Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Maksimal

Cara menghilangkan komedo memang harus dilakukan secara maksimal dan tidak setengah-setengah. Kebanyakan orang mengira proses penghilangan komedo semudah proses membersihkan wajah padahal menghilangkan komedo tentu memerlukan ketelitian sendiri.

Bila anda ingin membersihkan komedo sendiri, tentu ada alatnya sendiri yang mesti anda miliki untuk proses penghilangan komedo. Namun hati-hati dan teruslah jaga agar alat itu tetap steril, ada baiknya anda memakai sarung tangan atau setidaknya membersihkan tangan secara penuh sebelum menghilangkan komedo-komedo itu. Penting karena bila tidak steril dapat berisiko pada keadaan kulit anda sendiri.

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, dan merupakan cikal bakal jerawat. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan. Komedo tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali bila komedo mengalami infeksi. Infeksi itulah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan muncul jerawat.

Komedo terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak (sebum). Bila permukaannya tertutup lapisan kulit, komedo tersebut dinamakan komedo putih, karena warnanya yang menyerupai warna kulit atau berwarna putih.

Berbeda dengan komedo putih yang tertutup, komedo yang permukaannya terbuka akan terpapar oleh udara sehingga berubah warna menjadi coklat atau kehitaman. Oleh karena itu, komedo terbuka disebut sebagai komedo hitam.

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak berkumpul menyumbat pori-pori. Minyak ini dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori. Komedo berubah warna menjadi hitam ketika permukaan pori-pori tersebut terbuka dan terpapar oleh udara luar.

Namun proses penghilangan komedo yang lain juga bisa dilakukan. Misalnya dengan cara tradisional memakai kuning telur yang dilekatkan pada kapas lalu dibalutkan pada bagian hidung atau bisa juga dengan melakukan facial pada terapis yang ahli. Semua proses penghilangan komedo itu tentu memiliki kelebihan tersendiri dan bila dilakukan secara maksimal seperti 1-2 kali dalam sebulan akan membuat komedo tak lagi menghampiri wajah terutama bagian hidung.

Jadi, cara menghilangkan komedo bukan lagi masalah sulit untuk dihadapi bukan? Anda bisa mengatasi komedo-komedo tersebut dengan mudah dengan berbagai langkah yang ditawarkan tersebut. Tidak hanya itu, komedo dapat dicegah muncul lagi dengan menjauhi makanan-makanan yang berminyak juga ada baiknya tidak sering menyentuh bagian hidung saat berkeringat. Dengan begitu, dijamin masalah komedo biasanya tak akan lagi menghampiri anda! (ADV)

Referensi:

  • https://www.alodokter.com/komedo

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More