BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Pandu Digital Kalbar Berikan Materi dalam Kegiatan Pra-Training Menulis Dunia

Mendapat undangan untuk menjadi salah seorang pemateri dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh FKMI Al Iqtishad FEB UNTAN bekerjasama dengan Karya Inspiratif Tim Alumni (KITA), Blogger Borneo tanpa ragu langsung mengiyakan karena merasa jiwa almamater memanggil.

Pra-Training Menulis Dunia

Jujur saja, awal mula mendapat pesan via whatsapp dari pihak panitia pelaksana, Blogger Borneo masih belum ngeh dengan materi apa yang akan disampaikan karena tema besarnya adalah Pra-Training Menulis Dunia (TMD).

Sempat bertanya mendapatkan informasi dari mana sehingga memilih Blogger Borneo untuk menjadi salah seorang pemateri, ternyata atas dasar rekomendasi dari salah seorang senior. Langsung siap laksanakan perintah.

Beberapa hari kemudian leaflet mengenai penyelenggaraan kegiatan pun dikirim beserta copywriting nya. Selain Blogger Borneo, pada kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Aktivis dan Penulis Buku Angga Laena Siti Patimah.

Kegiatan Pra-Training Menulis Dunia ini sendiri didukung sepenuhnya oleh Klub Jenius, Sang Bintang School, dan Berkah Group. Setiap peserta tidak dikenakan biaya namun tetap akan mendapatkan ilmu bermanfaat, e-sertifikat, dan teman belajar.

Diawali dengan Salah Jadwal

Waktu menunjukkan jam 06.30 pagi. Di hari Sabtu ini sebenarnya Blogger Borneo telah bersiap diri untuk menjemput anak soleh yang sedang mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) di sekolahnya sehari sebelumnya.

Baca Juga:   Kunjungan Kerja Pemkab Kabupaten Kubu Raya ke Pusat Kerajinan Tangan Pemkab Bantul

Awalnya Blogger Borneo mengira agenda kegiatan pra-training kepenulisan ini diselenggarakan pada hari Ahad besok, jadi tanpa ada beban sehabis menjemput putra kesayangan langsung singgah ke sebuah tempat untuk sarapan pagi.

Habis sarapan santai sejenak sambil menyeruput secangkir kopi hitam saring tanpa gula, langsung ambil laptop di tas dan menyalakannya sembari memikirkan bahan materi apa saja yang akan disampaikan esok hari. Tak lama berselang sebuah pesan WA pun masuk.

“Assalamu’alaikum Bang, mohon maaf saya ingin konfirmasi mengenai kehadiran peserta tidak sampai 75%. Semoga Allah mudahkan kita semua”, pesan ini dikirimkan langsung oleh pihak panitia pelaksana.

Masih belum sadar dengan kondisinya, Blogger Borneo langsung membalas pesan tersebut dengan mengatakan tidak apa-apa karena dalam hati berpikir masih ada waktu sehari lagi.

“Bang Dwi, Insya Allah sebentar lagi akan kami mulai ya kegiatannya” pesan balasan ini diterima kembali.

Disini Blogger Borneo baru ngeh sepertinya ada yang salah dengan jadwalnya. Dan memang benar ketika membuka kembali leaflet yang dikirimkan kemarin, ternyata waktu pelaksanaannya adalah Sabtu, 5 Maret 2022 dari jam 09.30 – 10.45 WIB.

Memberi Materi Tanpa Presentasi

Melihat jam di laptop sudah menunjukkan angka 08.30 WIB. Tidak mungkin untuk membatalkan kehadiran, Blogger Borneo meminta izin untuk datang telat karena masih harus bergegas untuk mengantarkan anak pulang ke rumah.

Sesampainya di rumah langsung berkemas mandi dan ganti pakaian. Sempat bingung mau mengenakan pakaian apa, akhirnya diambillah seragam kebesaran Pandu Digital Kalimantan Barat.

Alhamdulillah 45 menit kemudian Blogger Borneo pun tiba di lokasi penyelenggaraan kegiatan Pra-Training Menulis Dunia Lantai 1 Gedung Kuliah Bersama A Universitas Tanjungpura Pontianak.

Kegiatan Pra Training Menulis Dunia TMD
Image: Dok. Panitia

Sesampainya di ruangan, tampak para peserta yang hadir sedang sibuk menuliskan profil singkat diri di selembar kertas. Ya sebenarnya aktivitas ini diberikan demi mengisi kekosongan waktu sambil menunggu kehadiran Blogger Borneo pada saat itu. Maaf ya Guys… 😀

Sekarang saatnya beraksi, karena materi presentasi belum sempat dibuat akhirnya diputuskan menggunakan materi presentasi berjudul Tips Sukses Ngeblog ala Blogger Borneo.

Melihat tanggal di slide awal presentasi tersebut, baru sadar juga ternyata materi itu Blogger Borneo sampaikan pada saat menjadi pemateri di Training Kehumasan KAMMI Pontianak pada tanggal 7 April 2016. Tidak terasa 7 tahun berlalu sudah.

Motivasi Menulis

Karena tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah Pra-Training Menulis Dunia, maka materi presentasi yang disampaikan lebih ke arah motivasi untuk mulai menulis, bagaimana cara menjaga konsistensi untuk selalu menulis, dan teknis menulis yang baik dan benar.

Blogger Borneo Pandu Digital Kalimantan Barat
Image: Dok. Pribadi

Dapat dilihat dari dokumentasi diatas bagaimana para peserta Pra-Training Menulis Dunia TMD serius dan fokus menyimak materi yang disampaikan dalam sesi pertama pagi hari ini.

Baca Juga:   Pengalaman Mengikuti Seminar Adsense Pontianak

Blogger Borneo memberikan sharing pengalaman selama memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Diawali dari tahun 2009 dan Alhamdulillah sampai detik ini masih tetap bisa eksis.

Memulai dari hobi yang disukai, selalu hal ini yang selalu Blogger Borneo sampaikan dalam setiap waktu dan kesempatan ketika diminta untuk mengisi seminar, pelatihan, workshop, dan sejenisnya yang temanya adalah MENULIS dan BLOG.

Efek Positif Menulis

Secara garis besar Blogger Borneo menyampaikan bahwa aktivitas menulis tetap akan dapat menghasilkan nantinya selama itu dikerjakan secara fokus dan konsisten.

Pekerjaan Paling Menyenangkan di Dunia adalah Hobi yang Dibayar – Ridwan Kamil

Ingat bahwa kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil dan sesuatu yang dikelola secara profesional tetap akan menarik perhatian orang suatu saat nanti.

Asyik memberikan materi presentasi sambil berinteraksi aktif dengan para peserta membuat waktu tidak terasa berjalan begitu cepat. Hingga pada akhirnya waktu memberi isyarat saatnya berganti sesi.

Khusus untuk sesi kedua yang akan dibawakan oleh Aktivis dan Penulis Buku Angga Laena Siti Patimah, Blogger Borneo akan menuliskannya dalam judul tersendiri. So stay update aja membaca tulisan terbaru dari Blogger Borneo ya… (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More