Indonesia Website Awards

ASUS ROG Flow X16, Laptop Gaming 16-inci Paling Fleksibel

Pada tahun 2021, ASUS berhasil mencuri perhatian gamer dan penggiat teknologi di seluruh dunia karena berhasil menjadikan ROG Flow X13 tampil sebagai laptop gaming terbaik paling ringkas yang pernah ada.

Image: rog.asus.com/id

ASUS ROG Flow X16

Tidak hanya itu sampai disitu saja, ASUS ROG Flow X16 juga menjadi laptop gaming convertible pertama yang dibekali dengan fitur yang belum pernah ada sebelumnya. Sekarang bagaimana jika ASUS menghadirkan laptop gaming terbaik serupa namun dengan layar yang jauh lebih besar?

Laptop convertible dengan layar 16-inci memang belum pernah ada sebelumnya, apalagi laptop gaming convertible 16-inci. Itulah yang membuat ROG Flow X16 (GV601) sangat unik dan berbeda dari laptop gaming lainnya.

ASUS ROG Flow X16 merupakan laptop gaming convertible pertama dan satu-satunya di dunia yang menggunakan layar 16-inci. Apakah laptop gaming ini dapat mengikuti jejak sukses saudaranya yaitu Flow X13 yang mengadopsi layar 13-inci? Mari kita bahas tuntas berbagai keunggulannya.

Ringkas dan Fleksibel

Keunggulan utama dari ASUS ROG Flow X16 (GV601) tentu saja dari form factor yang diusungnya. Karena menggunakan desain convertible, ROG Flow X16 (GV601) otomatis hadir dengan layar touchscreen dan dukungan terhadap stylus.

Mode penggunaannya juga bervariasi mulai dari mode laptop, mode stand, mode tent, hingga mode tablet. Hal tersebut membuat laptop ini dapat digunakan di berbagai skenario penggunaan.

Laptop convertible juga merupakan salah satu bentuk laptop terbaik untuk para penggiat dunia kreatif yang lebih suka berinteraksi langsung dengan layar atau menggunakan ROG Flow X16 (GV601) sebagai kanvas digital.

Karena ukuran layarnya yang sangat besar, yaitu 16-inci, ROG Flow X16 (GV601) menawarkan raing kerja yang lebih luas sehingga sangat tepat untuk pengguna yang ingin meningkatkan produktivitasnya.

ASUS ROG Flow Tampak Depan
Image: rog.asus.com/id

Lantas bagaimana dengan bobot dan portabilitasnya? Dibandingkan dengan saudaranya ROG Flow X13, ROG Flow X16 (GV601) jelas memiliki bobot yang lebih berat dan dimensi yang lebih besar. Namun hal tersebut bukan berarti ROG Flow X16 (GV601) bukan merupakan perangkat dengan nilai portabilitas yang buruk.

ASUS ROG Flow X16 (GV601) hadir dengan bobot sekitar 2Kg dan ketebalan tidak lebih dari 2cm. Untuk sebuah laptop gaming spesifikasi tersebut tergolong cukup ringkas dan ringan apalagi ROG Flow X16 (GV601) juga dibekali dengan hardware yang sangat bertenaga, sistem pendingin baru yang lebih powerful, serta baterai berkapasitas besar.

Salah satu alasan mengapa ROG Flow X16 (GV601) dapat tampil dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan laptop gaming berlayar 16-inci lainnya adalah berkat material yang digunakan untuk membuat bodinya. ROG Flow X16 (GV601) menggunakan bahan magnesium alloy yang lebih ringan dibandingkan dengan logam pada umumnya namun tetap memiliki ketahanan yang sangat baik.

Layar Berkualitas untuk Gaming dan Ngonten

Meski tampil sebagai laptop gaming terbaik, ROG Flow X16 (GV601) dirancang sebagai laptop “sapu jagat” atau laptop serba bisa. Salah satu alasannya ada pada layarnya. ROG Flow X16 (GV601) menggunakan ROG Nebula Display yang merupakan standar layar terbaik di laptop gaming.

Baca Juga:   ASUS ZenFone 4, Smartphone Android Terbaik Harga Minimalis
ASUS ROG Flow Mode Flip
Image: rog.asus.com/id

ROG Nebula Display di ASUS ROG Flow X16 (GV601) telah didukung oleh refresh rate 165Hz, response time 3ms, serta fitur Adaptive Sync. Spesifikasi tersebut menjamin pengalaman bermain game yang sangat mumpuni dan mampu menghadirkan kualitas animasi game yang mulus tanpa efek tearing maupun stuttering.

