ASUS Zenfone 9, Si Mungil Bermata Besar yang Memiliki Performa “Galak”

Tren memiliki lensa kamera banyak di smartphone keluaran terbaru vendor lain tidak lantas membuat ASUS minder dan berhenti berimprovisasi. Ternyata dibalik tangan dingin tim inovatif dan kreatifnya, ASUS mampu melahirkan seri terbaru smartphone Zenfone 9.

Image: ASUS.Com

ASUS Zenfone 9

Khusus untuk Zenfone 9 ini, gelar Si Mungil Bermata Besar yang Memiliki Performa “Galak” dirasa cukup pantas untuk disematkan. Kombinasi sempurna antara bentuk desain yang mungil, kualitas kamera yang mumpuni, serta daya tahan penggunaan outdoor membuat seri terbaru smartphone ASUS ini layak untuk menjadi pilihan pengganti smartphone lama Anda di tahun 2023.

Sebelum membahas lebih detail mengenai apa saja kelebihan yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 9, Blogger Borneo akan memberikan gambaran umum besaran kapasitas ROM dan RAM yang dimiliki berdasarkan jenis varian yang dikeluarkan, antara lain:

  • ASUS Zenfone 9 6GB/128GB
  • ASUS Zenfone 9 8GB/256GB
  • ASUS Zenfone 9 16GB/256GB

Untuk pilihan warna, tersedia: Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue. Pada varian Zenfone 9 6GB/128GB, tersedia semua pilihan warna, sedangkan pada varian Zenfone 9 8GB/256GB tersedia dua pilihan warna yaitu Midnight Black dan Moonlight White. Khusus varian Zenfone 9 16GB/256GB hanya tersedia warna Midnight Black.

Desain Mungil Performa “Galak”

Mengenai dimensi ukuran, ASUS Zenfone 9 sama dengan seri pendahulunya yaitu Zenfone 8. Dengan panjang kurang dari 14,8 cm dan lebar kurang dari 7 cm, membuat smartphone ASUS seri Zenfone terbaru ini nyaman dipegang hanya dengan satu tangan saja dan mudah disimpan kedalam saku.

Meskipun bentuknya mungil, namun berkat prosesor flagship terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang dibenamkan membuat performa ASUS Zenfone 9 lebih powerful. Chip yang digunakan mampu menggeber CPU clock speed hingga 3.2 GHz.

Teknologi terbaru ini mampu membuat kinerja CPU dan GPU mengalami kenaikan 10% dengan efisiensi mencapai 30%. Dan untuk meminimalisir potensi bottleneck, ASUS Zenfone 9 dilengkapi LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage.

Satu hal lagi, ASUS Zenfone 9 sudah mendukung teknologi Wi-Fi paling cepat Wi-Fi 6E untuk menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded. 

Hasil Benchmark ASUS Zenfone 9
Hasil Benchmark ASUS Zenfone 9 (Image: ASUS.Com)

Kamera Besar Kualitas Tajam

Bagi yang hobi jeprat jepret foto dan merekam momen istimewa dimana saja, ASUS Zenfone 9 adalah pilihan yang tepat. Dua kamera depan dan belakang yang disediakan menawarkan spesifikasi dan teknologi yang sangat menjanjikan.

Baca Juga:   ROG Strix SCAR 17 Special Edition Cocok Untuk Para Gamer

Kamera belakang ASUS Zenfone 9 memiliki resolusi hingga 50MP dengan aperture f/1.9 dan kamera ultra-wide 12MP dengan aperture f/2.2 yang dapat menangkap gambar dengan obyek cukup banyak, contohnya adalah lanskap pemandangan yang indah.

Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi yang tak kalah istimewa yaitu 12MP dengan aperture f/2.45, cukup baik untuk menangkap gambar selfie, atau melakukan panggilan video secara online.

Kualitas Kamera ASUS Zenfone 9
Kualitas Kamera ASUS Zenfone 9 (Image: ASUS.Com)

Ketajaman gambar dan kedetilan warna yang ditangkap oleh kamera utama 50MP diproses melalui teknologi sensor kamera terbaru SONY IMX766 OIS.

