Home Daerah Biaya Bagasi Lion Air Pontianak Terhitung Per 8 Januari 2018

Biaya Bagasi Lion Air Pontianak Terhitung Per 8 Januari 2018

SHARE
Tarif Bagasi Lion Air
Image: Dok. Pribadi

Sebuah kabar terbaru dari pihak manajemen Lion Air Group mengenai pemberlakuan biaya bagasi Lion Air Pontianak dan Wings Air baru-baru ini sedang ramai menjadi bahan pembicaraan di media sosial. Jika sebelumnya Lion Air memberikan bagasi gratis seberat 20 kilogram dan Wings Air seberat 10 kilogram, maka mulai per 8 Januari 2019 para penumpang akan dikenakan tarif bagasi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menurut Distrik Manager Lion Group Batam, Muhammad Zine Bire, penetapan kebijakan tarif bagasi Lion Air dan Wings Air ini diambil karena terdampak oleh kenaikan harga dollar AS yang untuk saat ini masih menyentuh di angka 14 ribu per dollar. Dengan kurs dollar tinggi maka berefek juga dengan tingginya biaya operasional perusahaan dan biaya operasional di bandara juga.

Muhammad Zine Bire menambahkan, pemberlakuan tarif bagasi ini hanya berlaku untuk penerbangan Lion Air dan Wings Air. Sedangkan untuk penerbangan Batik Air, kebijakan bagasi gratis maksimal 20 kilogram per penumpang masih tetap diberlakukan.

BIAYA BAGASI LION AIR PONTIANAK

Per 8 Januari 2019, aturan baru mengenai tarif bagasi Lion Air dan Wings Air secara resmi akan diberlakukan. Untuk para penumpang yang membeli tiket sebelum tanggal tersebut, tidak perlu kuatir karena bagasinya tetap akan gratis. Nah, bagi yang ingin mengetahui berapa besaran biaya bagasi Lion Air Pontianak dan Wings Air langsung saja melihatnya dibawah ini:

  • Berat Bagasi < 5 Kilogram = Tarif Bagasi Rp. 140.000,-
  • Berat Bagasi 5 – 10 Kilogram = Tarif Bagasi Rp. 280.000,-
  • Berat Bagasi 11 – 15 Kilogram = Tarif Bagasi Rp. 420.000,-
  • Berat Bagasi 16 – 20 Kilogram = Tarif Bagasi Rp. 560.000,-
  • Berat Bagasi 21 – 25 Kilogram = Tarif Bagasi Rp. 700.000,-
  • Berat Bagasi 26 – 30 Kilogram = Tarif Bagasi Rp. 840.000,-

Untuk biaya bagasi Lion Air Pontianak dan Wings Air dengan rute penerbangan ke beberapa kota tujuan dari kota keberangkatan Pontianak (PNK) bisa melihat di tabel berikut ini:

Biaya Bagasi Lion Air Pontianak
Biaya Bagasi Lion Air Pontianak

7 KETENTUAN MENGENAI PENETAPAN ATURAN TARIF BAGASI LION AIR

Selain aturan mengenai penetapan tarif bagasi Lion Air dan WIngs Air, pihak manajemen maskapai berlambang Singa Terbang ini juga menjelaskan beberapa detail penting yang perlu diketahui penumpang Lion Air dan Wings Air, sama seperti dilansir dilansir dari laman Travel.Kompas.Com, Minggu (06/01/2019) sebagai berikut:

  1. Barang yang diikat atau dibungkus tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin.
  2. Lion Air lewat siaran pers menyatakan, calon penumpang dapat membeli bagasi di muka dengan harga lebih murah bersamaan pembelian tiket atau maksimal 6 jam sebelum keberangkatan.
  3. Bagasi tambahan dapat dibeli melalui agen perjalanan, situs Lion Air, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.
  4. Bagasi kabin yang melebihi tujuh kilogram akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan.
  5. Tarif bagasi tambahan Lion Air dan Wings Air prepaid baggage (bagasi bayar di muka) disesuaikan dengan rute penerbangan. Jadi masing-masing rute penerbangan memiliki harga bagasi yang tidak sama.
  6. Tersedia fitur kursi pilihan yang dijual dengan harga tambahan. Cool seat yang berada di bagian depan dan tengah dijual dengan harga tambahan 80 ribu rupiah bagi penumpang yang ingin duduk di posisi tersebut.

DAPATKAN TARIF BAGASI LION AIR MURAH

Jika diperhatikan, semua tarif bagasi Lion Air dan Wings Air diatas dihitung pada saat di bandara. Para penumpang kedua penerbangan milik Lion Air Group ini bisa mendapatkan tarif bagasi lebih murah melalui mekanisme pre-paid baggage (voucher bagasi) yang bisa dibeli melalui agen perjalanan resmi, website resmi Lion Air, atau langsung datang ke kantor penjualan tiket Lion Air Group. Dalam surat edaran resmi yang dikeluarkan, ada juga dijelaskan informasi jika voucher bagasi bisa dibeli saat issued ticket atau setelah issued ticket.

Biaya pre-paid baggage ini disebut lebih murah dibandingkan biaya kelebihan bagasi di bandara dan dapat dibeli paling lambat 6 jam sebelum jam keberangkatan. Penerbangan rute Batam – Jakarta misalnya, jika calon penumpang membeli voucher bagasi tarifnya hanya 44 ribu rupiah saja per kilogram, sedangkan kalau on spot (di tempat) biaya bagasi Lion Air Pontianak dan WIngs Air per kilo jadi 55 ribu rupiah. Lebih murah bukan?? (DW)