Yang menarik adalah ROG Nebula Display di ROG Flow X16 (GV601) juga memiliki color gamut 100% DCI-P3 dengan tingkat akurasi warna yang sangat tinggi dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Resolusi layarnya (2560×1600 pixel) yang tidak terlalu besar untuk gaming namun cukup lega untuk para konten kreator juga membuat laptop ini sangat ideal untuk siapa saja yang menginginkan sebuah laptop convertible dengan layar 16-inci.

Future Proof

ASUS ROG Flow X16 (GV601) dibekali dengan spesifikasi dan hardware terbaru saat ini. Ia dibekali dengan CPU hingga AMD Ryzen™ 9 6900HS Processor yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan arsitektur Zen 3+ dan teknologi 6nm sehingga memiliki efisiensi yang optimal untuk pengalaman bermain game yang maksimal.

Dimana menghadirkan performa sekelas desktop namun dengan range TDP yang cukup rendah hanya 45 Watt.  Ini adalah prosesor AMD Ryzen terbaru yang punya 8 full performance core dan 16 threads yang membuat ngerender makin lancar dan prosesor AMD Ryzen 6000 series ini memiliki 50 fitur management daya sehingga baterai bisa kuat seharian.

Serta laptop ini juga hadir dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3070Ti dengan TGP 125W. ASUS ROG Flow X16 (GV601) juga dibekali dengan MUX Switch yang memungkinkan sinyal tampilan dapat dialihkan dari discrete GPU langsung ke layar tanpa harus melalui integrated GPU, sehingga performa gaming dapat dimaksimalkan.

Untuk sebuah laptop gaming modern yang tampil di tahun 2022, spesifikasi CPU dan GPU tersebut memang sudah tidak asing lagi. Yang menarik justru dari sisi memori, yaitu ROG Flow X16 (GV601) telah mendukung penggunaan memori DDR5 SO-DIMM yang dapat di-upgrade hingga kapasitas 64GB.

Hal tersebut membuat ROG Flow X16 (GV601) lebih “future proof” dibandingkan laptop lain yang masih menggunakan DDR4, apalagi ASUS menyediakan dua slot SO-DIMM sehingga pengguna ROG Flow X16 (GV601) dapat melakukan upgrade dengan mudah.

Sementara dari sisi penyimpanan, ASUS ROG Flow X16 (GV601) dibekali dengan PCIe 4.0 Performance SSD yang memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 7Gbps. ASUS juga menyediakan dua slot PCIe SSD sehingga pengguna ROG Flow X16 (GV601) dapat lebih leluasa melakukan upgrade.

Berikut adalah hasil benchmark ROG Flow X16 (GV601) yang menggunakan CPU AMD Ryzen 8 6900HS, GPU NVIDIA GeForce RTX 3070Ti, 16GB DDR5 RAM, dan 1TB PCIe 4.0 Performance SSD:

Benchmark 3DMark Graphic Test

Benchmark Cinebench R15

Benchmark Cinebench R23

Benchmark CrystalDiskMark 7 Storage Test

Benchmark Nvidia DLSS Test

Benchmark PCMark 10 Performance Test

Sistem Pendingin Inovatif

ROG Flow X16 (GV601) memang terlihat sangat unik karena ia merupakan laptop convertible 16-inci pertama di dunia. Namun dari sisi teknis, yang paling menarik dari ROG Flow X16 (GV601) adalah sistem pendinginnya yang sangat inovatif.

Baca Juga:   Akuisisi US$ 8 Miliar, Verizon Berencana Ambil Alih Yahoo!

Berbeda dengan laptop gaming ROG lainnya, ROG Flow X16 (GV601) menggunakan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang didukung oleh Pulsar Heatsink dan Frost Force Technology.

Sistem pendingin tersebut menggabungkan performa tiga kipas khusus serta heatsink yang membentang dari ujung ke ujung pada bagian belakang laptop gaming ini.

Jika Anda membuka penutup bagian bawah ASUS ROG Flow X16 (GV601), Anda akan melihat bahwa terdapat satu kipas yang ditempatkan sejajar dengan posisi GPU, selain dari dua kipas yang biasa ditemukan di laptop gaming pada umumnya.

Sistem Pendingin ASUS ROG Flow X16
Image: rog.asus.com/id

Kipas tersebut merupakan bagian dari Frost Force Technology yang berfungsi mengalirkan udara dingin secara langsung ke GPU dan heatsink yang membentang di bagian belakang laptop gaming ini.