Sensor SONY IMX766 OIS memiliki ukuran 1/1.56 inci, tergolong besar untuk ukuran sensor di kamera smartphone flagship. Penampang lensa besar akan menghasilkan gambar foto atau video lebih detil, jernih, dan tajam.

Kualitas Video Lebih Soft

Selain memiliki kualitas menghasilkan gambar cukup tajam, kamera ASUS Zenfone 9 juga telah dilengkapi dengan 6-axis hybrid gimbal system. Menurut jsp.co.id, yang dimaksud dengan Gimbal adalah perangkat atau sistem yang dilengkapi dengan motor dan sensor untuk mencegah getaran dan memungkinkan pengguna menggerakkan, memiringkan, ataupun memutar kamera digitalnya ketika merekam video.

Dengan fitur gimbal, kualitas video yang dihasilkan akan tampak lebih soft. Agar lebih jelas mengenai kinerja dari gimbal system ini dapat dilihat melalui video perbandingan dibawah ini:

Audio Visual Terbaik

Dari sisi visual, ASUS Zenfone 9 sudah menggunakan layar AMOLED dengan dukungan refresh rate sampai 120Hz yang secara otomatis dapat berpindah ke 60, 90, dan 120Hz menyesuaikan aplikasi atau konten yang sedang ditampilkan serta waktu respon 1ms.

Dengan kecepatan luar biasa ini, pengguna akan merasakan user experience yang lebih smooth saat mengakses berbagai aplikasi dan konten di ponsel ini. Layar ASUS Zenfone 9 juga sudah dikalibrasi untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Demi memberikan kemudahan mengakses konten di luar ruangan, layar ini sudah memiliki tingkat brightness sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits. Kombinasi antara layar yang cepat, jernih, dan kaya warna serta bisa dilihat di luar ruangan yang terang sekalipun.

Baca Juga:   UNISOC Luncurkan 4G Chipset T616 dan T606 Generasi Baru untuk Memenuhi Berbagai Kebutuhan 
Audio Visual Terbaik ASUS Zenfone 9
Audio Visual Terbaik ASUS Zenfone 9 (Image: ASUS.Com)

Ketika kualitas visual sudah dirasa cukup mantap, maka kualitas audio jangan dikesampingkan. Tidak tanggung-tanggung, ASUS menggandeng pakar sound dari Dirac Research, Swedia untuk dapat menjadikan Zenfone 9 sebagai smartphone full entertainment yang bisa diandalkan.

Kerjasama yang sudah dijalin sejak project ROG Phone 3 dilanjutkan di ponsel ini, untuk menghasilkan kualitas audio yang impresif dari dua speaker linier yang disupport oleh smart amps dari Qualcomm AqsticTM dan jack audio 3.5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru.

Tahan Debu dan Air

Nah, satu keunggulan lagi dari ASUS Zenfone 9 adalah sudah memiliki sertifikasi IP68. Hal ini menandakan bahwa smartphone terbaru ASUS ini tahan terhadap debu dan air. Jadi Anda tidak perlu kuatir ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, tiba-tiba turun hujan dan terpercik air.

ASUS Zenfone 9 Tahan Debu dan Air
ASUS Zenfone 9 Tahan Debu dan Air (Image: ASUS.Com)

Memberikan keamanan tambahan dalam bentuk proteksi Corning Gorilla Glass Victus membuat layar AMOLED ASUS Zenfone 9 menjadi lebih durable, kuat dan tahan terhadap goresan. Hal ini tentu saja akan membuat lapisan layar tetap awet setelah pemakaian jangka panjang.

Smart Connex Asesories

Jika selama ini aksesoris bawaan umumnya adalah softcase, maka pada ASUS Zenfone 9 diberikan aksesoris tambahan berupa connex asesories yang memiliki berbagai macam fungsi. Salah satu contoh adalah Connex Smart Stand untuk menyangga smartphone.

