BSI Pontianak Gelar Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting Tahun 2018

Setiap tahunnya, sejak tahun 2015, Blogger Borneo sebagai perwakilan PT Zahir Pontianak Kalimantan Barat selalu diminta untuk menjadi pengawas dalam Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting bagi para mahasiswa/i Bina Sarana Informatika (BSI) Pontianak.

Sesuai informasi yang diterima melalui email, kegiatan Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting ini akan diselenggarakan pada hari Jum’at (27/07/2018) di Kampus BSI Pontianak, Jalan Abdurrahman Saleh No 18A. Pada pelaksanaan kali ini, ada sekitar kurang lebih 130 orang mahasiswa/i semester 2 (dua) ikut dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan sejak 3 (tiga) tahun terakhir ini.

Selama kurang lebih 3 jam, para peserta Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting BSI Pontianak yang terbagi dalam 3 (tiga) kelas ini mengerjakan soal-soal untuk 2 (dua) jenis kategori ujian, yaitu: UJian Offline dan Ujian Online.

UJIAN OFFLINE ZAHIR ACCOUNTING

Yang dimaksud dengan ujian offline adalah para peserta diminta untuk mengerjakan soal dalam bentuk kasus mulai dari awal memasukkan data perusahaan hingga memasukkan saldo awal dan mencatat semua transaksi yang terjadi selama 1 (satu) bulan dengan menggunakan aplikasi Zahir Accounting Edisi Pendidikan di masing-masing laptop milik para peserta.

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal kasus ini adalah 120 menit atau 2 jam dimana ketika soal selesai dikerjakan, maka file data yang telah tersimpan sesuai format nama diberikan kepada para pengawas. Nantinya semua file hasil ujian offline para peserta akan dikumpulkan dan dikirimkan sekaligus ke Jakarta untuk dikoreksi.

UJIAN ONLINE ZAHIR ACCOUNTING

Setelah selesai melaksanakan ujian Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting, para peserta diminta untuk mengerjakan soal ujian secara online di halaman website resmi certification.zahironline.com. Jumlah soal yang diberikan adalah 100 soal dengan waktu pengerjaan 60 menit atau 1 jam.

Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting Online
Image: Certification.ZahirOnline.Com

Khusus untuk kriteria penilaian di ujian online, nilai yang harus bisa diperoleh para peserta Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting untuk bisa lulus adalah minimal 60 persen dari 100 soal pilihan berganda. Jadi nanti ketika para peserta sudah berhasil mendaftar dan masuk dalam sistem Sertifikasi Zahir Online, akan ada pilihan untuk mengikuti Sertifikasi Ujian Kompetensi.

Normalnya untuk bisa mengikuti proses sertifikasi ini para peserta harus membayar sebesar 1 juta rupiah karena sertifikatnya langsung dikeluarkan oleh PT Zahir Internasional dan berlaku secara nasional. Akan tetapi karena BSI pusat telah melakukan kerjasama khusus, maka semua biaya untuk mengikuti ujian sertifikasi dibebaskan alias gratis.

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA

Dalam satu kesempatan bertemu dengan Ketua Program Studi Komputerisasi BSI Pontianak, Lisnawanty berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat menambah keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan Laporan Keuangan dengan Zahir Accounting.

“Sekarang ini sudah eranya teknologi informasi, semua perusahaan rata-rata telah menggunakan aplikasi akuntansi berbasis komputerisasi. Oleh karena itu, sudah seharusnya para mahasiswa BSI Pontianak Jurusan Komputer Akuntansi memiliki keterampilan dalam menggunakan aplikasi seperti Zahir Accounting dan MYOB”, demikian jelas Lisnawanty.

Alhamdulillah pada penyelenggaraan Sertifikasi Uji Kompetensi Zahir Accounting kali ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang begitu berarti. Para peserta semuanya tampak mengerjakan soal secara serius dan beberapa diantaranya mampu menyelesaikan ujian offline sesuai target waktu yang diberikan.

KERJASAMA ZAHIR ACADEMIC PARTNER

Zahir Academic Partner merupakan kerjasama pendidikan dan pelatihan antara pihak akademik dengan PT. Zahir Internasional. Kerja sama ini di peruntukan untuk perguruan tinggi, sekolah menengah atas, yayasan pendidikan dan lembaga kursus yang ingin menyediakan pendidikan dan pelatihan aplikasi akuntansi Zahir Accounting.

BSI Pontianak termasuk salah satu institusi pendidikan yang telah bekerjasama dengan PT Zahir Internasional melalui Bina Sarana Informatika Pusat di Jakarta. Karena sifat kerjasamanya adalah nasional maka secara otomatis akan berlaku untuk seluruh cabang BSI di seluruh daerah.

Bagi yang ingin mengetahui info lengkap mengenai Zahir Academic Partner ini bisa langsung menghubungi:

Perwakilan Zahir Accounting Kalimantan Barat

Jalan Arteri Supadio KM.3 Komplek PIL Blok D11/14

Pontianak, 78391, Kalimantan Barat

HP. 0811-56-1982 (Telp/WA)

 

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More