda. (DW)

You might also like
7 Komentar
  1. attayaya says

    khabar baik
    semoga kalimantan selalu cerah
    ayo semangaaaaat

    1. Blogger Borneo says

      Thanks bro. Btw, kalimantan tidak hanya selalu cerah, melainkan juga selalu panas. Kalau dalam istilah prakiraan cuaca, panas berawan. Hehehe… Terus semangat juga broo…

  2. inginkaya says

    Aku juga ingin jadi pengusaha sukses dan ingin kaya

  3. handout says

    thank for your information…..
    if you want to know my profile

  4. bisnis autopilot says

    inspiratif sekali gan, smoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan khususnya bagi diri saya sendiri. saya belajar banyak dari blog anda. trims

  5. Madu Asli - High Desert says

    ke tujuh hal tersebut bisa disingkat dengan kata “Belajar” atau “Sekolah”.
    Orang gajian banyak yang belum mengerti konsep ini walaupun tertulis sangat jelas.

    1. Dwi Wahyudi says

      6 Langkah untuk masuk SMP yaitu Naik Kelas I, II, III, IV, V, dan VI. Sama-sama belajar di sekolah kan? 🙂

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More