BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Basic Attention Token, Inovasi Terbaru Mendapatkan Penghasilan dari Aktivitas Browsing Harian

Mengikuti perkembangan zaman dimana alat transaksi pembayaran sekarang tidak hanya berbentuk kertas, kita sudah bisa melakukan transaksi pembelian produk secara online menggunakan aset mata uang digital atau sering disebut dengan istilah cryptocurrency.

Basic Attention Token

Diantara berbagai jenis token kripto yang ada sekarang, Basic Attention Token (BAT) merupakan salah satu jenis kripto berbasis Etherium (ETH). BAT Token dibuat dan dikembangkan oleh Brendan Eich, salah seorang pendiri browser Mozilla Firefox.

Selama ini Brendan melihat bahwa banyak para pengguna browser selalu bermasalah ketika iklan-iklan digital bermunculan di tampilan web mereka. Kondisi ini membuatnya terinspirasi merancang BAT sebagai solusinya.

Dalam praktiknya, Basic Attention Token berfungsi sebagai pemblokir iklan-iklan yang bermunculan dimana pengaturannya bisa disesuaikan dengan keinginan para pengguna browser.

Token BAT dibuat dengan teknologi blockchain ETH pada tanggal 13 Maret 2018 dan hingga saat ini masih terus dikembangkan. Basic Attention Token merupakan token ERC-20 asli bawaan dari browser web Brave.

BAT Token digunakan sebagai mata uang pada Brave browser untuk memperoleh layanan iklan sesuai dengan minat dan ketertarikan para pengguna internet.

Tren Iklan Era Digital

Perkembangan mata uang digital dan blockchain membuat Brendan Eich mencari cara baru yang efektif namun tetap aman sehingga membuat para pengguna internet merasa nyaman ketika browsing menggunakan Brave.

Selain itu, Brendan juga melihat bahwa selama ini mekanisme periklanan di era digital ternyata merugikan pengguna, pengiklan maupun penerbit itu sendiri.

Ketika browsing, mereka akan dibanjiri dengan iklan dan tracking sehingga rentan akan munculnya serangan malware, trojan, dan sejenisnya. Nah disinilah para pengguna internet ini berusaha untuk menimimalisir terjadinya hal ini.

Dominasi platform besar seperti Google dan Facebook ternyata turut menambah parah kondisi ini karena mereka mengambil keuntungan lebih besar dari pendapatan iklan sehingga keuntungan para penerbit lama lambat laun mengalami penurunan.

Belum lagi tidak meratanya distribusi iklan ke konten-konten yang dianggap kurang tepat sasaran dikarenakan adanya monopoli platform membuat para penerbit harus benar-benar mengatur budget iklan yang akan dikeluarkan.

Inovasi Brave Browser

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa BAT Token adalah token asli dari browser Brave, bersifat open-source dan dirancang khusus untuk memblokir malware, pelacak serta cookie invasif.

Browser ini memanfaatkan teknologi blockchain yang berfungsi melakukan tracking terhadap intensitas pengguna internet secara aman dan anonim. Kemudian diterjemahkan dalam bentuk gift bagi penerbit.

Jadi nantinya para pengiklan akan diberi komisi dalam bentuk BAT Token yang nilai besarannya dihitung berdasarkan seberapa besar interaksi pengguna internet.

Tampilan Brave Browser
Image: Brave Browser

Dengan inovasi ini, para pengguna internet akan mendapatkan konten iklan yang sesuai dengan ketertarikan mereka dan bagi para penerbit akan menemukan sumber pendapatan baru.

Para pengiklan juga dapat menargetkan iklannya kepada pengguna tertentu dengan lebih tepat sasaran berdasarkan minat dan preferensi yang telah tercatat oleh algoritma. Tindakan penipuan juga akan lebih mudah dihindari.

Merata dan Tepat Sasaran

Para pengembang Basic Attention Token yakin kemunculan konten iklan digital yang disesuaikan dengan minat para pengguna internet akan membuat distribusi informasi lebih merata dan tepat sasaran.

Kedepannya sistem BAT Token akan terus dikembangkan sehingga dapat mengukur sekaligus memonetisasi tindakan para pengguna internet terkait iklan digital yang dimunculkna.

Browser Brave juga akan membantu mencocokkan iklan dengan pelanggan berdasarkan algoritma pembelajaran mesin dalam menentukan minat pelanggan.

Dari sisi antisipasi masalah penipuan dan privasi, para pengembang Brave dan BAT Token telah merancang sejumlah langkah keamanan dalam sistem token digital dan browser yang mereka kembangkan.

Dan upaya yang dilakukan untuk menghindari terjadinya penipuan iklan adalah dengan memanfaatkan teknologi kriptografi.

Brave Micropayments Ledger

Nah, sekarang bagaimana dengan sistem pembayarannya. Secara khusus Brave Brave menggunakan Brave Micropayments Ledger (Buku Besar Pembayaran Mikro) untuk melacak pendapatan dalam bentuk BAT Token.

Brave Micropayments Ledger akan memungkinkan pengiklan, penerbit, dan pembaca masuk ke dalam smart contract untuk memindahkan pembayaran antara satu sama lain.

Sampai saat ini, Brave masih terus melakukan eksplorasi mengenai penggunaan zero-knowledge proofs untuk teknologi blockchain nya sehingga memungkinkan untuk memberikan anonimitas kepada pemangku kepentingan dalam setiap transaksi yang dilakukan secara online.

Referensi:

  • https://bitocto.com/octopedia/apa-itu-basic-attention-token-bat/

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More