Saat penyangga dibuka, Anda dapat langsung mengakses aplikasi atau game seperti yang dipilih. Contoh aksesoris lainnya adalah Connex Card Holder, dapat digunakan untuk menyimpan kartu nama. Dari beberapa aksesoris ini dapat dilihat bagaimana ASUS menghadirkan banyak kemampuan dalam bentuknya yang mungil.

ASUS Zenfone 9 memiliki fitur-fitur yang akan menemani para penggunanya beraktivitas, bekerja secara professional, menikmati hiburan dengan nyaman, sekaligus menjadi tambahan amunisi buat boost percaya diri siapa saja yang menentengnya.

Bagi yang berencana untuk mengganti gadget di tahun 2023, ASUS Zenfone 9 layak untuk menjadi pilihan utama. Untuk harga terbarunya, bisa dilihat dibawah ini:
  • Zenfone 9 6GB/128GB: Rp 7.999.000,- (Semua Warna)
  • Zenfone 9 8GB/256GB: Rp 9.999.000,- (Midnight Black dan Moonlight White)
  • Zenfone 9 16GB/256GB: Rp 11.999.00,- (Midnight Black)

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, dan ASUS Online Store.

Varian ASUS Zenfone 9
Varian ASUS Zenfone 9 (Image: ASUS.Com)

Spesifikasi Teknis

Tipe Produk ASUS Zenfone 9
Warna Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue
Layar
  • 5.9″ 1080×2400 (20:9), 445 ppi
  • Samsung AMOLED 120 Hz display
  • 112% DCI-P3, 151% sRGB, Delta E<1, HDR10+
CPU dan GPU
  • Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform
  • CPU clock speed sampai 3.2 GHz dengan Qualcomm® Adreno 730 GPU
Kapasitas Memori dan Penyimpanan
  • RAM: 6/8/16 GB – LPDDR5
  • ROM: 128/256 GB – UFS 3.1
Baterai 4300 mAh High-Capacity Battery dengan 30W HyperCharge Adapter
Teknologi Wireless
  • WiFi 6E[1] Qualcomm® WCN6856 (802.11a/b/g/n/ac/ax, 2×2 MIMO)
  • Bluetooth® 5.2 dengan dukungan untuk Snapdragon Sound™ dan Qualcomm® aptX Adaptive, aptX Lossless
  • Wi-Fi Direct
  • NFC
Kamera Kamera Belakang

  • 50 MP Sony® IMX766 sensor dengan Gimbal OIS, 2×2 OCL, PDAF
  • 12 MP Sony® IMX363 sensor, Dual PDAF

Kamera Depan

  • 12 MP Sony® IMX663 Sensor, Dual PDAF

Fitur Lainnya

  • 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer
  • Light Trail Mode (Beta)
  • Mendukung 8K/4K video recording
  • Audio HDR recording
Audio
  • Dual Stereo Speaker dengan Qualcomm® Amplifiers
  • 3.5 mm Headphone Jack dengan Qualcomm Aqstic WCD9380
  • Audio Optimization by Dirac
Video Recording
  • 8K UHD (7680 x 4320) Video pada 24 fps + EIS
  • 4K UHD (3840 x 2160) Video pada 30/60 fps + EIS
  • 1080p FHD Video Recording pada 30/60 fps + HyperSteady
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Fingerprint Sensor, Gyro (support ARCore), Hall Sensor
SIM Cards NANO SIM/NANO SIM 2 Choose 2, Support DSDV 5G+5G (SIM 1, SIM 2 Support LTE Exchangeable)
Navigasi GNSS Support GPS (L1/L5), Glonass (L1), Galileo (E1/E5a), BeiDou (B1/B2a), QZSS (L1/L5) and NavIC (L5)
Sistem Operasi Android 12 with ASUS ZenUI 9
Dimensi 146.5 x 68.1 x 9.1 mm
Bobot 169 Gram

[1] Ketersediaan WiFi 6E bervariasi menurut negara.

Keterangan:

Don`t copy text!