Bermodalkan Blog, Blogger Pontianak Ini Melenggang Menuju Senayan

Lagi rame di media sosial mengenai rencana salah seorang sahabat Blogger Borneo untuk maju menjadi Calon Anggota DPD RI Kalimantan Barat Tahun 2019 langsung mengingatkan kenangan indah berangkat ke Senayan tahun 2011 lalu.

“Membacalah! Maka kau akan mengenal dunia, Menulislah! Maka dunia akan mengenalmu”, kalimat ini sepertinya sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana kisah seorang blogger kampung dari kota Pontianak pada akhirnya bisa datang dan menginjakkan kakinya untuk pertama kali di Gedung Senayan tempat dimana para wakil rakyat beraktivitas melaksanakan kewajibannya menjadi penyambung aspirasi umat.

Kisah kenangan ini bermula ketika di akhir tahun 2011 lalu, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menyelenggarakan lomba menulis blog dan membuat status di Twitter untuk pertama kalinya dengan menjadikan kalimat “Andai Saya Menjadi Anggota DPR RI dari Daerahnya Masing-masing” sebagai tema utamanya.

Melihat hadiah utama bagi para pemenang yang cukup menggiurkan membuat Blogger Borneo dengan penuh semangat dan ketegapan hati memutuskan untuk ikut serta dalam kompetisi ini. Pada saat itu, usia BloggerBorneo.Com baru berusia kurang lebih dua tahun. Mungkin masih lebih muda dari para peserta lainnya yang lebih senior dan hebat yang juga turut serta dalam event tersebut.

TETAPLAH MENULIS DAN JADILAH JUARA

Butuh beberapa hari bagi Blogger Borneo untuk menetapkan topik tulisan apa yang akan digunakan untuk diserasikan dengan tema utama yang diperlombakan. Alhamdulillah, pada saat itu sedang ramai pemberitaan mengenai kondisi perbatasan negara antara Indonesia dan Malaysia dimana isu yang diangkat adalah kondisi masyarakat di kawasan perbatasan dimana sebagian besar aspek kehidupan mereka justru ditopang oleh negara tetangga.

Blogger Borneo pun langsung membuat satu tulisan untuk diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog DPD RI Tahun 2011. Bagi kawan-kawan yang ingin membaca tulisan lombanya bisa langsung membacanya disini. Dibutuhkan waktu kurang lebih dua minggu bagi para dewan juri untuk memutuskan para peserta yang akan lolos dalam tahap selanjutnya.

LOLOS MENJADI FINALIS DAN GO SENAYAN

Dari keseluruhan peserta yang mendaftar, hanya akan diambil finalis sebanyak 20 orang masing-masing untuk Lomba Menulis Blog dan Menulis Status di Twitter. Waktu itu Blogger Borneo sama sekali tidak berharap bisa menjadi salah satu pemenang karena bisa lolos 20 besar saja sudah bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena nantinya para finalis ini semuanya akan diundang ke Jakarta selama 3 hari 2 malam.

Setelah sempat menanti dengan penuh kebimbangan, akhirnya hari pengumuman para finalis pun tiba. Dan ucapan syukur langsung keluar dari mulut Blogger Borneo ketika melihat link tulisan yang diikutsertakan dalam lomba masuk dalam daftar 20 besar. Alhamdulllah, satu tahapan telah dicapai. Sebenarnya masih ada satu tahapan lagi yaitu pengumuman pemenang, tapi untuk tahapan ini Blogger Borneo sudah merasa nothing to lose. Yang penting sekarang nama sudah masuk dalam daftar, mau menang atau tidak nantinya Blogger Borneo tetap akan berangkat menuju Senayan.

PENGALAMAN 3 HARI 2 MALAM YANG CUKUP MENYENANGKAN

Tiba pada hari keberangkatan, Blogger Borneo dan para finalis lain saling bertemu dan berkenalan di Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan maskapai terbaik kebanggan bangsa yaitu Garuda Indonesia. Beberapa nama diantaranya masih cukup dapat diingat karena mereka terus eksis dan update sampai saat ini. Di momen inilah Blogger Borneo semakin merasa yakin bahwa blog bisa membuat Sang Penulisnya jalan-jalan menjelajahi nusantara bahkan dunia. Dan tidak terasa sudah 7 tahun berlalu, puji syukur selalu Blogger Borneo ucapkan kepada Allah SWT karena masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk selalu berbagi informasi positif kepada siapa saja yang membaca blog ini.