Kipas yang digunakan oleh ASUS ROG Flow X16 (GV601) juga didesain khusus agar dapat mengalirkan udara lebih baik berkat desain variable blade thickness, sekaligus dapat beroperasi lebih senyap berkat anti-resonance design.

Agar pendinginan dapat lebih optimal, ASUS membekali ROG Flow X16 (GV601) dengan Thermal Grizzly Condectnaut Extreme liquid metal pada CPU-nya. Liquid metal dapat menghantarkan panas lebih baik dibandingkan thermal compound standar berbahan silikon, dan membuat panas lebih mudah disalurkan ke sistem pendingin sehingga proses pendinginan dapat berjalan optimal.

Benchmark 3DMark Time Spy Stress Test

Performa sistem pendingin yang sangat baik terbukti dari pengujian 3DMark Time Spy Stress Test di bawah ini. Dari sebanyak 100 kali pengulangan pengujian, ROG Flow X16 (GV601) mampu menjaga performa dengan sangat baik dengan rata-rata suhu CPU berada di 76,56⁰ Celcius dan suhu GPU di 73,58⁰ Celcius.

Kompatibel dengan ROG XG Mobile

Sama seperti lini laptop gaming ROG Flow lainnya, ROG Flow X16 (GV601) juga dapat digunakan bersama dengan ROG XG Mobile yang merupakan solusi GPU eksternal terbaik di dunia.

ASUS bahkan memperkenalkan ROG XG Mobile terbaru tahun ini yang menggunakan GPU AMD Radeon RX 6850M XT yang hadir dengan VRAM sebesar 12GB dan TGP hingga 165W, lebih tinggi dari ROG XG Mobile sebelumnya yang memiliki TGP 150W.

ROG XG Mobile terbaru juga telah di-upgrade dan kini dilengkapi dengan adapter 300W yang mampu memberikan tenaga penuh ke ROG Flow X16 (GV601) sehingga laptop gaming convertible tersebut tidak perlu dihubungkan ke adaptor-nya saat menggunakan ROG XG Mobile.

Selain itu, ROG XG Mobile tetap menghadirkan konektivitas ekstra mulai dari port USB Type-A, HDMI, dan DisplayPort ekstra serta sebuah UHS-II SD card reader.

Laptop Gaming 16-Inci Paling Fleksibel

ASUS ROG Flow X16 (GV601) sangat terlihat hadir bukan untuk memecahkan rekor performa sebagai laptop paling kencang. Laptop gaming ini justru dirancang dengan mengedepankan fleksibilitas dalam hal penggunaan. Hal tersebut dapat tergambarkan dari pemilihan form factor, layar, serta fitur pendukung lainnya.

Fleksibilitas ROG Flow X16 (GV601) juga tidak hanya hadir dalam bentuk skenario penggunaan, tetapi juga pemakaian jangka panjang. ROG Flow X16 (GV601) masih dapat di-upgrade dari sisi memori dan penyimpanan.

ASUS ROG Flow X16 telah menggunakan DDR5 yang merupakan teknologi memori terbaru, serta kompatibel dengan solusi GPU eksternal terbaik di dunia saat ini. Hal tersebut membuat ROG Flow X16 (GV601) tampil sebagai laptop yang sangat fleksibel sekaligus future proof.

Baca Juga:   ASUS Zenfone 9, Si Mungil Bermata Besar yang Memiliki Performa "Galak"

Spesifikasi Teknis

Nama ProdukROG Flow X16 (GV601)
CPUAMD Ryzen™ 9 6900HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.9 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz max boost)

Sistem OperasiWindows 11 Home
Memori2x8GB LPDDR5
Media Penyimpanan1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

Layar16-inch, QHD+ (2560 x 1600) 16:10, Nebula Display, 165Hz 3ms, 500nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, Adaptive Sync, Dolby Vision

GrafisNVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060

NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti

Input/Output1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b support HDMI switch, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 1x ROG XG Mobile Interface
KonektivitasWi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
AudioDolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Support Microsoft Cortana near field/Far field, Built-in 3-microphone array, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology
Batterai90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimensi35.5 x 24.3 x 1.94 ~ 1.94 cm
Berat2.10 Kg
WarnaOff Black
HargaRp 42.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3070Ti / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

Rp 37.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

Rp 29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 3050Ti / 2x8GB RAM / 512GB SSD / QHD+ 165Hz)

Warranty2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

 

RajaBackLink.com
Don`t copy text!