Selama 2 malam berada di Ibukota, para finalis menginap di salah satu hotel bintang ***** yang lokasinya tidak begitu jauh dari kawasan Senayan yaitu Hotel Sultan. Ya bisa dibilang ini merupakan kali pertama Blogger Borneo bisa menginap di kamar hotel yang memiliki fasilitas dan harga diatas rata-rata. Sempat merasa tidak percaya namun ternyata memang benar ini terjadi. Alhamdulillah Ya Allah…

Selain diajak untuk berkunjung dan berkeliling di kawasan Gedung Senayan, para finalis juga diajak untuk ikut serta dalam Sidang Paripurna pada saat itu. Disitulah Blogger Borneo melihat dan merasakan langsung bagaimana kondisi ketika para wakil rakyat sedang memperjuangkan aspirasinya.

BLOGGER BORNEO MENJADI JUARA PERTAMA

Keesokan harinya, perasaan cemas dan bimbang menghinggapi para finalis yang terpilih karena prosesi pembacaan para pemenang akan dilakukan. Blogger Borneo sendiri masih berusaha untuk mencoba bersikap tenang meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa perasaan berdebar-debar pasti tetap ada. Rasa berdebar di hati semakin kuat terasa ketika panitia lomba mulai membacakan satu per satu nama para finalis yang terpilih. Hingga pada akhirnya, nama pemenang juara pertama dibacakan dan finalis yang terpilih adalah………

Dwi Wahyudi dengan nama blog BloggerBorneo.Com, mendengar ucapan ini keluar langsung dari panitia sontak membuat diri ini kaget bukan kepalang. Benar-benar diluar dugaan, tulisan Blogger Borneo mampu mencuri perhatian para dewan juri sehingga mereka memilihnya untuk menjadi juara pertama. Masih merasa shock dan belum mampu berkata apa-apa, Blogger Borneo dan para pemenang terpilih lainnya diminta untuk maju ke podium guna menerima hadiah yang telah disiapkan.

Bagi setiap pemenang disediakan 2 jenis hadiah, yaitu: smartphone terbaru (untuk juara pertama berhak mendapatkan iPhone 4S) dan jalan-jalan ke salah satu lokasi dari 10 daftar lokasi wisata di Indonesia yang telah ditentukan. Benar-benar menjadi titik klimaks pada saat itu ketika Blogger Borneo merasa sudah mencapai titik tertinggi sebagai efek positif dari eksistensi dalam mengelola sebuah blog.

TETAP MENJADI KENANGAN TAK TERLUPA

Sejak saat itu sampai sekarang, Blogger Borneo yang merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Tanjungpura Pontianak ini sudah jarang lagi untuk mengikuti perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Padahal jika diperhatikan, untuk saat ini kompetisi-kompetisi seperti event Lomba Menulis Blog DPD RI sudah cukup banyak untuk diikuti. Hadiah bagi para pemenangnya juga cukup besar sekarang, mulai dari MacBook, Sepeda Motor, Uang Tunai, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak terasa 7 tahun berlalu, kisah kemenangan di masa lalu ini tetap akan menjadi kenangan tersendiri bagi Blogger Borneo. Dan dari semua dokumentasi yang ada, mungkin hanya foto diatas yang masih tersisa. Ya harap maklum saja, pada saat itu masih mengandalkan smartphone Nokia E63 sebagai ujung tombak liputan. Jadi meskipun masih ada, tetap kualitasnya tidak sebaik hasil jepretan smartphone ZenFone 3 ZE520KL yang didapat gratis dari ASUS Indonesia ketika terpilih mengikuti event ASUS ZenVolution 2016 di akhir tahun 2016 lalu.

Demikian satu tulisan kenangan dari Blogger Borneo, tidak terasa tulisan ini sudah mencapai jumlah 1000 kata. Memang beda rasanya jika yang ditulis adalah sebuah kenangan tak terlupa, rasanya mengalir dan keluar lepas begitu saja dari dalam isi kepala. Kembali kepada kisah salah seorang sahabat bernama Beni Sulastyo atau lebih akrab dipanggil Bung Ben yang pada tahun ini memutuskan untuk terjun langsung ke Senayan dengan menjadi bagian dari anggota DPD RI Kalbar 2019, maka dengan segala kerendahan hati saya memutuskan untuk mendukung sepenuhnya perjuangan Beliau menuju kesana. (DW)

 

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More